KECEMBURUAN PROFESI (3)

Jika kecemburuan profesi ini ditemukan dalam sebuah komunitas kerja, maka akan muncul dampak negative yang banyak, di antaranya :
1. Tidak Ada Kenyamanan dan Ketentraman Jiwa
Ketika jiwa seseorang dilanda oleh rasa cemburu, maka potensi yang ada di dalam dirinya akan tertutup. Ia akan mulai meninggalkan keunggulan yang ada pada dirinya, dan mencari perlindungan dengan perantara-perantara yang tidak dibenarkan.

2. Memperbesar Masalah Kecil
Dalam sebuah komunitas yang individunya telah terjangkit oleh rasa cemburu antara yang satu dengan yang lainnya, maka permasalahan ini akan membesar. Daripada memuatkan perhatian pada persoalan yang dihadapinya, maka orang-orang lebih memilih berpencar untuk mengurusi hal-hal kecil lain yang jauh dari persoalan yang sedang berlangsung.

3. Pengkubuan dan Mencari Pendukung
Ketika kecemburuan profesi memenuhi udara lingkungan kerja, maka orang yang cemburu akan merasakan bahwa kemampuan dirinya tidak cukup untuk menandingi sosok yang ia cemburui. Karena itulah ia akan mencari orang-orang yang akan mendukungnya, kepala-kepala yang dapaat melindunginya, dan beralih untuk menciptakan opini public di mana dirinya bersembunyi di belakangnya. Sehingga ketika anak panah itu berbalik kepada diri sendiri, ia dapat membela diri. Orang yang berupaya menghentikan tindakannya tidak akan mendapatkan telinga-telinga yang mendengarkan dari orang lain.

4. Menjauhi Sejumlah Kemampuan karena Mengutamakan keselamatan Diri
Orang-orang yang memiliki kemampuan dan keunggulan, terkadang tidak bekerja kecuali dalam suasana dan iklim yang bersih. Ketika mereka terlempar ke dalam iklim yang tidak sehat, maka mereka akan menarik diri dari institusi dimana mereka bekerja. Penarikan itu bisa berupa penarikan final, yakni dengan mencari tempat yang aman, atau berupa penarikan secara pribadi, sedang mereka masih tetap berada di dalamnya. Atau, mereka meminta agar dirinya difungsikan di tempat lain yang kadang mereka tidak dapat berkresi di sana sesuai dengan tuntutan.

5. Hilang Konsentrasi dan Disibukkan oleh Hal-hal Sepele
Dalam suasana yang diliputi oleh kecemburuan profesi, setiap individu dalam tim akan kehilangan konsentrasi dalam pelaksanaan kerja. Konsentaasi ini tidak akan muncul kecuali ketika manusia berada dalam keadaan nyaman.

6. Muncul Ekspresi Pribadi dan Hilangnya Ekspresi Sosial
Dalam suasana seperti ini setiap orang mengumumkan dirinya: Sayalahyang paling berhak, sayalah yang paling awal, saya bebas dari cacat, saya yang menemukan. Kareana itulah akan berkembang semangat individual, yang menyebabkan akan musnahnya semangat kolektif. Semua orang akan kehilangan ketulusan dan sering menguntit saat-saat yang dapat membawa pada posisi yang prestisiusdan terpandang.

7. Tidak Bersatu dan Kehilangan Semangat Tim ketika Menghadapi Krisis
Ketika krisis menancapkan kuku-kukunya, semua kelompok berusaha untuk melepaskan diri dari tanggung jawab dan melemparkannya ke pundak orang lain. Krisis itu muncul akibat perasaan teraniaya atau melanggara larangan orang-orang besar, yang menyebabkan kegagalan pada diri mereka. Mereka melemparkan balasan keunggulannya, dan semuanya menjadi kacau balau.

8. Tidak Enjoy dalam Bekerja dan Lemah dalam Produksi
Dalam suasana yang dipenuhi oleh kecemburuan profesi, operasional kerja hanya sekedar melaksanakan sebuah tugas. Ia merasa bahagia jika menjauh dari tempat itu. Ia menderita karena bertnya waktu kerja. Kebenaran kerja telah berubah menjadi sebuah kebenaran semu. Dimana semua orang yang hidup di dalam suasana seperti ini akan menghancurkan kemampuan lainnya, dan menyerang kesuksesan mereka. Karena itulah sector produksi menjadi lemah dan kehilangan kualitasnya.

Sumber : ahmad Abdul Jawad, Bening Publishing, 2007
Posted by : Syafrizal Helmi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: