Atttitude

Dalam kehidupan ini, kita sering mendengar lontaran kata-kata bernada kecewa yang keluar dari mulut seseorang dengan berkata, “God is not fair!”. Jika kita berandai-andai,apa yang akan dilakukan Tuhan, tentunya kita pasti akan menemukan bahwa sering kali keputusan Tuhan terlihat tidak cocok dengan standar keadilan manusia.
Dunia ini memang tidak adil karena hidup tidak berjalan sesuai dengan keinginan kita. Melainkan, sesuai dengan kehidupan itu sendiri yang telah ditentukan oleh Tuhan. Namun, berita yang menggembirakan dan yang terpenting adalah respaon apa yang kita berikan terhadap kenyataan hidup yang kita alami. Dan itulah sebenarnya arti dari kehidupan.
Jika kita selalu memiliki attitude sebagai orang yang tidak siap bersaing,dan sulit bangit dari kegagalan, maka hasil akhirnya pasti kita akan menjadi orang yang gampang terkalahkan. Sebaliknya, jika kita memiliki attitude sebagai orang yang selalu bersikap bersaing dan mudah bangkit dari setiap kegagalan yang kita alami, tidak mudah putus asa, tidak selalu menyalahkan kegagalan pada lingkungan dan orang lain, maka kita akan keluar sebagai pemenang yang sejati.
Jangan pernah katakan God is not fair, mungkin kita yang tidak fair terhadap diri kita sendiri. Karena pada kenyataannya, God is always fair ( Tuhan selalu adil ). Tuhan akan bekerja sesuai dengan kehendak-Nya. Itulah kunci pertama dan utama dari attitude, jangan pernah menyalahkan kegagalan pada lingkungan, keadaan, ataupun orang lain, serta jangan pernah salahkan Tuhan atas ketidakadilan yang menurut kita benar.

What is ATTITUDE?

Banyak orang yang bertanya tentang kunci-kunci utama untuk mencapai kesuksean.
Dan kata yang pertama adalah LUCK (keberuntungan). Unsur ini dianggap sebagai jalan pintas menuju kesuksesan. Apakah kita setuju dengan hal itu?? Kata kedua yang menjadi kunci sukses adalah KNOWLEDGE (pengetahuan). Setelah itu, adlah HARDWORK (kerja keras). Kata ini merupakan hal yang selalu ditekankan oleh orang tua kepada anaknya untuk mencapai kesuksesan. Dan yang terakhir adalah ATTITUDE (sikap). Attitude merupakan fondasi terpenting yang menentukan tingkat keberhasilan seseorang. Artinya, attitude merupakan faktor terpenting bagi seseorang untuk mencapai kesuksesan.
Keberuntungan, pengetahuan, serta kerja keras tidak sebannding dengan pentingnya attitude. Oleh karena itu, kita dapat menyimpulkan jika attitude adalah the magic of word. Fondasi kesuksesan sangat bergantung pada attitude. Dengan attitude yang positif, kita akan lebih mudah dalam mencapai keberhasilan yang kita inginkan.
Attitude dapat kita gambarkan sebagai “cara pandang seseorang dalam melihat suatu keadaan”, “sikap hidup seseorang”, dan “jendela terhadap dunia luar”. Dalam hidup, kita dapat memilih attitude mana yang mendominasi dalam kehidupan kita. Ada positive attitude, atau negative attitude. Ini adalah pilihan kita.
Ada dua kata yang membedakan keadaan seorang dengan yang lain, yaitu CAN (kemampuan) dan WILL (kemauan). Banyak orang yang mempunyai kemampuan untuk menjadi orang yang sukses, tetapi tidak mempunyai kemauan karena sikap yang negatif. Kemauan yang besar dapat mengalahkan kemampuan yang besar. Kita harus berhati-hati dengan pilihan dan sikap kita setiap hari.
Orang-orang yang memiliki positive attitude akan lebih optimis dalam menjalankan hidupnya. Sedangkan, orang-orang yang memiliki negative attitude lebih pesimis.
Ada tiga hal yang dasar yang membedakan antara orang optimis dan pesimis. Pertama, orang optimis melihat setiap kegagalan dan ketidakberuntungan sebagai sesuatu hal yang bersifat sementara. Sedangkan orang pesimis akan menggangapnya sebagai hal yang permanen dan merupakan bagian dari takdir yang harus dijalani. Kedua, orang optimis akan melihat kesulitan sebagai sesuatu yang bersifat spesifik, sementara orang pesimis akan menggangapnya sebagai hal yang bersifat umum. Ketiga, orang optimis melihat rintangan sebagai sebagai tantangan yang berasal dari luar (eksternal). Sedangkan, orang pesimia akkan melihat rintangan sebagai sesuatu yang berasal dari dalam dirinya (personal). Yang menjadi perbedaan besar antara orang optimis dan orang pesimis adalah bahwa orang-orang optimis selalu mengambil tindakan dari setiap permasalahan secara responsif, sedangkan orang-orang pesimis mengambil tindakan secara reaktif.

What is your focus?
Bagi orang-orang positif, suatu masalah dapat menjadi titian tangga menuju keberhasilan. Orang-orang positif selalu menjadikan setiap masalah sebagai pelajaran berharga yang akan semakin mendekatkan mereka kepada kesuksesan. Orang positif selalu berfokus pada solusi, sementara orang-orang negative selalu berfokus pada masalah.
Jika kita membiasakan diri berpikir serta bertindak secara positif, maka kita akan memiliki pola hidup yang optimis. Jika kita terbiasa untuk menghadapi setiap masalah dalam hidup dengan mendahulukan sikap yang positif, maka kepribadian yang muncul juga kepribadian yang positif.
Orang-orang positif bukan berarti selalu sukses dan tidak pernah gagal, tetapi cara pandang mereka terhadap kegagalan itulah yang membuat mereka bias bertahan sehingga menjadikan mereka lebih positif dalam menghadapi hidup.
Salah satu bentuk dari positive attitude adalah antusiasme. Antusiasme merupakan sendi-sendi kehidupan yang membuat hidup ini lebih hidup, lebih berwarna, dan bermakna bukan saja bagi diri kita sendiri, tetapi juga bagi orang lain.
Antusiasme adalah energi hidup yang tertanam di dalam diri kita, kekuatan untuk membuat kita maju dan terus maju. Antusiasme bersifat menular, maka setiap orang yang hidupnya penuh dengan antusiasme akan selalu berupaya menularkan semangat positifnya kepada orang-orang di sekitarnya.
Where Do Our Attitude Come From?
Attitude dapat dibentuk.ini sangat bergantung pada factor-faktor pengondisian diri seseorang. Mas pembentukan attitude daling dominan terjadi pada masa formatif sampai masa remaja. Pengalaman hidup yang kita alami memberikan pengaruh besar dalam pembentukan eeattitude kita.
Champion’s Wisdom
Attitude adalah pilihan dalam menentukan cara pandang terhadap kondisi yang eksternal yang kita hadapi dengan cara mengubah dan menyesuaikan dengan kondisi yang internal. Sebagai orang yang positif, kita melihat bahwa 10% bagian dari hiidup kita adalah fakta, dan 90% lagi sikap kita dalam menghadapi fakta-fakta dalam hidup kita.
Tanpa adanya positive actions, positive expectations, dan positive thinking tidakk akan terwujud positive attitude yang dapat membawa kita pada keberhasilan. Talenta yang kita miliki juga menentukan apa yang dapat kita lakukan. Motivasi yang ada pada kita menentukan seberapa besar keinginan kita untuk melakukannya. Dan positive attitude menentukan kualitas kita dalam melakukan pekerjaan kita.
Champion’s Principles
1. Orang-orang sukses dan berhasil adalah mereka yang selalu didominasi oleh positive attitude.
2. Cara berpikir kita yang selalu melihat setiap hal secara positif akan membuat kita terfokus pada keberhasilan dan bukan kegagalan.
3. Attitude yang positif dibutuhkan saat kita menghadapi kegagalan dalam hidup.
4. Apa yang ada pada kita sekarang adalah hasil dari apa yang kita pikirkan kemarin.
5. Apa pun yang terjadi pad kita, tetaplah fokus pada masa depan daripada berfokus pada masa lalu.
6. Arahkan fokus kita pada kesuksesan dan yakini bahwa kita mampu untuk mendapatkannya.
7. Bersikaplah antusias dalam menghadapi hidup.
8. Selalu asumsikan bahwa di balik setiap kesulitan pasti ada hal-hal yang baik dan indah.
9. Setiap keberhasilan adalah buah dari ratusan bahkan ribuan usaha yang tak kenal lelah dan pantang mundur.
10. Ingatlah bahwa setiap masalah yang kita hadapi hanyalah bersifat sementara, spesifik, dan eksternal.Senantiasa berfokus pada solusi, bukan pada masalahnya.
11. Attitude bukan hanya berasal dari pikiran, tetapi dari ekspektasi yang membuahkan tindakan.

sumber : Fight Like A Tiger Win Like A Champion, Darmadi Darmawangsa dan Imam Munadhi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: