BERPIKIR POSITIF

Pada saat keluar rumah di pagi hari,kita sendirilah yang menentukan apaka hari itu menjadi hari baik atau buruk,karena tergantung bagaimana kita menjalankan pikiran kita. Dapat tidaknya kita menikmati hari itu sangat tergantung pada cara kita berpikir.
—Stanley R Wetty,Presiden Wooster Brush company

PYGMALION adalah seorang pemuda yang berbakat seni memahat. Ia sangat piawai dalam memahat patung. Karya ukiran tangannya sungguh bagus. Tetapi buaknn kecakapannya itu menjadikan ia dikenal dan disenangi teman dan tetangganya. Ia justru dikenal sebagai orang yang suka berpikiran positif karena selalu memandang segala sesuatu dari sudut pandang yang baik.
Apabila lapangan ditengah kota sedang becek ,orang-orang mengomel. Tetapi Pygmalion berkata,”Untunglah,lapangan yang lain tidak sebecek ini”.
Ketika ada seorang pembeli patung terus menawar harga,kawan-kawan Pygmalion berbisik,”Kikir betul orang itu.”Tetapi Pygmalion berkata,”Mungkin orang itu perlu mengeluarkan uang untuk orang lain yang lebih perlu.”
Ketika anak-anak mencuri apel dikebunnnya,Pygmalion tidak mengumpat. Ia justru merasa iba,”Kasihan,anak-anak itu kurang mendapat pendidikan dan makanan yangb cukub di rumahnya.”
Begitulah cara pandang Pygmalion . Ia tidak melihat suatu keadaan dari sisi buruk,melainkan justru dari sisi baik. Ia tidak pernah berpikir buruk tentang orang lain. Sebaliknya, Ia mencoba membayangkan hal-hal baik dibalik perbuatan buruk orang lain.
Pada suatu hari Pygmalion mengukir sebuah patung perempuan dari kayu yang sangat halus. Patung itu berukuran manusia sungguhan. Ketika rampung,patung itu tampak seperti manusia. Wajah patung itu tersenyum manis menawan ,tubuhnya elok menarik. Kawan-kawan Pygmalion berkata, “Ah,sebagus-bagusnya patung, itu Cuma patung,bukan istrimu.”
Tetapi Pygmalion memperlakukan patung itu sebagaimana manusia. Berkali-kali patung itu ditatapnya an dielusnya. Para Dewa yang ada di Gunung Olympus memperhatikan dan menghargai sikap Pygmalion, lalu mereka memutuskan untuk member anugerag kepada Pygmalion,yaitu mengubah patung itu menjadi manusia betul. Begitulah, Pygmalion hidup berbahagia dengan istrinya itu yang konon adalah perempuan tercantik diseluruh Yunani.
Nama Pygmalion hingga sekarang untuk menggambarkan dampak pola berpikir yang positif. Kalau Anda berpikir yang positif tentsng suatu keadaan atau seseorang,sering kali hasilnya menjadi betil-betul positif. Jika anda bersikab ramah terhadap seseorang,maka orang itu akan ramah kepada Anda. Jika Anda memperlakukan anak Anda sebagai anak yang cerdas,akhirnya Ia betul-betul menjadi cerdas. Jika Anda yakin bahwa upaya Anda akan berhasil,maka besar sekali kemngkinan Anda upaya Anda dapat merupakan separuh berhasil. Nah,dampak pola berpikr positif itu disebut Dampak Pygmalion.
Pola piker Pygmalion adlah berpikir,menduga,dan berharap hanya yang baik tentang suatu keadaan atau seseorang. Bayangkan,bagaimana besar dampaknya bila Anda menggunakan pola piker positif seperti itu. Anda tidak akan berprasangka buruk tentang orang lain. Anda tidak mengguncingkan desus-desus yang buruk tentang orang lain. Anda tidak menduga-duga jahat tentang orang lain.
Hidup akan menjadi lebih baik,kalau Anda memandangnya dari segi yang baik. Berpikir baiklah tentang diri sendiri. Berpikir baiklah tentang orang lain. Berpikir baiklah tentang keadaan .Berpikir baiklah tentang Tuhan.
Dampak berpikir baik itu akan Anda rasakan . Keluarga menjadi hangat. Kawan menjadi bisa dipercaya. Tetangga menjadi akrab. Pekerjaan menjadi menyenangkan. Dunia menjadi ramah. Hidup menjadi indah. Seperti Pygmalion,begitulah.
Bob Doyle,seorang pengarang dan spesialis hokum mengatakan bahwa kemiripan akan menarik kemiripan. Jadi,ketika Anda memikirkan suatu pikiran,Anda juga menarik pikiran-pikiran serupa ke diri Anda. Memang buku ini berbicara pada tingkat pikiran. Namun buku The Science of Getting Rich mengatakan bahwa apa yang ada di dalam ini memiliki sesuatu “ pikiran”,yang sebenarnya suatu prinsip atau mekanisme keberadaan alam itu sendiri.
Jadi bisa disimpulkan bahwa pikiran kita bersifat magnetis dan memiliki frekwensi. Selama Anda berpikir,pikiran-pikiran itu akan dikirim ke alam dan akan menarik semua hal yang memiliki kemiripan dengan pikiran kita. Inilah dasar dari konsep pikiran positif,yaitu jika kita berpikir positif maka semua hal-hal yang positif akan menghampiri kita.
Manfaat berpikir positif
Para Ilmuwan telah membuat kesimpulan atas riset selama puluhan tahun tentang manfaat berpikir positif dan optimism terhadap kesehatan. Hsil riset menjukkan bahwa seorang optimis lebih sehat dan lebih panjang umurnya disbanding orang lain apalagi disbanding dengan orang pesimis. Para peniliti juga memperhatikan bahwa orang optimistis lebih sanggub menghadapi stress dan lebih kecil kemungkinannya mengalami depresi.
Manfaat bersikab optimis dan sering berpikir positif antara lain :
Lebih panjang umur
Lebuh jarang mengalami depresi
Tingkat Stres yang lebih kecil
Memiliki daya tahan tubuh yang lebh baik terhadap penyakit
Lebih baik secara fisik dan mental
Mengurangi risiko terkena penyakit jantung
Mampu mengatasi kesulitan dan menghadapi stress
Manfaat ini bisa diperoleh bagi orang yang optimis
Dan berpikiran positif karena biasanya orang yang optimis akan menghindari kegiatan yang dilakukan orang yang pesimis dalam menghadapi stress dan tekanan hidup. Orang pesimis ketika menghadapi stres akan mengalihkan perhatian dengan kegiatan seperti merokok,mengonsumsi alcohol,dan menikmati makanan tanpa terkendali. Sedangkan orang optimis akan melakukan lebih banyak aktivitas fisik,mengikuti diet sehat,serta mengurangi rokok dan alcohol.
Jika Anda sering berpikir secara negative terhadap orang lain ataupun terhadap situasi yang berat,bukan berarti anda tidak dapat berpikir positif. Anda dapat mengubah cara berpikir negative menjadi positif. Tidaklah sulit untuk melakukannya,namun membutuhkan waktu dan latihan untuk membuat kebiasaan baru ini

sumber : Wardoyo, Sisca..dahsyatnya pikiran positif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: