Mengembangkan usaha

Menjadi perusahaan yang menguntungkan saja tidak cukup. Perusahaan juga harus tumbuh dan berkembang dengan baik. Perusahaan yang tidak dapat melakukan pertumbuhan adalah bahwa mereka berada di sutau pasar yang sudah jenuh. Sebenarnya bukan pasarnya yang jenuh (eksternal) tetapi karena masalah-masalah internal pada perusahaan itu sendiri yang menyebabkan tidak dapat tumbuh lagi.

Perusahaan Bisa Tumbuh
Larry Bossidy, CEO Honeywell menyatakan “tidak ada pasar yang jenuh”. Karena pertumbuhan adalah sebuah pola pikir. Banyak cara yang dilakukan perusahaan untuk tumbuh di antaranya dengan memotong biaya dan harga, melakukan peningkatan harga yang efektif, ekspansi dan melakukan akuisisi perusahaan lain melalui produk-produk baru.
Kiat untuk perusahaan agar bisa tumbuh dan kembang, yaitu: fokus dalam menjalankan bisnis. Tekun dan tidak kenal menyerah mewujudkan ambisinya. Komitmen terus mempertahankan bisnis dan mengembangkannya.
Untuk membuat perusahaan bisa tumbuh, para pemimpin dapat mencari peluang-peluang untuk tumbuh melalui cara:
1. Menjual lebih banyak dari produk yang telah ada pada pelanggan-pelanggan sekarang ini dan doronglah pelanggan untuk mengkonsumsi lebih banyak pada setiap kesempatan.
2. Menjual produk-produk tambahan pada pelanggan yang sekarang dan identifikasikan produk lain yang mungkin dibutuhkan oleh pelanggan.
3. Menjual produk-produk yang telah ada pada pelanggan baru dan perkenalkanlah produk ke pasar baru.
4. Menjual produk baru pada pelanggan-pelangan baru dan buatlah bisnis baru untuk melayani pasar baru.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan agar perusahaan sukses melakukan ekspansi untuk menuju pertumbuhan adalah:

a) Tetapkan komitmen
b) Memiliki pengetahuan
c) Kemampuan beradaptasi
d) Pembiayaan
e) Komunikasi
f) SDM yang baik
g) Kapasitas produksi

Menumbuhkan The Best Achiever
Sebuah perusahaan harus memiliki pemimpin yang mau, mampu dan berani menjalankan obsesinya membawa perusahaan menjadi “the best achiever”. Jika pemimpin tidak bisa atau tidak mampu meningkatkan profit and growth perusahaannya dan membuat kerugian atau bangkrut berarti perusahaan telah salah memilih pemimpin. Sebab kesuksesan perusahaan ditentukan oleh kualitas pemimpinnya dalam membawa nasib perusahaan.
Untuk menciptakan pertumbuhan laba dan pertumbuhan bisnis perusahaan adalah:
 Menciptakan budaya the best achiever melalui penciptaan produk yang berkualitas dan tujuannya agar pelanggan mau membeli,
 Menentukan objective keberadaan bisnis berdasarkan profit, growth, and diversification potential.
 Menentukan strategi pencapaian tujuan dengan memperhitungkan bahwa bisnis adalah bagian dari strategi.

Menumbuhkan Manajemen Terpadu
Sebelum memulai diversifikasi bisnis, diperlukan kemampuan menganalisis potensi dan prospek bisnis berdasarkan tiga acuan penting, yaitu:
a) Laba
b) Pertumbuhan
c) Diversifikasi
Bisnis akan prospektif dan mampu memberikan laba dan pertumbuhan yang progresif apabila bisnis memiliki laba, pertumbuhan , dan diversifikasi yang bagus.
Perusahaan-perusahaan besar di pasar dunia banyak melakukan perbaikan melalui manajemen kualitas terpadu (TQM) sebagai salah satu cara untuk menjawab pertanyaan strategi operasional. TQM sangat cocok dilakukan di perusahaan yang tengah melakukan perbaikan kinerjanya melalui pembenahan sistem kepemimpinan dan budaya perusahaan secara evolusi. Pada prinsipnya manajemen kualitas terpadu mengacu pada:
• Untuk menciptakan konsistensi mengenai tujuan peningkatan kualitas pada produk dan layanan agar perusahaan menjadi lebih kompetitif dan dapat bertahan dalam persaingan bisnis.
• Membangun peningkatan kualitas sejak awal.
• Menghilangkan hambatan-hambatan untuk menghargai sistem dan budaya kerja yang buruk.
• Peningkatan kerja dan produktivitas serta mengurangi biaya untuk mencapai tujuan-tujuan di dalam proses pekerjaan di perusahaan.

Membangun UKM Tumbuh
Pengelolaan perusahaan UKM ini sangat sederhana, komponen produksi sifatnya lokal dan tingkat ketergantungan terhadap dolar sanagat rendah. Pada perusahaan kelas ini tumbuh kembang tak ada cara lain kecuali melalui kreativitas dan inovasi. UKM perlu memiliki kapabilitas yang memadai untuk menyerap sesuatu yang baru. Sebab, tanpa fundamental yang kuat, bisnis akan mudah hancur. Tapi dengan fundamental yang baik, para pengusaha UKM dapat membenahi manajemen perusahaannya dan membuat rencana kerja untuk maju.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: