Management by Objectives ( MBO )

.

Terdapat lima langkah proses pengaturan performa yang berlangsung sepanjang tahun
1. Mengatur tujuan atau objektif
2. Mangamati dan memonitor kinerja
3. Berbagi observasi dangan karyawan
4. Mengevaluasi kinerja tahunan dan menginstitusikan rencana uantuk mengembangkan keahlian dan kemampuan karyawan.
5. Mengatur tujuan baru.

1.Mengatur Tujuan atau Objektif.
Kebanyakan berhubungan dengan tujuan kinerja departemen atau organisasi secara luas.Kadang – kadang terdapat tujuan yang sulit seperti kuota penjualan atau target produktivitas.
Tujan mungkin juga menjadi nilai departement atau perusahaan yang disebut ” Faktor Kinerja ”. Dari hari kehari organisasi mencari bukti bahwa karyawan ” Menunjukan hormat satu sama lain ”Berinovasi”menunjukan intergritas setiap waktu atau ” responaif ” terhadap konsumen akan tetapi penting untuk menghubungkan nilai ini dengan prilaku yang penuh arti dalam pekerjaan sebaliknya tujua hanya akan menjadi frasa yang kosong saja.

2.Mengobservasi dan Memonitor Kinerja.
Jika karyawan mencapai tujuan,penting untuk memonitor usaha mereka dalam memcapainya. Anda mengamati dan menawarkan Feedback,dan anda menciptakan catatan kejadian penting yang tertulis dalam riwayat kerja karyawan, baik itu hal baik ataupun buruk

3. Berbagi Observasi
Selama 12 Bulan anda akan bertemu paling tidak empat kali dengan setiap karyawan anda untuk membahas performa selama tiga bulan terakhir. Yang paling penting diantara
Rapat – rapat ini adalah rapat keempat Review Akhir Tahun.
Tujuan wawancara sementara adalah untuk megklarifikasi harapan yang masih belum jelas mengatur rencana untuk triwulan berikutnya untuk memastikan kemajuan yang berkelanjutan atau megembalikan karywan pada jalur yang benar dan menghasilkan persetujuan antara anda dan karyawan anda mengenai kinerja karyawan pada akhir tahun.
4.Mengevaluasi Kinerja Tahunan
Pada akhir tahun anda dan karyawan anda bertemu untuk mengevaluasi pekerjaan karyawan selama 12 bulan sebelumnya.Idealnya review tahunan mencakup dua pertemuan. Pertemuan pertama karyawan berbagi prestasi mereka dengan anda, anda mendengarkan dan memuji dengan tepat dan meningkatkan perhatian pada hal yang benar. Pertemuan yang kedua anda berbagi dokumen unu dengan karyawan. Abda juga membawa berbagai catatan dan dokumen yang mempengarui penilaian akhir anda.

5.Mengatur Tujuan Baru
Setelah penilaian di akhir tahun, anda berbicara dengan karyawan anda untuk mengatur tujuan untuk tahun berikutnya.Dan yang terjadi sebagai konsekuensi dari proses yang berlangsung membuat metode penilaian karyawan ini menjadi berguna bagi anda dan organisasi anda :
• Karyawan belajar mengenai kekuatan dan kelemahan mereka
• Karyawan secara aktif berpartisipasi dalam pengaturan tujuan dan proses evaluasi.Hal tersebut akan memberikan wewenang pada mereka.
• Karyawan diakui sebagai individu dan tahu bahwa manger mereka peduli dengan kebutuhan dan tujuan mereka.
• Karyawan merasa cocok dalam departemen dan perusahaan.Anda dan karyawan menjadi team kerja untuk misi organisasi yang telah disepakati.
• Mengatur tujuan yang merefleksikan misi departemen dan nilai perusahaan.
• Biarkan Karyawan anda berkolaborasi untuk mengatur tujuan yang saling menguntungkan.
• Mendorong nilai perusahaan dan misi departemen sehari- hari pada wawancara periodik dan pada peilaian tahunan.
• Menggunakan rencana perkembangan karyawan untuk mengisi kesenjangan pengetahuan dalam team dan departemen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: