Prinsip Dasar Calon Pebisnis

Masalah-masalah yang bersinggungan dengan dunia bisnis, seperti modal, strategi pemasaran, audit dan semacamnya merupakan masalah yang sangat rasional dan teknis. Pengelolaan mental dan kepribadian merupakan modal yang tidak kalah penting dan berartinya bagi seorang calon pebisnis.

1. Prinsip kepribadian
a. Beranilah bermimpi
Inilah modal awal yang paling penting diketahui oleh anda sebagai calon businessman. Membangun impian untuk menjadi seorang pebisnis andal yang sukses merupakan impian yang masuk akal. Pesimisme adalah hal yang harus secepatnya dibuang dan jangan dibiarkan mengganggu mimpi anda.

b. Wujudkan mimpi dengan terus mencoba
Mencoba adalah satu jalan mewujudkan mimpi menuju keberhasilan. Seorang businessman tidak akan berhenti mewujudkan mimpinya menjadi kenyataan hanya karena ia mengalami kegagalan di awal perjalanannya.

c. Berani gagal
Kegagalan adalah bagian terpenting dari keberhasilan, sebagaimana keuntungan dan kerugian, kemajuan dan kemunduran. Kegagalan boleh saja datang bertubi-tubi tetapi yang terpenting anda tidak boleh mengelak.

d. Selalu berusaha fokus
Kegagalan seseorang dalam membangun bisnis terkadang disebabkan oleh masalah ini. Akibatnya, kita terlambat dalm memulai sebuah proses.

e. Pupuklah sikap antusias
Perasaan suka terhadap sesuatu menumbuhkan antusiasme yang tinggi pada diri seseorang. Tidak ada kata menyerah karena antusiasme yang terpupuk di dalam dirinya telah tumbuh kekuatan dan semangat yang tiada tertandingi.

f. Tentukan visi bisnis yang jelas
Visi berbisnis dibutuhkan oleh orang-orang yang memilki komitmen tinggi di bidangnya.

g. Sederhana
Kesederhanaan seorang pebisnis sangat identik dengan kepiawaian mengelola uang untuk kepentingan bisnis. Prinsip ini tidak terkecuali bagi pebisnis yang sudah berhasil sekalipun.

h. Bekerja keras dengan cerdas
Jika anda hendak merintis sebuah usaha dengan modal yang kecil tentu saja modal yang paling banyak dibutuhkan adalah kerja keras dengan cara yang cerdas. Inilah sebenarnya kunci kesuksesan banyak pengusaha.

i. Fleksibel
Jika anda termasuk pebisnis yang memiliki kepribadian fleksibel, maka di mana saja berada, Anda tetap bisa mengembangkan bisnis Anda. Hindari pribadi yang kaku dan fanatic dalam berbisnis. Meskipun demikian, anda tetap harus memegang prinsip kejujuran dalam berusaha.

j. Berusaha tahan banting
Agresif adalah cara terbaik untuk memupuk sikap agar tahan banting. Menjadi businessman yang tahan banting juga bisa dilakukan dengan menanamkan spirit tidak mudah menyerah pada nasib.

k. Berani mengambil risiko
Tidak ada jaminan orang yang menekuni dunia bisnis akan segera mengalami keuntungan, masalah dan tantangan justru terpampang begitu jelas di hadapan. Akan tetapi apapun tantangannya anda harus siap dengan risiko apapun yang terjadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: