Pengertian dan Karakteristik Jasa

B.Pengertian dan Karakteristik Jasa Pengertian jasa menurut pendapat para ahli antara lain :

1. Menurut Kotler (2000:428) “Jasa ialah setiap tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip tidak berwujud dan menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun. Produksinya bisa dan bisa juga tidak terikat pada suatu produk.”

2. Menurut Zeithaml dan Bitner dalam Hurriyati (2005:28) ”Jasa pada dasarnya adalah seluruh aktivitas ekonomi dengan output selain produk dalam pengertian fisik, dikonsumsi dan diproduksi pada saat bersamaan, memberikan nilai tambah dan secara prinsip tidak berwujud (intangible) bagi pembeli pertamanya.”

Berdasarkan pengertian jasa di atas, Tjiptono (2004:18) mengutarakan ada lima karakteristik utama jasa bagi pembeli pertamanya.

1. Intangibility (tidak berwujud) Jasa bebeda dengan barang. Bila barang merupakan suatu objek, alat, atau benda; maka jasa adalah suatu perbuatan, tindakan, pengalaman, proses, kinerja (performance), atau usaha. Oleh sebab itu, jasa tidak dapat dilihat, dirasa, dicium, didengar, atau diraba sebelum dibeli dan dikonsumsi. Bagi para pelanggan, ketidakpastian dalam pembelian jasa relatif tinggi karena terbatasnya search qualities, yakni karakteristik fisik yang dapat dievaluasi pembeli sebelum pembelian dilakukan. Untuk jasa, kualitas apa dan bagaimana yang akan diteriman konsumen, umumnya tidak diketahui sebelum jasa bersangkutan dikonsumsi.

2. Inseparability (tidak dapat dipisahkan) Barang biasa diproduksi, kemudian dijual, lalu dikonsumsi. Sedangkan jasa umumnya dijual terlebih dahulu, baru kemudian diproduksi dan dikonsumsi pada waktu dan tempat yang sama.

3. Variability / Heterogeneity (berubah-ubah) Jasa bersifat variabel karena merupakan non-standarized output, artinya banyak variasi bentuk, kualitas, dan jenis tergantung kepada siapa, kapan dan dimana jasa tersebut diproduksi. Hal ini dikarenakan jasa melibatkan unsur manusia dalam proses produksi dan konsumsinya yang cenderung tidak bisa diprediksi dan cenderung tidak konsisten dalam hal sikap dan perilakunya.

4. Perishability (tidak tahan lama) Jasa tidak tahan lama dan tidak dapat disimpan. Kursi pesawat yang kosong, kamar hotel yang tidak dihuni, atau kapasitas jalur telepon yang tidak dimanfaatkan akan berlalu atau hilang begitu saja karena tidak bisa disimpan.

5. Lack of Ownership Lack of ownership merupakan perbedaan dasar antara jasa dan barang. Pada pembelian barang, konsumen memiliki hak penuh atas penggunaan dan manfaat produk yang dibelinya. Mereka bisa mengkonsumsi, menyimpan atau menjualnya. Di lain pihak, pada pembelian jasa, pelanggan mungkin hanya memiliki akses personel atas suatu jasa untuk jangka waktu terbatas (misalnya kamar hotel, bioskop, jasa penerbagan san pendidikan).

About these ads

26 Responses to “Pengertian dan Karakteristik Jasa”

  1. minta infonya ya buat skripsi saya.. terima kasih.. :)

  2. saya ingin bertanya klo perbedaan antara industri jasa dan manufaktur apa?

  3. pak syafrizal..

    bpk top deh,
    bntu bgt ngrjain tugas..

    makasih y pak.. :D

  4. tata cara pembayaran jasanya donkZzz….!!!

  5. minta infonya untuk penulisan ilmiah saya…
    terimakasih ya pak…:-D

  6. Bpk pInter dech …..!
    Mksh y pak n krn bpk kami dh to pngertian jasa n karakteristik@…

  7. minta info untuk karya akhir saya donk pak..

  8. Thx yo…
    btw, singgah di blog saya juga.
    http://hartzchen.wordpress.com

  9. makasih ya pak.
    boleh minta infonya untuk skripsi saya.
    trima kasih :-)

  10. pak, pengertian jasa terbatas dunk,,,,,,

  11. Makasih..
    infonya sangat membantu saya…

  12. produksinya bsa trkait dgn produk n bsa jga tdk trkait…
    mksdnya ap….?
    sedngkan bhan untk prsntasi saya adlah jasa yg sm skli tdk trkait dgn produk…..
    bgaimn tnggapan bpak mngnai hal ini….!!!

  13. Btw artikel itu dibuat tanggal berapa? Saya butuh info itu karena mau saya refer buat daftar pustaka?

    Wassalam,

    Endi Hidetaki Maruyama

  14. terima kasih atas infonya sangat menarik

  15. fitri fuji lestari Says:

    ijin copy ya,,buat skripsi,,mksh

  16. pakk terima kasih infonya berguna bgt….btw bleh tau ga nama buku dari kutipan ini apa hya???

  17. terimakasih bos, semoga ane lulus besok

  18. oh ya bos, tampilin juga rumus market share

  19. jaket kulit…

    [...]Pengertian dan Karakteristik Jasa « syafrizal Helmi[...]…

  20. bapak syafrizal bantu saya dalam menyusun tugas akhir,,,,jasa ingin mengetahui buku yang ada penegertian jasa dan karakteristik,,,buku tersebut tahun 2007 ke atas,,,,kalau ada saya boleh minta dan kalau beli pun dmna,,,atau saya minta soft bentuk seperti buku buat bukti nnti ke penguji,,,

    terima kasih

    • shelmi Says:

      buku tentang jasa sangat banyak, pemasaran jasa karya fandi tjiptono, penerbit andi, banyak menjadi rujukan. silahkan cari di toko buku gramedia

  21. makasih ya atas info nya

  22. bukunya penerbit apa yah pak?helm me..sya skripsi nih pak mentok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 52 other followers

%d bloggers like this: