Hidup kita ditentukan oleh pikiran.

MAXWELL Maltz dalam bekunya yang berjudul Psyco-cybernetics menjelaskan suatu konsep yang disebut Mekanisme Otomatis yang terdiri dari dua bagian,yaitu Mekanisme Sukses Otomatis dan Mekanisme Gagal Otomatis. Hanya salah satu dari Mekanisme ini yang akan bekerja pada diri manusia. Lantas , mekanisme manakah yang bekerja pada diri anda?
Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda peru memeriksa pikiran Anda. Jika pikiran anda positif,maka Mekanisme Sukses Otomatis yang bekerja pada diri Anda. Anda tidak erlu cemas karna Anda bias menentukan mekanisme yang bekerja pada diri Anda. Dengan kata lain Anda bias memilih secara sadar mekanisme mana yang akan bekerja pada diri Anda. Dalam hal ini kuncinya adalah kesadsran. Jika Anda tidak menyadarinya, maka bisa jadi Anda selama ini memantik Mekanisme Gagal Otomatis yang bekerja pada diri Anda.
Analogikanlah dalam diri Anda terdapat panglima,komandan,dan prajurit. Prajurit hanya akan bekerja sesuai perintah komandan. Prajurit yang baik akan mendengarkan dan mematuhi semua yang diperintahkan oleh komandan. Komandan sendiri memberikan Perintah kepada prajurit atas arahan atau perintah dari panglima. Nah,dalam diri Anda, panglima tersebut adalah pikiran sadar,yaitu suatu pikiran yang memilih apa yang dipikirkan. Ini adalah tugas yang sama seperti seorang panglima yang bisa memilh srategi atau cara berperang sesuai dengan keperluannya.
Panglima memberikan komando kepada Komandan. Dalam tubuh Anda ,Komandan adalah pikiran bawah sadar Anda. Setelah menerima perintah dari pikiran sadar,maka pikiran bawah sadar memberikan perintah kepada prajurit,yaitu seluruh sel tang ada di dalam tubh Anda. Sebagai seorang komandan yang baik, pikiran bawah sadar akan menerima semua perintah dari panglimanya,yaitu pikiran sadar,dan terus diperintahkan kembali ke pasukannya,yaitu sel-sel yang ada dalam tubuh. Pikiran bawah sadar tidak memiliki kemampuan untuk menyeleksi perintah mana yang baik atau buruk,mereka hanya menerima perintah dan melaksankannya. Begitu juga dengan pasukan yang aka bekerja ,yaitu seluruh sel didalam tubuh Anda.
Sel-sel dalam tubuh anda akan diterjemahkan apa yang ada dalam pikiran bawah sadar Anda kedalam sebuah gerakan atau mekanisme. Misalnya ketika pikiran bawah sadar anda sedang bersedih,maka sel-sel tubuh Anda membentuk suatu mekanisme otomatis sehingga muncullah reaksi fisik pada tubuh Anda,misalnya menangis. Mekanisme otomatis didalam tubuh anda juga bisa terlihat saat Anda mengalami gerakan reflex. Saat tangan anda mengenai benda panas,maka secara otomatis tangan Anda menjauh dari benda panas tersebut. Hal ini terjadi karena pikiran sadar Anda mengatakan bahwa tidak enak dan bahaya jiak menyentuh benda panas sehingga harus menjauhinya.
Mekanisme Otomatis ini akan terus bekerja untuk berbagai hal lainnya tergantung apa yang sudah anda programkan dalm pikiran bawah sadar Anda. Sel-sel didalam tubuh Anda membentuk suatu mekanisme berdasarkan panduan atau perintah dari pikiran bawah sadar anda. Yang perlu Anda perhatikan ialah jika pikiran Anda negatif maka Mekanisme Gagal Otomatis yang kan bekerja pada diri Anda. Mekanisme bekerja pada tubuh Anda terus bekerja sesuai dengan perintah dan informasi yang ada pada pikiran bawah sadar Anda. Semua data dan Informasi yang ada didalam pikiran bawah sadar Anda akan digunakan oleh tubuh Anda untuk memecahkan masalah- masalah dan menaggapi situasi- situasi yang sekarang (seperti menghindari panas) sehingga Anda menjadi sadar bahwa semuanya disebabkan oleh pikiran Anda sendiri,bukan oleh yang lain. Jika diri anda berprilaku dengan cara yang salah atau yang buruk,jawabannya ada pada system mekanisme ini, masalahnya ada mis komunikasi antara pikiran bawah sadar dengan pikiran sadar Anda.
Miskomunkasi terjadi karena pikiran bawah sadar tidak bisa membedakan mana yang baik dan buruk, sehingga kalaupun maksud anda baik, jiak salah cara menyampaikannya bisa saja diterjemahkn buruk oleh pikiran bawah sadar. Dari kenyataan ini diperlukan suatu cara bagaimana Anda mengkomunikasikan maksud anda kepada pikiran bawah sadar anda agar terhindar dari kesalahan yang menyebabkan mekanisme gagal otomatis yang bekerja. Benar bahwa anda sering kali mengaktifkan mekanisme gagal otomatis,padahal maksud anda adalah mengaktifkan mekanisme sukses.
Langkah pertama agar Anda tidak terjebak dalam Mekanisme gagal Otomatis adalah Anda harus menerima bahwa ada suatu mekanisme dalam tubuh anda yang bisa Anda program melalui pikiran sadar Anda. Penerimaan ini akan membawa anda ke sebuah pintu gerbang menuju pencapaian yang lebuh baik lagi dihari esok.
Karena banyaknya mekanisme- mekanisme yang sudah dibuat dan disimpan pada pikrian bawah sadar Anda,maka anda sering melakukan sesuatu tanpa upaya yang lebih keras lagi.
Lantas,bagaimana hubungan pikiran dan perasaan?
Para pakar kejiwaan memandang pikiran sebagai factor terpenting bagi kehidupan manusia. Hampir semua system kehidupan ,gerak tubuh ,suasana hati,bahkan hidup kita dikontrol oleh pikiran. Ketika kita melihat pasangan kita berjalan didepan kita ,pikiran kita mungkin akn memerintahkan mulut kita untuk menegurnya,menyuruh kaki kita untuk mempercepat melangkah,atau meminta kita untuk tidak melakukan apa-apa.
Demikian pula halnya dengan perasaan kita yang terkumpul di otak ,pikiran memberikan perintah – perintah khusus kepada “hati” untuk menentukan suasana yang diinginkan. Umpamanya,suatu hari kita ditinggal kekasih,pikiran kita akan memilih informasi- informasi yang berhubungan dengan kehidupan cinta kita dengannya,yang terekam oleh otak. Katakanlah pikiran kita memilih informasi yang berhubungan dengan hal indah,yang pernah kita alami bersamanya. Pikiran kita akan mengolahnya dan menghasilkan intruksi,misalnya,kita menyesal dan bersedih karena semua keindahan itu harus berakhir.
Intruksi akan diteruskan ke “hati” melaluin perangkat Psikologis kita,dan perasaan kitapun menjadi sedih. Sebaliknya,apabila pikiran kita memilih informasi-inforamasi yang berhubungan dengan hal-hal menyebalkan dari pasangan kita ,misalnya hidung peseknya,kebiasaan buruknya,atau kesukaanya tertawa keras,maka pikiran kita akan mengolahnya menjadi intruksi bahwa kita senang dan bahagia karena mimpi buruk itu telah berakhir. Hati kitapun senang karenanya.
Nah,bila pengaruh pikiran sangat kuat dengan perasaan anda ,berarti anda adalah orang bertipe factual,yaitu orang yang bertindak atau bersikab berdasarkan fakta. Tetapi bila pengaruh pikiran sangat lemah terhadap perasaan anda, maka anda termasuk sensitive. Orang factual biasanya lebih mampu mengendalikan perasaan . Pikiran mampu mengolah fakta-fakta yang terekam diotak secara lebih detail sebelum dimaukkan ke “hati” apa adanya. Ia mengolah informasi dengan perasaanya. Dengan pengoptimalan pikiran, Anda dapat mengendalikan perasaan dan kehidupan kearah yang Anda inginkan. Dengan pikiran anda dapat mengubah perasaan sedih menjadi perasaan senang,takut menjadi berani,minder menjadi percaya diri,pesimis menjadi optimis,atau bosan menjadi penuh gairah.

sumber : Wardoyo, Sisca..dahsyatnya pikiran positif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: