bisnis kaki lima

PENGERTIAN KAKILIMA

Menurut sejarah, kakilima berasal dari kebijakan Stanford Raffles pada masa penjajahan yang membuka kesempatan bagi kaum pribumi untuk berusaha di emperan atau trotoar yang lebarnya lima kaki. Dalam perjalananya, warung kakilima di tanah air memang banyak yang berawal dari emperan atau trotoar. Tak sedikit pula yang memulai dengan gerobak dorong beroda dua dengan satu penopang kayu ditambah dua kaki si empunya usaha. Kebanyakan usaha kakilima bergerak di bidang jasa makanan dan minuman. Yang akan kita bahas kali ini merupakan bisnis usaha kakilima yang bergerak di bidang makanan dan minuman.

KEUNGGULAN USAHA KAKILIMA
Ada beberapa nilai tambah dari usaha kakilima, yakni modal tidak terlalu besar. Keuntungan pun dapat menjadi dua kali lipat apabila berhasil. Keuntungan yang lain yakni tidak membutuhkan tempat yang besar. Bahkan dengan tidak menyewa tempat pun, usaha ini tetap dapat dijalankan. Yang penting lokasi usaha harus cukup dekat dengan daya beli dan dapat dijangkau oleh konsumen.

TANTANGAN USAHA KAKI LIMA
Ketekunan dan kreativitas menjadi tuntutan dari usaha kakilima. Karena begitu mudahnya konsep kakilima ini, sering kali pengusaha lupa bahwa kemasan produknya tidak dikerjakan secara kreatif. Selain dapat membuat produk kelihatan tidak menarik, kemasan yang kurang inovatif juga akan memudahkan orang lain untuk meniru. Jadi, walaupun usaha ini termasuk usaha yang sederhana, pengerjaannya tidak boleh dilakukan secara serampangan.
Pengusaha kakilima juga perlu menyiapkan “tabungan operasional” karena pertama kali usaha dijalankan tidak mungkin langsung mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi.kemungkinan keuntungan baru akan muncul setelah 2 atau 3 bulan. Jadi, para pengusaha perlu mengantisipasinya dengan menyediakan “tabunagn operasional” agar usahanya dapat tetap berjalan pada masa-masa perintisan usaha.

JENIS-JENIS BISNIS KAKILIMA YANG
PALING MENGUNTUNGKAN

Banyak jenis bisnis kakilima yang menguntungkan apabila di olah dengan tekun, entah yang bergerak di bidang makanan dan minuman ataupun yang di luar makanan dan minuman.
A. MAKANAN DAN MINUMAN
Pakar manajemen kerap merumuskan prinsip-prinsip pemasaran usaha dengan istilah 4P, yakni Product (produk), Price (harga), Place (tempat), dan Promotian (promosi).

1. PRODUK
Menu Unik dan Khas
Pengusaha kakilima harus membuat menu yang unik, menarik yang menonjolkan ciri khasnya dan membedakannya dari usaha kakilima yang lain.

Rasa yang Konsisten
Konsistensi menjadi salah satu kunci utama keberhasilan usaha. Konsisten yang dimaksud disini tentu dalam hal rasa. Pelanggan biasanya akan lari jika rasa yang digemarinya diganti. Jadi, jangan sampai mengubah komposisi bumbu atau bahan untuk makanan yang sudah memiliki banyak penggemar.

Pelayanan yang cepat
Pelayanan yang paling berperan walaupun tidak berwujud. Pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan tentu akan membuat pelanggan merasa senang dan puas sehingga mereka tidah hanya akan kembali, tetapi juga akan membawa beberapa konsumen lain yamng sangat prospektif menjadi pelanggan Anda.

2. HARGA
Harga Terjangkau
Salah satu ciri khas warung kakilima adalah harganya yang kakilima yakni terjangkau. Harga yang di patok tentu harus terjangkau bagi calon konsumen terutama untuk yang menengah ke bawah. Walaupun tidak tertutup kemungkinan suatu saat usaha ini dapat berkembang menjadi semi-modern nantinya, prinsip soal harga ini tetap harus dipertahankan.

Tidak Gampang Menaikkan Harga
Harga merupakan perkara yang sensitive bagi pelanggan. Oleh sebab itu, kenaikan harga usaha kakilima harus berjalan lambat agar tetap dapat mempertahankan pelanggannya.

Benchmarking dengan Warung Makan Modern
Agar yakin dengan penetapan harganya, pengusaha kakilima biasanya melakukan survei terhadap usaha sejenis. Dari survei tersebut, pengusaha dapat menentukan harga yang wajar, di bawah harga produk restoran pada umumnya.

3. TEMPAT
Dekat dengan Konsumen
Untuk usaha kakilima, tempat usaha yang paling menguntungkan adalah di pinggir jalan dan dekat dengan pusat keramaian.

Lalu-Lintas 24 Jam
Selain di pusat keramaian, adalah sangat baik apabila tempat usaha kakilima didirikan di area yang dilalui oleh kendaraan dan orang yang beraktivitas.

Parkir yang Mudah
Tempat parkir yang lega, mudah, dan leluasa menjadi persyaratan berikutnya. Tak jarang orang malas pergi ke suatu tempat jika sudah mengetahui keadaan parkirnya yang susah.

Suasana Informal dan Praktis
Suasana yang santai, informal, dan praktis akan sangat disukai oleh konsumen. Setiap orang dipersilakan untuk duduk di tempat yang disediakan dan mengambil serta memesan sendiri makanan yang diinginkan.

4. PROMOSI
Promosi dari Mulut ke Mulut
Promosi dengan cara ini merupakan cara yang paling efektif bagi perkembangan usaha. Jadi, usahakanlah agar semua konsumen yang datang di tempat Anda tidak merasa rugi sudah datang dan menikmati produk usaha Anda.

Metoda Jemput Bola
Alih-alih menunggu pelanggan datang ke warung Anda, akan sangat menguntungkan apabila Anda sebagai pemilik usaha juga menawarkan produk Anda ke kantor-kantor, kampus, atau teman-teman dalam komunitas Anda. Biarkan mereka merasakan dan menilai secara obyektif produk yang Anda tawarkan. Sebagai nilai tambah dari metode ini adalah bahwa mereka akan menjadi penilai yang jujur mengenai produk Anda.

Membangun Pelanggan yang Loyal
Inti dari semua usaha yang bisa Anda lakukan adalah munculnya pelanggan yang tetap. Adanya pelanggan yang loyal menandakan bahwa produk Anda dihargai dan memiliki nilai tambah dibandingkan usaha dan produk sejenis lainnya. Bahkan di mata kompetitor Anda akan dinilai sebagai pengusaha kakilima yang sukses.

Keempat hal di atas mutlak dibutuhkan saat Anda berniat mengembangkan bisnis kakilima di bidang makanan dan minuman. Banyak jenis makanan dan minuman yang dapat dijadikan produk usaha Anda seperti burger, pecel lele, mi ayam bakso, nasi goring, sate kambing, es buah, aneka gorengan.

diposkan oleh : Syafrizal Helmi

2 Responses to “bisnis kaki lima”

  1. saya sangat suka dengan usaha kakilima < dan apa yg disampaikan sangat tepat sekali< namun saya sering mendapatkan kesusahan dalam mendapatkan tempat jualan kaki lima atau semi kaki lima artinya sewa tempat bukan bangunan, untuk itu perlu informasi tempat, terimakasih

  2. saya sangat etuju dengan informasi tersebut, disini saya memerlukan info tempat jualan kaki lima atau semi kaki lima

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: