DASAR DREAM TEAM

Sebuah hal yang perlu anda sadari bahwa anda sekarang telah berada dalam sebuah tim, atau anda berniat untuk membangun sebuah wadah, yang akan menghimpun sjumlah orang-orang spesial untk mengambil lankah-langkah spesial pula dalam hidup dan kesuksesan anda.

Sistem penghimpun ini bekerja dua arah, yaitu suatu saat anda memerlukan dukungan dan bantuan untuk diri anda sendiri, pada saa lain anda akan mendukung  dan membantu orang lain.

 

membina Hubungan

Sebelum semunanya berjalan lebih jauh, sebelum kesepakatan dan sistem dibuat, sebelum agenda-agenda menjadi rutinitas dan sebelu anda menjadi bagian dari sebuah tim masa depan, sebaikna anda mencermati diri anda dalamhubungan dengan orang lain.

Pelajari karakter mereka dan bina fondasi persahabatan yang kokoh, yang dimulai dari sikappositif, saling mamahai kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk mendapatkan sikap sinergis yang kompak.

Anda menyadari bahwa setiap pribadi adalah individu yang unik, punya karakter dan jiwa sendiri yang pastinya berbeda dengan diri individu lainya. Menyadari akn hal ini, berarti nda telah menempatan diri sebagi bagian dari komunitas yang unik. Unutk lebih jauh mengenal diri anda dan orang lain dalam upaya untuk membina hubungan yang lebih baik, ada beberapa langkah praktis yang dapat anda lakukan, diantaranya:

  • Diri anda punya kebajikan dan anda juga punya rasa penghargaan yang tinggi kepadaorang lain mak sudah epatutnya anda menyadari hal itu, lalu gunakan dalam pergaulan keseharian anda untuk menerima dan menghargai orang lain.
  • Anda akan menempati bahwa begitu banyak orang yang memiliki pandangan, pemikiran, dan ide yang sama dengan anda. Bina hubungan yang lebih instens dan serius lagi.
  • Kembangkan sikap saling menghargai dan menerima antara kalian agar lebih terbina hubungan batin yang lebih dalam lagi. Minta pendapat mereka, anda harus bisa menerimanya tanpa harus menyangga terlebih dahulu setiap masukan dan kritikan yang meeka lontarkan kepada pribadi anda.
  • Kembangkan rasa humor yang positif dengan orang lain. Mereka akan sangat tertarik akan apa yang telah anda lontarkan setelah kalian menikmati kesengan itu.
  • Bersikap baiklah kepada orang lain, tanam investasi kebaikan sebanyak mungkin, baik diminta maupun tidak diminta.
  • Dalam tahapan membina hubungandengan orang lain, apalagi untuk proyeksi jangka panjang, anda sebaiknya jangan bersikap setengah-setengah dan langsung ingin tahu kesediaan mereka.

 

Membangun Sikap Saling Mempercayai

 

Kepecayaan merupakan nilai mahal dari sebuah pertemanan, persahabatan,dan relasi dari sebuah kerja tim. Sebelumnya anda seharusnya membina hubungan baik dan menyenangkan telebih dahulu dengan setip anggota tim anda dan orang lain, mana tahu suatu saat nanti anda  akan membutuhkan bantuan mereka. Lagipula anda sangat butuh relasi dan jaringan yang mantap guna mengantarkan tim ada ke gerbang kesuksesan. Bagaimanapun juga hubungan baik dan saling menyenagkan akan lebih mempererat keakraban, persahabatan, dan kerja sama tim akan lebih kompak lagi, serta akan terbinanya relasi yang baik dengan pihak luar.

Beberapa langkah berikut ini yang berisi bagaiman caranya untuk menumbuhkan kepercayaan orang lain pada diri anda;

  • Apa yang anda ucapkan sudah sesuai dengan apakah yang anda lakukan?

Sebenarnya hanya butuh sedikit kerja ekstra untuk perhatian mereka terhadap kepribadian anda, asalkan anda selalu bertindak seperti apa yang anda katakan, konsisten dan berani bertindak tegas untuk itu. Mereka, yang berada di luar diri andalah, yang akan menilai sendiri bahwa anda punya karakter yang kuat dan istimewa.

  • Anda harus lebih banyak memahami orang lain, dan cobalah untuk mengalah lebih sedikit.

Banyak-banyaklah untuk mendengarkan orang lain, memahami permasalahan mereka dengan seksama dan jangan sering memotong atau menyangga perkataan mereka. Pada saat seperti itu anda harus lebih banyak mengalah, lebih banyak diam dan dengan khusyuk mendengarkan permasalahan dan keluh kesah mereka. Bila anda sering membuka ruang spesial ini kepada orang lain, kemungkinan besar mereka akanmenyenangi anda dan akan selalu menjadi pendukung anda yang setia. Mereka hanya butuh pengertian dari anda bahwa mereka punya banyak masalah dan mereka terlanjur memercayai anda untuk berbagai masalah itu, maka sambutlah dengan senyuman dan pahami mereka seperti anda memahami diri anda sendiri.

  • Selalu ada pada saat yang penting, dan katakan bahwa anda sangat memperhatikanya.

Hal ini mungkin saja kurang berarti pada saat yang barang kali tidak terlalu monumental. Itu adalah perhatian tulus yang dapat anda berikan, walau anda menganggap itu bukanlah sesuatu yang berlebihan.

  • Mengembalikan pinjaman dengan lebih baik dari pada apa yang anda pinjam darinya.

Hal ini bukan atas dasar kesadaran atau sebagai ungkapan terima kasih, tapi lebih dikarenakan mereka harus membayar sejumlah bunga yang besar dari pokok pinjaman.

  • Berusahalah untuk menjaga amanah orang lain dengan sebaik-baiknya.

Amanah merupakan bentuk kepercayaan yang diberikan orang lain kepada anda, karena mereka menganggap anda adalah orang yang jujur dan bisa diperaya. Amanah pada dasarnya adalah sebuah bentuk penghargaan yang mulia yang diberikan seseorang kepada anda. Sudah selayaknya anda menjaga amanah itu dengan sebaik-baiknya, sebab sudah banyak yang anda pertahankan untuk itu. Tapi sebaliknya, bilaa anda tidak mampu menjaga amanah dengan baik yang dibrikan orang lain kepada anda, maka mereka tidak akan mempercayai anda lagi. Dan akan selalu menganggap anda adalah orang yang tidak jujur dan mereka sedapat mungkin mejauhi anda atau tidak mau lagi berurusan lagi dengan anda.

  • Bersikap terbuka kepada orang lain tanpa harus ada yang anda tutup-tutupi di mata mereka.

Bila anda punya banyak kelemahan, maka akuilah kelemahan anda itu kepada mereka secara jujur dan meminta mereka untuk bisa memahami kekurangan mereka itu. Tapi yang pasti mereka akan menghormati pengakuan jujur anda itu.

  • Sering-seringlah untuk memuji orang lain.
  • Menolong tanpa pamrih

Sebelumnya anda telah menyadari bahwa apapun yang anda lakukan hari ini, pasti anda akan dapat merasakanya pada suatu saat nanti. Setiap apa yang anda lakkan untuk mereka secara ikhlas dan tulus kan selalu mereka kenang sebagai budi.

  • Akui kesalahan dan kekeliruan anda secara jujr lalu minta maaflah segera.

Anda sudah berpikiran dewasa mengatakan secara teus terangdan mengakui secara jujur kesalahan yang telah anda perbuat tanpa haru menutup-nutupinya. Lalu minta maaflah segera atas kesalahan dan kekhilafan yang telah anda lakukan itu. Mengakui kesalahan secara jujur, bukanlah sikap lemah, tapi itu justru menunjukkan kepada orang lain bahwa anda adalah orang yang bertanggung jawab dan berani memikul semua konsekuensi dari apa yang telah anda lakukan itu.

  • Dahulukan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi

Orang lain akan melihat diri anda dari segi sejauh mana anda lebih peduli kepada orang lain, dan selalu bersikap mendahulukan kepentingan umum dari pada kepentingan anda sendiri. Tindakan ini adalah awal yang baik untuk anda cermati dalam membina hubungan dengan lingkungan sosial yang ada di sekitar anda. Lakukan hal-hal yang terbaik bagi orang lain dan masyarakat anda, anda akan dapat bahwa mereka sangat menghormati kepribadian anda itu.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: