Manajemen Satu Menit

Secara perinsipnya,”Manajemen Satu Menit” terbagi atas 3 bagian yang saling terkait, saling melengkapi, dan menguatkan.

1. Penetapan Sasaran-Sasaran Satu Menit Satu menit pertama pada sistem manajemen adalah hal dasar yang penting dan utama. Tak banyak lagi waktu terbuang untuk sebuah pertanyaan yang membingungkan, dapat menjawab keraguan-keraguan dari kening-kening yang berkerut, dan semua kelebihan waktu itu dapat dimanfaatkan untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat lagi. Muatan-muatan dari penetapan sasaran satu menit adalah berisikan persetujuan sasaran-sasaran anda, melihat seperti apa perilaku yang baik, menulis setiap sasaran anda, membaca ulang setiap sasaran, sekali-sekali sisihkan satu menit untuk melihat apa yang telah anda laksanakan, melihat apakah perilaku anda itu cocok dengan sasaran anda atau tidak.

2. Pujian-Pujian Satu Menit mekanisme dari memberikan pujian ini biasanya dilakukan sesegera mungkin setelah anda mengetahui kalau rekan tim anda telah membuat sebuah kemajuan yang berarti bagi tim dan ia berhasil melakukannya. Mungkin anda dan anggota tim anda yang lain merasa agak terbebani bila harus terus mengawasi anggota tim yang lain apakah mereka telah membuat sebuah kemajuan atau keberhasilan. Secara garis besar, pujian satu menit ini akan berhasil jika anda mengatakan kepada tim anda jauh-jauh hari sebelumya bahwa anda akan memberi tau mereka bagaimana cara mereka bekerja. Mengatakan kepada anggota tim apa yang mereka telah lakukan benar-benar secara spesifik da bagaimana hal itu membantu tim dam anggota tim yang lainnya.

3. Teguran Satu Menit Teguran diberikan agar sikap keteledoran, bukan pribadinya dan anda memberikan harapan anda yang tulus kalau dia tak sepatutnya melakukan kesalahan sekecil itu. Karena anda tau betul kalau dia itu sangat kompeten dan ahli untuk urusan itu. Tegur dia dengan baik dan sopan, buat dia sadar. Dalam sistem manajemen satu menit, teguran satu menit ini akan berhasil kalau dilakukan dengan cara mengatakan sebelumnya kepada anggota tim bahwa anda akan memberitau mereka cara mereka melakukan sesuatu dengan kata-kata yang tegas, mengatakan kesalahan apa yang mereka sedang lakukan langsung pada kesalahannya. Bagaimana perasaan anda mengenai kesalahan yang yang telah mereka lakukan dengan kata yang tegas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: