hutang

Kewajiban membayar utang termasuk dalam pengelolaan keuangan keluarga. Kita berutang karena penghasilan lebih kecil daripada pengeluaran.
Dilihat dari sisi negatif, uatang bisa muncul karena pengeluaran melebihi penghasilan atau dalam peribahasa, “besar pasak dari pada tiang”. Keinginan untuk memiliki barang dan kita pikir bisa memilikinya dalam waktu dekat sementara dana masih kurang, mendorong kita meminjam kepada rentenir dengan bunga yang tinggi. Akibatnya, kita tidak bisa melunasinya sesuai dengan harapan sehingga kita terlebit utang.
Hal ini yang bisa menyebabkan kita berutang adalah tidak mengendalikan nafsu berbelanja. Istilahnya “lapar mata”, tidak bisa mengekang apa yang kita lihat.
Sebaiknya pengembalian atau cicilan utang tidak melebihi 40% dari penghasilan kita tiap bulan. Kalau melebihi, cash flow kita akan terganggu sehingga menimbulkan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sebelum berutang, perhatiakan lebih dulu perhitungan bunganya. Bandingkan dengan bank, leasing, atau institusi satu dengan lainnya. Hindari utang yang bersifat konsumtif. Awasi penggunaan kartu kredit. Hal yang perlu dihindari dalam penggunaan kartu kredit adalah jangan terlambat membayar tagihan kartu kredit, jangan sering mengambil cash advance pada kartu kredit, dan kepemilikan kartu kredit sebaiknya tidak lebih dari tiga.
Prioritas manajemen utang adalah membayar utang jangka pendek dan utang konsumtif. Utang konsumtif seperti kartu kredit lebih baik dilunasi terlebih dulu. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan apabila mengalami kesulitan membayar cicilan utang, yaitu dengan penghematan, belajar mencukupkan diri dalam segala hal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: