PRINSIP BISNIS ORANG CINA

Orang cina cenderung menggeluti perdagangan karena hal itu adalah car untuk meningkatkan status sosial dan kedudukannya dalam masyarakat. Ada beberapa faktor lain yang dominan dalam membentuk minat ,sikap, keterampilan, dan keberhasilan dagang orang cina. Di antaranya adalah lingkungan sekitar, persaingan ,kepercayaan,dan tuntutan hidup. Begitu juga dengan tekanan dan survival (harus mempertahankan hidup)juga turut memberikan kontribusi atas keberhasilan orang cina dalam kegiatan perdagangan dan bisnis.
Prinsip-prinsip selalu digunakan orang cina untuk menilai kewibawaan seorang pelanggan :
a. Agresif
Dalam kegiatan perdagangan,tidak ada konsep kompromi dan bertenggang rasa terutama jika berkenaan dengan kualitas barang,untung,dan rugi. Dalam kegiatan dagang ,pedagang harus tahu bagaimana membedakan antara urusan pribadi dan kegiatan perdagangan.
b. Jangan melepaskan peluang
Peluang hanya datang sekali dan tidask untuk kedua kalinya. Pedagang harus cepat bertindak. Orang suka bekerja cepat. Meereka tidak suka membuang-buang waktu. Apabila bekerja, mereka akan mencurahkan seluruh pikiran untuk menyukseskannya.

c. Berani Mengambil Resiko
Berani megambil resiko termasuk resiko gagal,rugi ataupun jatuhnya usaha dagangnya. Berdagang adalah suatu kegiatan yang penuh dengan resiko. Setiap kegiatan perdagangan perlu dulakukan dengan sungguh-sungguh,bukannya dilakukan secara sambil lalu. Orang yang berani harus berani mencoba,membuka dan memajukan kegiatan perdagangannya. Musuh utama para pedagang adalah takut bersaing, mencari bisnis baru, dan menghadapi kegagalan. Tanpa memahami prinsip berikut ini, pedagang akam kalah dan dikalahkan. Dengan memeganng pada prinsip ‘’biar kalah tetapi jangan gagal’’,pedagang pasti akan bangkit kembali.
d. Tahan Banting
Berdagang menuntut pengorbanan yang banyak, seperti waktu ,tenaga,uang dan sebagainya. Mengurus perdagangan memeerlukan orang yang mempunyai stmina yang kuat. Selain itu,mereka juga harus mempunyai mental dan jiwa yang kukuh untuk menghadapi bentuk tekanan apa pun . bagi orang cina untuk berhasilan , seseorang harus mengalami rasa akit ,kasusahan dan jugapenderitaan terlebih dahulu.
e. Jangan Menyerah pada Nasib
Orang cina percaya , hidup seumpama roda. Sebentar di atas dan adakalanya di bawah. Pedagang harus bersikap terbuka dan berlaku dada apabila berhadapan dengan situasi yang sulit. Dengan demikian barulah mereka bisa mencari jalan keluar atas masalah yang dihadapinya.
f. Semangat Berjuang
Pedagangan adalah fighter(petarung) dan survivor(punya cara untuk bertahan hidup). Mereka harus selalu bersamangat dengan apa yang dilakukannya. Sebagainya pejuang, pedagang harus senantiasa waspada dan berjaga –jaga dalam mengatur kegiatan perdagangan. Perdagangan ibarat perjuang yang menuntut pengorbanan. Keenam prinsip ini harus diterapkan perdagangan

3 Responses to “PRINSIP BISNIS ORANG CINA”

  1. dalam sebuah acara TVRI diterangkan ada lima prinsip mendasar teori dagang saudara kita yang dari negeri cina itu: pertama cinta, kedua benar, ketiga tanggungjawab, keempat cerdas, kelima kredibel. Ini tambahan saja. Yang jelas isi artikel anda, menambah wawasanku.

  2. Terimakasih ya, karana aku baru ni buku web tentang prinsip odagang orang cina.

  3. zaenal abidin Says:

    Sidiq, patonah, Tablig, Amanah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: