PENGENDALIAN EMOSI

A. KEKUATAN PRINSIP
Prinsip bagi seseorang merupakan kekuatan untuk mempertahankan dan meningkatkan apa yang sudah ada. Sebuah prinsip menjadi sebuah kekuatan dalam menyemangati dirinya sendiri, sehingga apa yang sudah tercapai tidak akan mudah terkikis.
Prinsip bersifat tetap, tidak mudah berubah, abadi.Walaupun lingkungan kita sering mengalami perubahan,dengan adanya prinsip,perubahan itu tidak akan menjadikan kita terjepit, celaka ataupun sengsara.Karena disinilah peran serta prinsip dalam menjaga diri dan memberikan rasa aman.
Apabila seseorang berada dalam kesulitan, seringkali sulit mengendalikan situasi.Akhirnya melakukan tindakan-tindakan yang dapat memperkeruh keadaan.Melalui kekuatan prinsip yang dimiliki, segala tindakan akan mudah diarahkan sampai akhirnya menemukan suatu penyelesaian yang optimal.
Setipa manusia mempunyai kebebasan untuk memilih tindakan yang akan dilakukan, apakah itu bersifat merugikan atau justru menguntungkan, bersifat baik atau buruk, bersifat reaktif atau proaktif, bersifat benar atau salah dsb.Semuanya bebas dilakukan dan menjadi tanggung jawab penuh masing-masing individu.Kini segala sesuatu yang dilakukan dengan penuh tanggung jawab, tanpa ada ada rasa takut sekalipun.Itulah kekuatan dari sebuah prinsip.

B. PENGENDALIAN DIRI
Manusia di mata Tuhan adalah sempurna bila dibandingkan dengan makhluk lainnya, namun dalam pelaksanannya manusia seringkali melakukan kesalahan-kesalahan yang justru merugikan manusia itusendiri.Adanya kesalahan tersebut dikarenakan dalam melakukan suatu tindakan, manusia itu sendiri tidak menggunakan suara hati yang sebenarnya jalan untuk memperoleh kebenaran.
Suara hati yang merupakan jalan untuk mencapai kebenaran akan merangsang pikiran Anda dengan nilai-nilai yang positif dan baik dan nilai-nilai tersebut cenderung berkembang secara internal.
Adanya pemasukan dalam pikiran kita dapat memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kejiwaan dan kondisi tubuh.Adanya pemasukan-pemasukan yang bersifat negative mengakibatkan negativitas lebih besar dan itu sangat merugikan dirinya sendiri.Berbeda jika Anda berpikir positif, maka segala tindakan yang dilakukan tidak merugikan diri sendiri.
Pengendalian diri diperlukan agar terbentuk hati dan pikiran yang bersih.Sehingga perbuatan yang sekiranya dapat merugikan dapat segera dicegah.

C. KETULUSAN MEMBERI
Pada zaman sekarang tidak sedikit orang yang bekerja demi materi, mau melakukan sesuatu asalkan ada imbalannya.Mereka umumnya tidak mau bekerja sebelum jelas apa yang akan mereka dapatkan.
Adanya perilaku yang demikian sebenarnya sangat merugikan orang itu sendiri,karena secara tidak langsung dia sudah menanamkan dalam dirinya sifat pamrih.Jika sudah demikian apa yang akan dikerjakannya hanya berorientasi pada hasil yang akan diterima, bukan pada visinya ke depan.

D. HUBUNGAN USAHA DENGAN HASIL
Hubungan antara usaha dengan hasil sangat erat dan harus diperhatikan agar tetap seimbang.Namun dalam kenyataannya perusahaan seringkali hanya memperhatikan hasil yang akan diperoleh, sementara usaha apa yang akan dilakukan sering diabaikan.Pendapat Stephen R. Covey, bahwa efektifitas yang sebenarnya adalah apa yang dihasilkan atau diproduksi (telur) dan aset yang menghasilkan atau kapasitas produksi (ayam).Keduanya harus diperhatikan agar tetap seimbang dan menghasilkan sesuatu yang optimal.
Satu hal yang perlu diingat dalam mengembangkan usaha Anda dalam mencapai hasil harus dikerjakan dengan dorongan suara hati.Adanya keseimbangan antara penggunaan suara hati dengan pikiran, akan menghasilkansesuatu dengan lebih baik daripada hanya menggunakan pemikiran saja, karena di sini segala sesuatunya dilakukan dengan penuh keikhlasan dan ketulusan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: