business, enterpreneur, Uncategorized

Persiapan Menjadi Entrepreneur

Syafrizal Helmi Situmorang

Seorang calon entrepreneur yang baik harus mengenali dirinya sendiri. Dia harus memiliki karakter umum yang biasa dimiliki oleh seorang entrepreneur seperti bermotivasi tinggi, suka mencari tantangan, senang bergaul dengan orang lain, dan lain sebagainya. Selain itu calon entrepreneur harus memiliki cita-cita dan motivasi pribadi. Motivasi adalah suatu dorongan dari dalam diri Anda yang mendorong Anda untuk melakukan sesuatu, termasuk untuk menjadi seorang young entrepreneur.

Karakter, motivasi dan cita cita anda merupakan modal untuk memiliki sikap mental positif sebagai kunci sukses dalam hidup. Untuk bisa sukses kita harus memiliki mental baja.Ditembak kanan kiri,tetap tegar, Diterpa kesulitan, tetap tenang, Ada beberapa kondisi tertentu yang dihadapi entrepreneur dan membutuhkan sikap mental tertentu pula. Sikap mental ini nantinya harus dipersiapkan oleh para calon entrepreneur sebelum mulai membuka usaha dan setelah menjalani usaha tersebut. Beberapa sikap mental itu antara lain: Kesiapan menghadapi ketidakpastian, Pantang mengatakan “tidak bisa”, Sikap mental “tidak mau rugi”, Keberanian mengambil risiko, Kesiapan untuk bekerja lebih keras, lebih tekun, dan lebih sabar, Bangga akan usaha anda serta Sabar dan tetap komitmen ketika dilecehkan, dihina atau dianggap tidak mampu dari orang-orang sekeliling kita, dan dianggap gagal dari orang terdekat kita

              Selanjutnya bakat dan kemampuan. Pemahaman akan bakat dan kemampuan diri menjadi sangat penting karena pemahaman ini akan menjadi poin penting dalam pemilihan dan pelaksanaan bisnis Anda. Sebaiknya bakat dan kemmapuan anda terus diasah agar menjadi keterampilan yang akan menjadi kunci sukses anda. Yang terakhir adalah Pengalaman. Pengalaman adalah guru yang terbaik. Anda akan banyak belajar dari pengalaman Anda dan pengalaman orang lain. Bukan berarti bahwa dalam membuka usaha harus berpengalaman terlebih dahulu. Namun, apabila Anda mempunyai pengalaman terlebih dahulu di bidang yang akan Anda geluti, itu akan sangat membantu.

Do What You Love & Love What You Do

Khalil gibran berkata : bekerjalah dengan rasa penuh cinta. Saat kita sudah mencDo-what-you-love-love-what-you-do-saying-quotesintai sasaran kita,bekerja keras seperti apapun akan kita lakukan dengan penuh gairah. Energi selalu mengalir ke arah sesuatu yang dicintai.Dimana pun ada cinta, energi mengalir mencari” permukaan cinta “ dan terus bergerak.  Dengan memiliki impian kita akan mencintai pekerjaan atau profesi kita, agar impian kita tercapai. saat kita begitu mencintai impian kita, ia akan memandu gerak langkah kita.Apa yang akan kita lakukan akan mengalir begitu saja,tanpa beban.

Cintailah apa yang kamu kerjakan karena itu akan membuat kehidupanmu lebih menyenangkan, jangan melakukan sesuatu dengan alasan kekayaan. Hal terbaik adalah mendengarkan kata hati, karen akata hati akan menuntunmu kearah yang benar. Setiap manusia diberikan pilihan, ketika kita melakukan ssuatu hal yang kita cintai, maka passion hadir dalam diri kita. Passion adalah faktor x yang memberi kita energi untuk berbuat lebih sehingga kita tidak akan berhenti karena rintangan dan halangan.

Passion merupakan syarat utama untuk sukses. Banyak orang yang berfikir secara rasional akan menyerah ketika menghadapi rintangan. Passionlah yang membuat kita tetap berusaha.Passion juga merupakan perasaan cinta yang menggebu-gebu, hasrat atau rasa antusias ketika melakukan suatu kegiatan atau aktivitas. Passion bisa berupa  minat, hobi, bakat, kekaguman atau antusiasisme anda terhadap sesuatu. Adanya passion akan membantu anda memilih pekerjaan terbaik yang anda senangi. Jadi pertanyaannya apakah menjadi seorang entrepreneur passion anda apa tidak? Apakah anda senang bekerja mandiri? Senang berinteraksi dan melayani orang lain? Senang bisa menjadi bos bagi diri sendiri? Menyenangi resiko? Ingin menghasilkan uang yang lebih banyak? Melihat hambatan sebagai peluang? Jika ya mungkin passion anda cocok menjadi seorang entrepreneur.  Memiliki passion berarti akan membuat kita tidak mudah pantang menyerah serta  gigih dalam berusaha. Donal Trump dalam bukunya succes 101, berkata “when there’s a will, there’s a WIN”. selamat mencoba.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s