Lesson #2# Peninjauan Yang Realistis Atas Pekerjaan Mendatang : Yang Anda Lihat Adalah Yang Anda Dapatkan

Kebanyakan manajer saat melakukan wawancara pekerjaan, selalu berfokus pada aspek-aspek positif. Mereka membahas tentang tugas pekerjaan yang menarik, persekutuan diantara rekan kerja, kesempatan untuk maju, tunjangan yang besar dan sejenisnya.
Para manajer sebenarnya melakukan kesalahan dengan mengelakkan sisi negatif dari pekerjaan dan organisasi. Mereka sedang menempatkan diri untuk menerima kekecewaan atas pengunduran diri yang mendadak dan mengejutkan. Semua waktu untuk menelaah para pelamar dan melakukan wawancara menjadi sia-sia karena setelah beberapa minggu atau bulan karyawan tersebut berhenti mendadak.
Manajer harus cerdik menyiasati hal ini. Peninjauan pekerjaan secara realistis memberikan informasi menyenangkan dan tidak menyenangkan bagi para pelamar sebelum penawaran dilakukan. Tidak ada pekerjaan atau organisasi yang sempurna. Dengan demikian, kemungkinan mempertahankan karyawan baru lebih besar.
Bila informasi yang disampaikan kepada pelamar dilebih-lebihkan maka akan berdampak buruk pada organisasi. Pertama, pelamar yang salah penempatan mungkin menjadi tidak puas dengan pekerjaannya dan berhenti. Kedua, ketiadaan informasi negatif akan membangun harapan yang tidak jelas. Karyawan cenderung kacau dan kurang berkomitmen kepada organisasi jika menghadapi hambatan dalam pekerjaan.
Bukti menunjukkan, para pelamar yang diberi peninjauan realistis atas pekerjaan memegang harapan lebih rendah, mempunyai pengertian yang diperlukan dan siap menangani pekerjaan serta unsur-unsur yang membuat frustasi. Hasilnya adalah makin berkurangnya pengunduran diri karyawan yang tidak terduga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: