MEMBENTUK MENTAL

Tahapan-tahapan yang perlu dilakukan dalam membentuk mental Anda adalah sbb:

A. BENTUK KEPRIBADIAN
1. Bijaksana
Langkah awal dalam membangun mental Anda, dapat dimulai dengan memperbaiki sikap dan perilaku diri sendiri.Misalnya dengan bersikap bijaksana dalam mengambil keputusan, sehingga tidak ada pihak yang akan dirugikan.Semuanya akan merasakan keuntungan bersama.Oleh karena itu diperlukan keterbukaan dalam berpikir, di mana tidak hanya satu titik saja yang mendapat perhatian serius,tetapi juga titik lainnya, sehingga akan muncul berbagai macam alternative jawaban yang dapat dipilih.

2. Berintegritras
Uang bukanlah segalanya untuk menunjukkan suatu prestasi dalam mencapai keberhasilan.Tetapi lebih kepada caranya untuk berkarya berintegritas dan bekerja secara total dengan semangat yang tinggi.Atau dengan kata lain, memikirkan apa yang akan diberi, bukan apa yang akan diterima.

3. Rasa Aman
Salah satu sifat manusia yang dapat merugikan dirinya sendiri yaitu tidak pernah merasa puas dengan apa yang sudah diperolehnya.Ketidakpuasan tersebut menjadikan mereka tidak mempunyai prinsip yang kuat, sehingga gampang menjadi lemah, terkontaminasi, roboh dan bahkan merasa tidak aman dalam setiap langkahnya.
Rasa aman dapat muncul seiring dengan kuatnya prinsip yang dimiliki, seperti yang diungkapkan oleh Stephen R. Covey bahwa,”Rasa aman kita berasal dari pengetahuan bahwa, prinsip itu berbeda dengan pusat-pusat lain yang didasari pada orang atau sesuatu yang selalu dan seketika berubah, prinsip yang benar tidaklah berubah.

4. Kepercayaan Diri
Dalam meningkatkan suatu karier diperlukan kepercayaan diri yang tinggi.Dengan adanya kepercayaan diri, seseorang akan mampu melihat barbagai kesempatan yang ada, tanpa muncul rasa takut,yang sebenarnya dapat menarik diri menuju jurang kegagalan.
Kepercayaan tidak hanya diberikan pada diri sendiri, tetapi juga orang lain, baik teman-teman Anda yang bersedia membantu dan memberi pertolongan pada Anda, saudara-saudara Anda sebagai motivator dalam setiap langkah yang dijalani dan juga orang yang menjadi lawan Anda dalam persaingan bisnis yang telah membuat Anda menjadi lebih bijaksana dalam bertindak dan mengambil keputusan.
Metode yang dapat dilakukan untuk membangkitkan kepercayaan dalam diri,yaitu:
• Jangan pernah menghindari kontak mata.Pada umumnya orang yang menghindari kontak mata dengan lawan bicara tidak memiliki keberanian dan kepercayaan diri yang kuat.
• Biasakanlah untuk berdiri di barisan paling depan.Hal tersebut dapat mengusir rasa takut yang ada di dalam diri Anda.
• Cobalah berjalan lebih cepat 25% dari biasanya.Adanya kecepatan dalam gerakan tubuh,maka akan mempengaruhi kecepatan berpikir Anda.
• Biasakanlah untuk tersenyum lebar.Mungkin Anda sulit membayangkan tersenyum di saat sedang takut atau gelisah.
• Satu hal lagi yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri yaitu membiasakan diri berbicara cepat.Semakin banyak Anda berbicara, maka akan semakin besar kepercayaan diri yang akan muncul dan semakin mudah Anda berbicara pada kesempatan lainnya.

5. Pembangun Motivasi
Berpikirlah yang maju dan langkahkan kaki Anda menuju kesuksesan.Jika Anda mengalami kegagalan dalam langkah Anda, maka bangkitlah dan perbaiki diri untuk menyusun kembali strategi apa yang sebaiknya Anda lakukan,Jangan pernah sekalipun menjadi orang yang mudah putus asa, karena sesungguhnya Anda dapat meraih apa yang menjadi cita-cita atau keinginan Anda. Cobalah untuk menjadi motivator bagi diri Anda sendiri.

2 Responses to “MEMBENTUK MENTAL”

  1. Blog anda bagus sekali. Saya mau share link dengan web anda.
    Hormat Kami :
    Kiwil Studio – Programming, Service, Network, Training Computer And Event Organizer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: