value and differentiation

1. Diferentiation

Secara mudahnya differensiasi ini mengubah kondisi perusahaan sehingga tercipta pembeda tersendiri dengan perusahaan lain walau sama dalam hasil produk, jenis pelayanan,sama desain yang ditawarkan baik promosi dan informasi.
Dalam menciptakan perbedaan penawaran kepada konsumen produk dapat didifferensiasikan melalui :

a. Differensiasi produk

Sebuah perusahaan dapat membedakan produk secara fisik , misalnya melalui keawetan, kehandalan, atau dapat diperbaiki dengan suku cadang yang tersedia.

b. Differensiasi Service

Perusahaan dapat membedakan service yang menyertai produk, misal pembelian barang elektronik dengan cepat tiba tujuan, nyaman dan ditambah service pemasangan dan pelatihan gratis.

c. Differensiasi Personil

Perbedaan yang diutarakan oleh perusahaan adalah sumberdaya yang akan berhubungan langsung dengan kosumen, dan sangat selektif dalam memilih SDM ini. Misal pramugari pesawat, Kereta Api Eksekutip, petugas bank, hotel, Sales Asuransi mereka sangat menerapkan sistem keramahan dalam melayani pelanggan.

d.Memilih Keunggulan bersaing yang tepat.

Perusahaan harus merancang merk dan berusaha menekankan citra yang membedakan dengan pesaing. Biasanya pembeda diposisikan dengan symbol, logo, dan lain-lain.

2. VALUE (NILAI) PEMASARAN

1. Brand

Prinsip dari penciptaan value terhadap produk yaitu dengan memberikanmerek atau logo sebagai aktualisasi citra produk merek suatu produk saat ini yang paling dibicarakan sebagai ukuran nilai gengsi, merek sebagai symbol kepercayaan atas produk yang memiliki merek terkenal, dan merek sebagai asset untuk terus melambung dalam meraih pilihan konsumen.

2. Service

Service merupakan jiwa dari perusahaan untuk terus menaikkan nilai dan memenangkan persaingan di masa depan. Misal :
McDonald memberikan pelayanan yang sama baik di Beijing, Hongkong, Disney Land, dan Jakarta semuanya sama ketika kita memilih menu, kebersihan tempat pelayanan, pelayan yang ramah, dan seluruh pelayanan yang kita terima. Adapun menu yang berbeda itu hanya syarat mengikuti cita rasa masyarakat juga merasa diakui.

3. Process

Proses penciptaan nilai di masyarakat adalah rangkaian setelah mampu memberikan perbedaan, pelayanan yang memuaskan akan mempermudah proses penciptaan kepada pelanggan. Proses dapat dilakukan melalui iklan, penawaran-penawaran produk di masyarakat. Karena proses yang telah bertahan sekian wakut akhirnya membentuk sebuah jati diri perusahaan yang mampu membuat citra perusahaan dikenal masyarakat luas.

posted by : Syafrizal Helmi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: