Jurus 8: Biarkan Kudeta Terjadi

Nama dan Identitas Pembeda
Tahukah anda, atu kelebihan manusia yang tidak dimiliki oleh malaikat? Konon, malaikat sempat terkagum-kagum manakala adam pertama kali menunjukkannya. Bahkan kelebihan ini pula yang menjadi salah satu alasan mengapa manusia-bukan malaikat atau yang lainnya-yang dipilih oleh Tuhan untuk menjadi wakil-Nya di muka bumi. Ternyata, manusia mampu memberi nama untuk segala sesuatu.
Tanpa anda sadari, mayorita umat beragama-terutama islam dan Kristen-menjunjung tinggi arti sebuah nama. Seorang muslim yang saleh akan menempatkan nama itu sebagai permohonan doa, manakala seorang nasrani yang taat menganggapnya lebih berharga daripada harta yang berlimpah.
Akan tetapi, perlu diingat pula bahwa menyandang nama yang alami tidak secara otomatis menjadikannya merek yang sejati. Keduanya adalah dua hal yang berbeda. Nah, apabila anda berminat dan berhasrat untuk mengubah nama yang alami menjadi merek yang sejati, berarti metamorphosis menjadi satu proses yang tak terelakkan. Memang, tidak segampang kecebong, karena metamorfosis yang ini membutuhkan waktu yang lebih lama-bahkan tidak mengenal batas waktu.
Apakkah manfaat konkretnya? Dengan berbekal merek, berarti anda telah mewartakan satu identitas yang unik kepada konsumen. Dengam demikian, pada akhirnya konsumen mampu membedakan produk Anda dengan pesaing dan mudah mencarinya. Secara keseluruhan, itu akan mengurangi risiko bagi konsumen.
Nama dan Nilai Komersial
Ada sebuah pepatah yang mengatakan, “apalah arti sebuah nama.” Mungkin hal ini ada benarnya, tetapi saya sangat tidak setuju dengan pepatah tersebut. Kalau menurut saya, pepatah yang benar itu, “sungguh berarti sebuah nama.” Dalam dunia bisnis, nama sebuah merek sangatlah berarti. Memang, untuk mengurusinya perlu biaya dan waktu yang cukup menyita, seperti registrasi dan pajak, memang itulah konsekuensi dari sebuah merek. Di samping itu, merek yang bersinar juga akan memancing perhatian pesaing. Nah, itulah kabar buruk tentang merek.
Tetapi, walaupun terdapat beberapa kerugian, kita akan mendapat belasan manfaat dari pembuatan merek. Bukankah dengan terdaftarnya merek, anda dapat mengurangi risiko menjiplak hingga 60%? Bukankah dengan wujudnya sebuah merek, Anda merkesempatan untuk mengeksposnya? Lagi pula, adakah bisnis yang sanggup mendunia tanpa merek? Setahu saya, tidak ada! Kecuali bisnis illegal! Belum lagi, apabila merek tersebut sudah menjelma menjadi merek yang kuat. Dan inilah manfaat yang ditunggu-tunggu oleh pelaku bisnis manapun. Maksudnya? Meningkatnya nilai komersial (dan margin tentunya.) komoditas seperti apel, tepung, kopi, atau air sekalipun bisa dijual lebih mahal, asal ditempelkan merek sekuat Washington, Bogasari, Kapal Api, dan Evian di kemasannya.
Begitulah, nama itu penting! Teramat penting, malah! Pada awalnya, pelaku bisnis memfungsikan nama itu sebagai identitas pembeda. Kemudian barulah pelaku bisnis me-menage nama alami tersebut menjadi merek sejati, supaya memancarkan nilai komersial tersendiri. Yah, memang demikianlah seharusnya.
Nama dan manfaat lainnya
Selain berperan sebagai identitas pembeda dan nilai komersial, merek juga berimbas langsung terhadap penjualan. Terutama merek yang kuat. Hanya itukah manfaatnya? Tenang, masih banyak manfaat lainnya. Pertama, besarnya loyalitas konsumen. Kedua, kebalnya perusahaan terhadap persaingan dan krisis. Ketiga, solidnya dukungan orang tengah. Keempat, mulusnya proses komunikasi pemasaran. Kelima, terbukanya peluang lisensi dan perluasan merek. Dan masih banyak seabrek manfaat lainnya.
Ini semua jelas-jelas menguntungkan si empunya merek. Betul begitu? Meskipun saya tidak melihat anda mengangguk, tetapi saya yakin anda sependapat dengan saya. Memang, manfaat-manfaat tersebut tidak dapat dituai dalam waktu singkat. Jadi, bersabarlah dan terus berusaha!
sumber : Ipho santoso, 10 Jurus terlarang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: