Tingkatan Investor

Ada 7 tingkat investor yang perlu anda pahami:
1. Tingkat 0 : Mereka yang tidak mempunyai modal untuk diinvestasikan. Orang – orang ini tidak mempunyai modal untuk di investasikan. Mereka menghabiskan semua yang mereka peroleh. Banyak orang kaya yang termasuk kategori ini karena mereka menghabiskan sebanyak atau lebih banyak dari yang mereka peroleh.
2. Tingkat 1 : Peminjam. Orang – ornag ini menyelesaikan masalah finansial dengan meminjam uang. Sering mereka bahkan melakukan investasi dengan uang pinjaman. Mereka mengira lebih banyak uang dapat menyelesaikan masalah keuangan mereka. Tetapi sebanyak apapun uang yang mereka hasilkan, mereka tetap terbenam dalam hutang. Investor tingkat ini sering terlihat kaya. Mereka mungkin mempunyai rumah besar dan mobil mewah. Tetapi kalau anda melihat dengan seksama, mereka membeli dengan uang pinjaman. Mereka mungkin menghasilkan banyak uang tetapi mereka hanya selangkah menuju kebangkrutan finansial.
3. Tingkat 2 : Penabung. Orang – orang ini menyisihkan sejumlah kecil uang secara teratur. Uang tersebut disimpan dalam mekanisme penyimpanan beresiko kecil dan berbunga kecil. Menabung memang bagus. Disarankan anda mempunyai kas untuk membiayai hidup anda selama setengah tahun. Namun jika anda tidak mau belajar berinvestasi dan anda terus – menerus hidup dalam ketakutan menanggung resiko finansialnya, maka menabung adalah pilihan yang lebih baik daripada investasi.
4. Tingkat 3 : Investor pandai. Ada 3 jenis investor dalam kelompok ini.
– Tingkat 3 – A : mereka yang meyakinkan diri bahwa mereka tidak akan mengerti uang. Orang-orang ini membiarkan uang mereka menganggur dan tidak menghasilkan banyak dalam program pensiun atau melakukan diversifikasi.
– Tingkat 3 – B : Kaum Sinis. Orang – orang ini mengetahui semua alasan mengapa investasi tidak akan berhasil.
– Tingkat 3 – C : Penjudi. Kelompok ini tidak mempunyai peraturan atau prinsip trading yang baku.mereka sembrono memasuki pasar komoditi.mereka melompat memasuki area permainan tanpa mengetahui siapa pemain nya dan siapa yang membuat peraturan nya.
5. Tingkat 4 : Investor jangka panjang. Investor ini jelas mengerti pentingnya investasi juga aktif terlibat dalam pengambilan keputusan investasi mereka. Yang paling penting mereka meminta saran dari perancang finansial yang kompeten. Investor tingkat ini bersifat sabar dan memanfaatkan waktu.
6. Tingkat 5 : Investor canggih. Investor tingkat ini mampu mencari strategi investasi yang lebih agresif atau beresiko, karena mempunyai kebiasaan mengelola uang yang baik, dasar finansial yang kuat, dan juga ahli dalam hal berinvestasi. Mereka secara aktif ikut dalam pengelolaan investasi mereka. Mereka memiliki dewan direksi pribadi yang membantu mereka mengelola aset mereka.
7. Tingkat 6 : Kapitalis. Hanya sedikit orang yang berhasil mencapai tingkat ini. Tujuan seorang kapitalis adalah membuat lebih banyak uang dengan sinergis mengelolauang ornag lain, bakat orang lain dan waktu orang lain. Kapitalis sejati menciptakan investasi dan menjualnya ke pasar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: