Perubahan

Perubahan adalah transformasi dari keadaan sekarang menuju keadaan yang diharapkan di masa yang akan datang, suatu keadaan yang lebih baik. Perubahan merupakan tanda dalam kehidupan yang selalu berlangsung secara tepat. Apabila tidak terjadi perubahan, maka akan terjadi kemandegan dan kehidupan tidak dapat berkembang.
Perubahan dalam skala yang sangat luas dikemukakan oleh Toffler (1980:23) yang menyatakan bahwa telah terjadi gelombang pertama sebagai revolusi pertanian, disusul dengan gelombang kedua berupa revolusi industri. Berikutnya diikuti gelombang ketiga yang dengan ragu-ragu dia namakan sebagai datangnya masyarakat super-industrial.
Selanjutnya Toffler mengatakan bahwa kia menghadapi sejumlah lompatan ke depan, menghadapi pergolakan, perombakan dan restruktusasi yang paling mendasar. Sejauh ini manusia telah mengalami dua gelombang besar perubahan, masing-masing secara besar-besaran melenyapkan budaya atau peradaban terdahulunya, dan menggantikannya dengan gaya dan cara hidup yang tidak dapat dibayangkan oleh mereka yang hidup sebelumnya.
Hussey (2002 : 1-4) mengemukakan bahwa perubahan merupakan salah satu aspek yang paling kritis untuk menajemen yang efektif.
Penanganan situasi perubahan yang buruk dapat membawa konsekuensi serius, termasuk : (1) timbulnya frustrasi dan bukan strategi yang baik, (2) biaya implementasi mungkin meningkat, (3) hilangnya manfaat yang diharapkan dan perubahan, (4) konsekuensi perubahan terhadap manusia dapat menjadi lebih besar, (5) motivasi dalam organisasi mungkin menurun karena orang merasa bingung dan kalang kabut, dan (6) resistensi terhadap perubahan ke depan meningkat karena orang merasa takut dengan memerhatikan perubahan yang sedang berjalan.
Oleh karena itu, perubahan perlu dikenal, dipahami, dikelola, dan bahkan diciptakan untuk meningkatkan kinerja dan mencapai tujuan yang diharapkan, baik oleh individu, kelompok, maupun organisasi. Sumber daya manusia perlu dipersiapkan untuk menerima dan menjalankan perubahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: