Inovation

 

Dalam survey yang dilakukan oleh Mckinsey Quarterly (2205) , tentang Apa yang ekskutif Global pikirkan tentang Teknologi dan Inovasi,  para eksekutif papan atas tersebut menganggap bahwa faktor terpenting dalam sebuah organisasi adalah kemampuan berinovasi. Tak heran konfrensi, seminar, pelatihan, pameran tentang inovasi ramai dikunjungi dan dihadiri orang banyak. Riset yang dilakukan oleh Brooking Institution (2002) telah menunjukkan kecenderungan pasar yang menghargai lebih besar pada aset tidak nyata sampai lima kali lipat dibandingkan satu dekade sebelumnya.

Perubahan pasar yang sangat cepat dan persaingan yang kompleks menuntut inovasi yang terus-menerus.  Bagi perusahaan, investasi dalam inovasi menciptakan peluang untuk tumbuh dengan memberikan produk dan jasa yang lebih baik ke pasar. Dengan kata lain, perusahaan yang mampu berinovasi mampu mengubah peta pasar persaingan.  Sehingga inovasi merupakan the growth engine bagi perusahaan.  Inovasi merupakan kunci keberhasilan. Karena inovasi yang sukses adalah mampu mengubah ide menjadi uang.

 

Coba search kata-kata inovasi di Google, akan muncul jutaan artikel atau defenisi tentang inovasi. Sebenarnya apa itu inovasi ? kamus new Oxford American menjelaskan inovasi sebagai  pembuat perubahan yang sudah ada, terutama dengan cara memperkenalkan metode-metode baru.  Jadi inovasi adalah membuat sesuatu yang berbeda dan berdampak atau sebuah penerapan ide yang menghasilkan kemajuan yang berharga.

Salah satu cara membandingkan kreativitas dan inovasi adalah membandingkan Leonard da Vinci dan Thomas Alva Edison. Keduanya jenius. Leonard da Vinci Seorang seniman yang mampu melihat masa depan. Dia membuat sketsa mirip helikopter atau mampu memetakan tubuh manusia. Namun idenya tidak berdampak atau menghasilkan sesuatu yang bermanfaat pada masanya. Leonard da Vinci adalah seorang jenius yang kreatif. Sedangkan Thomas Alva Edison seorang seorang jenius yang inovatif.

Inovasi muncul dalam berbagai bentuk. Misalnya (1) inovasi lewat pemasaran.  Dengan teknik pemasaran dan serangkaian iklan konsumen diajak untuk mencoba manfaat produk yang ditawarkan.  Sehingga produk dianggap sebagai solusi (2) Inovasi secara bertahap (incremental) atau inovasi proses, para produsen yang ingin meningkatkan penjualannya melakukan inovasi ini seperti menambah varian baru, kategori baru, rasa baru. Sehingga produk/jasa dianggap lebih baik, lebih cepat, lebih murah, lebih sehat/bermanfaat, lebih wangi, lebih sehat) dsb. (3) Inovasi transformasional. Para produsen teknologi seperti smartphone atau mobile device lainnya selalu memperkenalkan inovasi transformasional agar tetap bertahan dipasar. (4) Inovasi Produk baru. Inovasi ini merupakan kategori baru. Orang sering menyebutnya dengan ionovasi distruptif yaitu inovasi ayng mencipatakan pasar dan jejaring baru.

Apple menciptakan model pendapatan baru lewat apple store dimana apple menjual laguan satuan dengan harga yang rendah.  Amazone menciptakan model pendapatan baru dengan cara memperkenalkan belanja online. Ebay menciptakan model pendapatan baru dengan cara mempertemukan pembeli dan penjual. Google menciptakan pendapatan baru dengan cara menggabungkan iklan dan search enggine. Facebook menciptakan pendapatan baru dengan cara jejaring sosial. Tripadvisor menciptakan pendapatan baru melalui pengalaman orang-orang yang berpergian.  Ini adalah sederet contoh inovasi disruptif

Southwest Airlines mengubah model layanannya menjadi penerbangan bertarif murah. Del computer memotong rantai distribusi pemasaran dalam menjual komputer. Mereka tidak menjual lewat distributor atau perantara melainkan langsung ke end users.

Mengapa inovasi bisa dilakukan? Pertama para penelti dan inovator telah menemukan pola-pola atau prinsip-prinsip tentang pelaksanaan inovasi sehingga kita tinggal mengikuti dan mempelajarinya. Untuk lebih jelas, silahkan baca buku Inovator DNA. Kedua Inovasi semakin murah. Adanya teknologi, social media, internet berkecepatan tinggi membuat orang dengan sangat mudah belajar, mencari ide, bertukar ide, mengetes pasar dan mempromosikan produk/jasanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: