Sikap Positif : Bawaan Lahir atau Bisa Dipelajari

Apakah Yang Membentuk Sikap Positif?
Kadang-kadang, pemahaman mengenai yang sebenarnya dari suatu hal dapat dilakukan dengan memahami yang bukan sebenarnya dari hal itu. Maka, kita tidak mengatakan bahwa orang yang bersikap positif adalah orang selalu tersenyum atau selalu penuh canda dan tawa ke mana pun ia pergi; tidak juga orang yang tidak pernah melihat sisi negative dari suatu hal. Setelah selesai membaca buku ini, Anda akan tahu bahwa orang yang sungguh bersikap positif tidak sekadar melihat sisi-sisi negative suatu hal tetapi sekaligus punya kecakapan menangani sisi-sisi negative itu. Mari kita bahas apa yang dimaksud dengan berikap positif. Ada beberapa kunci dan frasa yang dapat kita gunakan untuk menggambarkan sikap positif.
 Bersikap netral.
 Mampu mengendalikan diri maupun situasi.
 Kreatif dalam berpikir dan berencana.
 Mampu menangani dan mengelola perubahan.
 Optimis
 Mampu mengkomunikasikan secara efektif semua sifat di atas.

Bersikap Netral
Orang yang bersikap positif cenderung menggunakan pendekatan yang netral baik terhadap orang lain maupun terhadap situasi yang dihadapinya. Mereka cenderung melihat sisi baik orang lain daripada sisi buruknya, dan berusaha melakukan sesuatu sebaik mungkin walau dalam situasi yang buruk. Dalam bidang manajemen, pendekatan seperti itu sangat berharga. Sikap netral akan membantu terwujudnya penilaian yang efektif ketika tampaknya tidak ada cara lain untuk mengatakan sesuatu yang buruk mengenai seseorang.
Mampu Mengendalikan Diri Maupun Situasi
Orang yang bersikap positif cenderung manampakkan kepercayaan terhadap diri dan kemampuan mereka sendiri. Mereka yang bersikap positif dapat mengendalikan orang lain karena mereka tidak mempunyai rintangan perihal kekuasaan mereka sendiri. Oleh karena itu, para manajer yang bersikap positif biasanya mampu melakukan pendelegasian secara efektif.
Kreatif Dalam Berpikir Dan Berencana
Dalam kaitannya dengan kecakapan manajemen, menjadi kreatif berarti mampu berpikir secara kreatif, dan itu berarti mempunyai kemampuan menghasilkan gagasan-gagasan segar, memberi pemecahan dan strategi untuk menghadapi masalah serta tantangan yang timbul. Orang yang bersikap positif berwawasan ke depan; mereka cenderung tahu apa tujuan mereka.
Mampu Menangani Dan Mengelola Perubahan
Orang yang bersikap positif cenderung menyukai kemungkinan terjadinya perubahan karena perubahan memberi peluang untuk menjelajahi bidang-bidang baru, untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman baru, dan mematahkan rintangan-rintangan yang mungkin ada.
Optimis
Sikap positif berakar kuat dalam dunia nyata dan memperhitungkan segala sesuatu apa adanya, bukannya secara samar-samar menggambarkan bagaimana seharusnya. Manajer yang bersikap positif menunjukkan optimisme yang berlandaskan kenyataan.
Mampu Mengkomunikasikan Secara Efektif Semua Sifat Di Atas
Komunikasi yang efektif merupakan unsur penting dari sikap positif. Boleh jadi kita punya rencana manajemen yang gemilang, sangat efektif, dan berwawasan ke depan yang belum pernah ada, namun bila kita tidak dapat mengkomunikasikannya maka tidak akan terlaksana.
Sikap Positif : Bawaan Lahir atau Bisa Dipelajari?
Buku ini akan mengetengahkan empat asumsi yang merupakan tema utama buku ini.
 Sikap positif bukan bawaan lahir Anda.
 Sikap positif adalah pilihan.
 Sikap positif bisa dipelajari.
 Anda bisa mempraktekkan sikap positif, bisa juga tidak—itu pilihan Anda.
Mungkin Anda berpendapat semua ini agak ekstrem. Tetapi, bila Anda yakin bahwa sikap positif atau negative adalah bawaan lahir, dan kebetulan Anda sendiri atau karyawan Anda punya sikap negative, maka tidak ada sesuatu pun yang dapat dilakukan untuk mengubahnya. Tidak demikian sebetulnya. Memang, factor genetis juga berperan. Misalnya semua orang bisa berlari, tetapi hanya sedikit yang mampu menjadi pelari kelas dunia. Sekalipun demikian, melalui praktek atau latihan kita akan mampu berlari lebih cepat daripada biasanya. Pada dasarnya, cara Anda berpikir, selera Anda, dan kecenderungan politik Anda adalah hasil belajar dan akan terus berkembang selama hidup Anda. Jadi, dengan berpikir positif Anda akan dapat menjadi semakin baik dalam hal-hal yang Anda geluti.
Sesungguhnya, Apa yang Dimaksud dengan “Sikap”?
Secara umum disetujui bahwa definisi tentang sikap harus mencakup ciri-ciri pokok tertentu, yaitu:
• Keyakinan atau pendapat yang dianut secara sadar.
• Positif atau negative.
• Bermuatan emosi atau paling tidak mengandung unsur perasaan.
• Rangsangan atau kecenderungan untuk bertindak.

Sumber : Phil Clements, bersikap positif : panduan para manajer

One Response to “Sikap Positif : Bawaan Lahir atau Bisa Dipelajari”

  1. banyak banyak kiriim saran yang baik . seperti mengenai sikap positif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: