Teknik untuk mempertahankan motivasi

Motivasi diperlukan sebagai penyemangat diri sendiri dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Sehingga anda akan bekerja lebiha antusias lagi. Tanpa adanya motivasi menjadikan sesuatu hanyalah suatu hal yang tidak menuntu untuk dipenuhi.
Apakah motivasi? Motivasi adalah kegiatan daripada tingkah laku manusia sebagai dari dalam dirinya untuk mendorong melakukan sesuatu.
Ada beberapa startegi yang dapat dierapakan sebagai motivasi, yaitu:
1. Berikan penghargaan materi pada diri sendiri
Anda dapat melakukannnya dengan mengatakan “aku layak menerimanya” atau “aku bisa melakukannnya”. Jika anda dapat menghargai diri anda sendir, maka orang lain pun juga akan menghargai anda.
2. Memajang gambar atau foto obyek yang ingin dimiliki
Obyek-obyek ini nantinya yang dapat dijadikan sarana pengingat yang bermanfaat agar anda terus berusaha mencapaia tujuan-tujuan anda.
3. Bersaing dengan diri sendiri
Orang-rang yang yelah meraih keberhasian adalah mereka yang yakin terhadap potensi yanag dimiliki oleh dirinya sendiri dan tidak tergoda dengan apa yang dimiliki orang lain. Setiap orang mempunyai rencana-rencana dan tujuan-tujuannnya sendiri dan agar berhasil abda harus memfokuskan pada tujuan-tujuan anad sendiri.
4. Peljarilah keberhasilan orang lain
Mempelajari keberhasilan orang lain dapat djadikan jalan untuk anda dalam meraih keberhasilan, karena dalam perjalanan mereka anda dapat mengetahui caranya untuk meraih keberhasilan, sehingga dapat memotivasi diri sendiri untukmengikuti jejaknya.
Perhatikan berbagai hambatan yang harus mereka atasi dan teknik-teknik yang mereka gunakan untuk mengatasi dan meraih keberhasilan tersebut.
5. Motivasilah diri anda dengan memotivasi orang lain
Orang yang mengajar atau memimpin orang lain sangat memahami prinsip ini. Dengan cara-cara dalam memotivasi orang lain anda akan mendapati bahwa upaya-upaya itu memberikan motivasi pribadi kepada diri anda juga. Jika anda sudah mengetahui caranya untuk memotivasi diri, maka realisasikanlah secepatnya. Kata-kata seperti “aku tidak siap”, “aku membutuhkan lebih banyak informasi” atau “aku harus mempertimbangkan segala sesuatunya terlebih dahulu” sebaiknya dihi;angkan dari pemikiran anda. Karena kata-kata itulah yang nantinya akanmenghambat anda dalam meraih keberhasilan.
Apabila ingin memulai aktivitas dalam upaya meraih tujuan, anda harus benar-benar konsentrasi secara penuh. Karena nantinya anda akan menghadapi berbagai macam rintangan yang sudah tentu jumlahnya tidak sedikit. Waktu yang tepat untuk melakukan konsentrasi tersebut adalah pada pagi hari (ketika bangun tidur) dan malam hari (ketika akan tidur) karena waktu itu adalah waktu yang tepat dimana alam bawah sadar anda akan berlaku reseptif dan melupakan sejenak segala masalah yang terjadi di siang hari untuk bersantai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: