BERPIKIR POSITIF

Pikiran adalah suatu kekuatan yang jika disertai tujuan yang jelas, kemauan yang menyala-nyala dapat ewujudkan suatu impian (cita-cita) menjadi nyata. Orang harus menyadari bahwa daya pikir manusia adalah kunci untuk mencapai kamajuan dan kekayaan.
Pikiran Dapat Memindahkan Gunung.
Bawah sadar itu mempunyai kekuatan seperti magnit untuk menarik apa yang dipikirkan manusia agar menjadi kenyataan.
Rumusan yang Menyebabkan Berhasil
Yang menyebabkan seseorang mempunyai tenaga yang tidak ada habis-habisnya. Pelajarilah orang-orang yang pernah mendapatkannya dan kemudian pelajarilah terutama dirimu sendiri, riwayat hidupmu, jatuh bangunmu, penderitaanmu, kemalanganmu, kemiskinanmu, singkatnya persoalanmu.
Semua keberhasilan, semua kekayaan, dan kemajuan berbernih pada satu cetusan gagasan atau bisa dissebut ide, cita-cita, impian, tujuan atau harapan, atau sebut apa saja sesuatu yang tergambar jelas ingin dimiliki atau dilakukan. Kemajuan, kekayaan dan keberhasilan hanya memerlukan satu idea tau gagasan sehat saja.
Cara berpikir yang dapat mengundang keberhasilan, yaitu dengan mengaanggap, aku menghendakinya dan aku harus dapat buakan aku pasti dapat.. kelemahan utama dari dan setiap orang adalah pernyataan mustahil atau tidak mungkin. Salah satu sebab utama yang menyebabkan kegagalan ialah kebiasaan orang untuk berhenti ditengah jalan setelah mengalami kegagalan.
Setiap orang yang ingin berhasil mendapatkan gelar wirausaha (entrepreneur) , hanya akan mencapainya jika ia telah lulus dari “Universitas Kegagalan,” Fakultas “Penderitaan dan Pantang Putus Asa.” Sesungguhnya pantang putus asa, ulet, punya kemampuan menahan penderitaan ini adalah salah satu unsur kekuatan yang dapat dipergunakan untuk kemajuan dan keuntungan diri kita.
Peranan Otosugesti atau Sawasaran
Otosugesti adalah suatu proses dimana segala macam saran pendorong dimasukkan ke dalam pikiran melalui panca indra. Otosugesti menghubungkan alam pikiran dari yang halus kesadarannya dengan bagian tempat timbulnya pikiran yang belum disadari.
Jika kita masukkan benih pikiran yang kuat ke dalam alam sadar, baik benih negative maupun positif, maka otosugesti memungkinkan pikiran dengan kuat mengasai diri untuk mempengaruhi alam bawah sadar, kemudian sikap mental dan perbuatan. Benih-benih pikian itu harus diseleksi oleh otosugesti kita agar benih yang merusak tidak akan tumbuh di dalam sawah pikiran kita yang subur itu.
Segala sesuatu hanya dapat diperoleh dengan perjuangan mandi keringat. Harganya adalah ketekunan yang kuat dan semangat tgahan uji yang membara tak kunjung padam. Karena itu gunakanlah setiap hari untuk berlatih berpikir posotif. Setiap kali di kepala kita muncul pikiran-pikiran negative usirlah, dan gantikan dengan pikiran-pikiran positif
Tiga hal yang Penting untuk Membentuk Pikiran Positif
Ada 3 hal yang member pengaruh menentukan dalam meningkatkan kualitas pikiran kita, yaitu ;
1. Mutu Bacaan Kita
Pada dasarnya buku bacaan dapat dibagi ke dalam empat kelompok
a. Buku-buku yang mencerdaskan yakni buku ilmu pengetahuan.
b. Buku-buku yang menghaluskan perasaan, seperti novel-novel sastra.
c. Buku-buku yang merangsang kehendak untuk berani bertindak atau melakukan sesuatu yang benar,
d. Buku-buku yang memprsiapkan kita sebagai manusia yang kelak hidup di akhirat, yaitu buku-buku agama.
Hakekat Manusia
menurut Plato dan kemudian dikutip oleh Ki Hadjar Dewantoro, dalm diri kita ada tiga komponen jiwa yang harus dikembangkan secara optimal dan seutuhnya. Yakni cipta (pikir) yang berhubungan dengan kearifan, rasa (perasaan) yang berhubungan dengan nafsu atau emosi dan karsa (kehendak) yang berhubungan dengan keberanian.
Pada hakekatnya manusia adalah makhluk yang sekarang hidup di dunia dan besok hidup di akhirat. Sehingga kebutruhan antara dunia dan akhirat ini harus seimbang.
2. Mutu dengan Siapa Kita Bergaul
Makanan pikiranmu adalah lingkunganmu. Buku-buku yang engkau baca, orang-orang yang engkau ajak bicara, pokoknya semua benda tag terjitung yang mempengaruhi pikiran sadar dan bawah sadar. Jenis makanan pikiran yang kita santap menentukan kebiasaan sikap dan kepribadian kita. Besar kecilnya pikiran kita , tujuan dan kepribadian sesungguhnya dibentuk oleh lingkungan kita.

Para ahli setuju bahwa kepribadian kita sekarang ini adalah hasil dari lingkungan psikologis kita. Kepribadian anda di masa datang tergantung hasil sepenuhnya pada lingkungan anda masa datang.
Lingkungan Manusia sebagai Sumber Penghalang
Penghalang nomor satu dalam perjalanan menuju sukses adalah bahwa kita tidak mapu atau prestasi itu bersedia di luar jangkauan kita.
Menurut Paul G. Stolz dalam bukunya Adversity Quotiont, ada tiga kelompok orang dalam mendaki menuju kesuksesan, yaitu ;
a. Kelompokj mereka yang berhanti. Orang-orang yang memilih untuk berhenti menghindari kewajiban, memilih untuk keluar dari perjuangan menuju puncak gunung sukses, mereka disebut quitters.
b. Kelompok mereka yang berkemah. Mereka mendaki beberapa jauh lalu mereka memutuskan untuk mengakhiri pendakiannya dan mencari tempat yang aman serta nyaman sebagai tempat bersembunyi dari situasi yang tidak bersahabat.
c. Kelompok para pendaki adalah sebutan untuk orang yang seumur hiduo membuktikan dirinya pada pendakian sukses tanpa menghiraukan latar belakang keuntungan atau kerugian, nasib baik atau uruk. Hanya kelompok orang inilah yang berda di puncak.
Kelompok yang tidak mau menyerah, tidak membiarkan pesimisme mendekte mereka, tidak mau menyerahkan kepada kekuatan penindas, tidak mau merangkak. Namun untuk masuk dan bertahan dalam kelompok ini, kita harus elawan pengaruh penindas dalam lingkungan kita.
Kiat bisnis orang tua : “Kalau engkau ingin maju, milikilah kerbau lebih dari satu dan usahakan kerbaumu hamil semua.” Dimana yang dimaksud “Kerbau” adalah usaha dan “hamil” adalah menguntungkan.
Memajukan Unsur Teologis dalam Perjuangan Menuju Sukses
Dengan memasukkan unsure-unsur teologis dalam setiap langkah, kita akan merasa semakin kuat karena didukung oleh kekuatan yang Maha Perkasa dan Maha Kaya yakni Allah SWT. Hal itu mnghindari sesumbar, karena Allah SWT tidak suka dengan orang-orang yang sombong.
3. Cara Kita Memellihara Oikiran-pikiran Positif
Produksi dalam pabrik pikiran kita di bawah pengawasan dua mandor. Satu kita sebut tuan kemenangan dan satunya lagi tuan kekalahan. Tuan kemenangan bertanggungjawab menghasilkan pikiran-pikiran yang positif. Yan perlu anda lakukan untuk member isyarat pada mandor itu hanyalah kesiapan mental sedikit saja. Jika isyaratnya positif, tuan kemenangan akan melangkah maju dan segera bekerja. Begitu pula isyaratnya negative, tuan kekalahan melangkah maju.
Satu-satunya tindakan yang bijaksana adalah memecat sekaligus mengusir tuan kekalaha, karena kita tidak membutuhkannya. Gunakan tuan kemenangan seratus persen ketika pikiran memenuhi benak, minat tuan kemenangan bekerja untuk kita, ia akan membantu anda menuju keberhasilan. Semua pikiran positif adalah fondasi yang kokoh bagi bangunan rumah sukses bisnis modal dengkul.
Sumber : Mas’ud Chasan, Sukses Bisnis Modal Dengkul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: