corporate value

Nilai-nilai korporat (corporate value) berkaitan erat dengan pemberdayaan karyawan dalam suatu perusahaan. Semakin kuat nilai korporat, maka semakin besar dorongan para karyawan untuk maju bersama dengan perusahaan.
Berdasarkan hal tersebut, pengenalan, penciptaan, dan pengembangan nilai-nilai korporet dalam suatu perusahaan mutlak diperlukan dalam rangka membangun perusahaan yang efektif dan efisien sesuai dengan visi dan misi yang hendak dicapai.
Apabila kita membahas corporate value, maka secara tidak langsung akan berhubungan dengan budaya organisasi (organizational culture).
Menurut Robert G.owens dalam bukunya organizational behavior in education mengemukakan definisi budaya menurut Terrence Deal dan Allan Kennedy sebagai berikut “culture is a system of shared values and benefit that interact with an organization’s people, organizational structures, and control system to produce behavioral norms”. Dengan kata lain budaya adalah suatu system pembagian nilai dan kepercayaan yang berinteraksi dengan orang dalam sutu organisasi, struktur organisasi, dan system control yang menghasilkan norma perilaku.
Nilai-nilai korporat sangat berkaitan dengan tujuan perusahaan, oleh karena itu para karyawan perlu memahami tujuan perusahaan tersebut. Sehingga akan terbentuk iklim perusahaan yang kondusif. Dampak dari nilai korporat yang membudaya di lingkungan organisasi akan memotivasi karyawan yang biasanya mereka akan berusaha secara maksimal untuk melaksanakan pekerjaan mereka dengan dedikasi dan semangat yang tinggi.
Corporate value adalah nilai-nilai dalam perusahaan yang dapat memotivasi karyawan guna mencapai tujuan perusahan. Corporate value dirumuskan oleh manajement tingkat atas dan dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan secara keseluruhan.
Nilai-nilai yang saling berinteraksi dalam perusahaan akan mengakibatkan terbentuknya budaya organisasi. Menurut Miller; Robert Kreitner dan A. Kinnicki beberapa nilai yang terkandung dalam budaya organisasi adalah :
• Konsep kepercayaan (keyakinan)
• Mengenai perilaku yang dikehendaki
• Keadaan yang amat penting
• Pedoman yang menyeleksi atau mengevaluasi kejadian dan perilaku
• Urutan dari yang relative penting
Beberapa perusahaan yang berhasil tidak terlepas dari corporate value yang ditanamkan

1. 1. Microsoft Company
Dibawah pimpinan Bill Gates, Microsoft berjaya dengan personal komputernya (PC) dapat menguasai dunia, yang mengkombinasikan tekhnologi yang sudah popular dengan aplikasi praktis dari pemikiran bisnis yang sangat brilian. Microsoft dapat menulis dan menjual program aplikasi yang sama sekali baru untuk digunakan dengan jendela alias Windows.
Produk seperti Word, sebuah program Word Proscessor, dan Spread Sheet Excel menjadi sama dominannya dengan MS-Dos dan Windows, menyerap sekitar 90% pasar system operasi (OS) unuk PC. Keberhasilan Microsoft merajai dunia informatika computer tidak luput dari corporate value yang tangguh serta berdedikasi tinggi.
Corporate value dari Microsoft ‘co yg di kenal dengan 5E adalah sebagai berikut :
• Enrichment (Pengayaan)
• Egalitarianism (Egalitarianisme)
• Emphasis on Performance (Penekanan pada kinerja)
• Email (Surat elektronik)
• Empowerment (Pelimpahan wewenang)

Microsoft membentuk corporate value-nya dengan cara memandang kedepan dan jiwa wirausaha. Mike Muray, direktur SDM dan ADM Microsoft, mengatakan Microsoft dibangun menyerupai kampus tempat karyawan memakai sesuka mereka, saling menyapa dengan nama panggilan, dan merasa bebas untuk mengutarakan pikiran mereka. Dampak dari corporate value ini terhadap karyawan Microsoft adalah tertanamnya sikap bekerja sangat giat untuk menghasilkan produk baru dan setiap karyawan di evaluasi setiap 6 bulan untuk menentukan kenaikan gaji dan bonus.Tidak ada perusahaan lain yang memiliki staf jutawan dan milyader sebanyak Microsoft.

2. IBM Company
Di bawah pimpinan Tom Watson Sr, para karyawan memiliki reputasi kesetiaan dan sangat termotivasi , karena adanya sejumlah consensus yang mengagumkan dalam menjalankan bisnis dan merupakan filosofi perusahaan berupa :
• Penghargaan atas martabat dan hak setiap pribadi dalam perusahaan
• Memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan di perusahaan maupun dunia
• Melaksanakan semua tugas dengan cara yang lebih unggul

IBM membentuk corporate value dengan cara rencana-rencana dikonsolidasikan keatas dan kemudian diturunkan kembali sebagai satu strategi global. Pada tahun 1962 Tom Watson Sr , digantikan oleh anaknya Tom Watson Jr. Dalam pidatonya di Colombia University, Watson Jr , menyatakan dampak dari corporate value terhadap karyawan bahwa filosofi dasar , semangat dan keinginan dari sebuah organisasi lebih banyak berpengaruh terhadap pencapaian prestasi relative , dibandingkan dengan sumber daya teknologi atau ekonomi , struktur organisasi , inovasi dan ketepatan waktu.

3. Wal-Mart
Wal-Mart merupakan sebuah perusahaan serba ada atau departemen store yang terkenal di Amerika Serikat. Dengan budayanya yang kuat antara lain menekankan kesederhanaan , kerja keras , dan dedikasi pendiri terhadap kepuasan pelanggan , kewiraswastaan , dan prilaku yang baik terhadap karyawan. Wal-Mart juga menekankan warisan pendirinya yang dikenal dengan corporate value yaitu tidak boros , produktif .
Proses tebentuk corporate value dari Wal-Mart cukup sederhana adalah dengan memanfaatkan teknologi yang dewasa ini cukup berkembang. Adapun dampaknya terhadap karyawan adalah tertanamnya nilai kewirausahaan pada setiap diri karyawan sehingga tercapai tujuan perusahaan dalam hal kepuasan pelanggan.

4. PT.Astra Honda Motor (AHM)
PT. Astra Honda Motor merupakan sinergi keunggulan teknologi dan jaringan pemasaran di Indonesia , sebuah pengembangan kerjasama antara Honda Motor Company Ltd, Jepang dan PT.Astra Internasional Tbk. Dengan keunggulan teknologi Honda motor yaitu mengembangkan teknologi yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan yaitu mesin ”bandel” dan irit bahan bakar sehingga menjadikan sebagai pelopor kendaraan roda dua yang ekonomis. Astra Internasional memiliki kemampuan yang komprehensif tentang kebutuhan para pemakai sepeda motor di Indonesia , berkat jaringan pemasaran dan pengalaman yang luas.
Nilai corporate value dari PT. Astra ini tertuang dalam visi dari perusahaan ini adalah memberi manfaat bagi masyarakat luas , menyediakan transportasi berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Proses terbentuk corporate value adalah dengan menjawab kebutuhan masyarakat akan kendaraan roda dua yang ekonomis , efisien dan terjangkau segala lapisan. Dampak terhadap karyawan adalah peningkatan kinerja karyawan secara keseluruhan sehingga mampu menjawab kebutuhan masyarakat.

5. Bank Mandiri
Bank Mandiri merupakan salah satu bank pemerintah yang cukup berkembang dewasa ini. Bank Mandiri yang merupakan konsolidasi dari beberapa bank swasta akibat terkena dampak likuidasi. Layanan perbankan yang ditawarkan oleh Bank Mandiri antara lain Anjungan Tunai Mandiri (ATM) , SMS Banking Mandiri , Internet Banking Mandiri , Call Mandiri. Adapun slogan yang digunakan untuk berbagai produk diatas adalah Layanan 24 jam Bank Mandiri. Lebih cepat , mudah dan nyaman.
Nilai corporate value dari Bank Mandiri ini teruang dalam visinya yaitu Bank Terpercaya Pilihan Anda. Hal itu diperkuat dalam misi dari Bank Mandiri yaitu:
• Mengutamakan kepentingan pasar
• Mengembangkan SDM professional
• Memberikan keuntungan yang maksimal sebagai stakeholder
• Melaksanakan manajemen terbuka
• Peduli terhadap masyarakat dan lingkungan
Proses terbentuk dari corporate value adalah dengan menjawab semua kebutuhan masyarakat akan layanan perbankan yang dapat dipercaya semua lapisan sesuai dengan visi yang disandang Bank Mandiri. Dampak dari adanya corporate value terhadap karyawan adalah peningkatan kinerja seluruh karyawan untuk dapat memberikan yang terbaik pada nasabahnya serta bertolok ukur pada Corporate Social Responsibility.

6. TELKOMSEL
Telkomsel adalah salah satu penyedia atau provider layanan GSM untuk telepon seluler di Indonesia. Sebagai salah satu provider perintis yang dewasa ini menjadi salah satu yang terpercaya di Indonesia , Telkomsel juga ingin menjadi bagian dari proses bisnis pelanggan corporasi dengan memberi solusi , masukan , ide pengembang bisnis pelanggan seta memberikan komitmen atas kualitas produk dan servis dari telkomsel. Dampak dari adanya corporate value diatas terhadap karyawan adalah peningkatan kinerja karyawan telkomsel supaya tetap dapat menjadi yang terbaik di Indonesia serta tetap menjadi kepercayaan masyarakat.

7. Jamsostek
Jamsostek dilandasi kemandirian dan harga diri untuk mengatasi resiko social ekonomi. Kemandirian tidak bergantung orang lain dalam membiayai perawatan pada waktu sakit kehidupan di hari tua maupun keluarganya bila meninggal dunia. Harga diri berarti jaminan tersebut diperoleh sebagai hak dan bukan dari belas kasihan orang lain. Corporate value dari Jamsostek adalah Pelindung Pekerja, Mitra Pengusaha . Proses terbentuk corporate value ini melalui proses gotong royong dimana yang muda membantu yang tua , yang sehat membantu yang sakit dan yang berpenghasilan tinggi membantu yang berpenghasilan rendah. Secara dampaknya terhadap karyawan adalah peningkatan kinerja karyawan sehingga dapat memberi yang terbaik untuk masyarakat.

8. Tata Group

Tata Group adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif . Tata Group merupakan salah satu perusahaan terbesar , bonafit di India. Perusahaan ini mempunyai motto yaitu “leadership with trust”.
Nilai-nilai atau corporate value yang dianut oleh perusahaan ini terdiri dari:
• Integritas
• Mudah mengerti
• Keberhasilan
• Kesatuan
• Bertanggung jawab

Proses terbentuk dari corporate value adalah
• Transition equation, change management was tht key to the smoothness with which CMC and VSNL
• Make way for the driver sahibas
• Holding hands across the world
• Enabling the disabled
• Friends in deed
• Tender is the adieu
Dampak terhadap karyawan adalah sangat mendukung synergy yng baik dalam lingkungan perusahaan dan mendukung globalisasi yang kompetitif dalam mencapai pertumbuhan dan keberhasilan perusahaan.

9. PT. PELNI
PT. PELNI adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran Indonesia. Perusahaan ini memiliki nilai perusahaan/ pedoman yang disebut dengan “TIGA PRIMA” nilai tersebut menjadi nilai budaya bagi perusahaan tersebut. Nilai-nilai tersebut adalah :
1. Prima dalam Layanan
Insan PELNI wajib memberikan layanan prima kepada setiap pengguna jasa, karena PELNI bergerak di bidang jasa. Oleh karena itu yang perlu ditingkatkan kualitasnya oleh pihak PELNI adalah bentuk pelayanan mereka kepada masyarakat yang menggunakan jasa mereka, sehingga PELNI bersaing dengan mengedepankan kualitas pelayanannya.
2. Prima dalam Sikap
Insan PELNI menjunjung tinggi keunggulan (excellence) dalam segala hal yang diperbuat atau dikerjakan. Oleh karena itu sikap yang mencerminkan kepribadian perusahaan akan dibina dan ditanamkan oleh perusahaan tersebut, sehingga masyarakat akan dapat menilai kinerja dan nilai perusahaan melaui sikap tenaga kerja dalam menghadapi masyarakat luas, baik dalam tindakan, perkataan, serta kesopanan.
3. Prima dalam Kreativitas
Insan PELNI menghargai kreativitas dan inovasi dalam bekerja dan mengembangkan usaha. Sehingga perusahaan ini dituntut untuk mampu berpikir kritis dan kreatif, sehingga dapat menimbulkan suatu inovasi yang memakai ide-ide kretif tersebut ataupun dapat memodifikasi bentuk pelayanan yang ada dengan memaki ide-ide yang kreatif, yang membawa dampak pada kemajuan dalam tingkat kinerja perusahaan.
Ketiga pedoman PT.PELNI tersebut menjadi pegangan dasar bagi perusahaan itu untuk meningkatkan kinerja mereka,namun hal tersebut tidak terlepas dari bantuan sumber tenaga kerja. Oleh karena itu ketiga pedoman nilai itu juga dapat memotivasi kinerja tenaga kerja perusahaan tersebut dengan cara :
1. dengan adanya pedoman itu, maka para tenaga kerja itu berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik yang bisa diberikannya, sehingga dapat membawa nama baik perusahaan
2. kepribadian tenaga kerja sangat berperan penting bagi kelangsungan perusahaan, sebab segala sesautu yang diperbuat oleh tenaga kerja akan mendapat sorotan/ perhatian dari berbagai pihak. Sehingga sikap yang baik dalam perusahaan akan diperhatikan pula oleh atasan ataupun rekan sekerja yang berdampak pada dirinya yng akan menjadi pedoman bagi orang lain untuk bersikap
3. perusahaan akan sangat menghargai kreativitas ataupun inovasi yang dimiliki oleh tenaga kerja, biasanya perusahaan yang besar akan memberikan insentif/ bonus bagi tenaga kerja yang dapat memberikan ide-ide kreatif bagi kemajuan perusahaannya
10. GE
General Electric, menurut survey majalah Fortune merupakan sebuah kelompok usaha yang paling dikagumi, menguntungkan dan kompetitif di muka bumi. Kebesaran GE tidak bias dilepaskan dari sosok yang hampir menjadi sebuah legenda, John F. Welch. (Jack Welch).
Di awal tahun 2000, Jack yang merupakan chairman dan CEO GE memperkenalkan kumpulan nilai-nilai GE yang baru yaitu “Values 2000” yang intinya adalah “komitmen pada pelanggan” (total commitment / focus) :
• Senantiasa teguh memegang integritas
• Dengan penuh gairah memacu sukses pelanggan
• Menghayati dan menjalankan pedoman ‘6 sigma quality’…jadikan pelanggan sebagai orang pertama yang menikmati hasilnya…dan juga untuk memacu pertumbuhan.
• Mengejar keuntungan dan tidak mentolerir birokrasi
• Bekerja tanpa batas (boundarylless)…selalu mencari dan menerapkan gagasan terbaik darimanapun sumbernya.
• Menghargai modal intelektual dari seluruh dunia dan orang-orang yang ada dibelakangnya…menbangun tim yang majemuk untuk memaksimalkan kerja.
• Melihat perubahan sebagai peluang untuk tumbuh…misalnya e business
• Menetapkan visi yang jelas, sederhana dan berfokus pada pelanggan dan terus-menerus memperbaharui pelaksanaannya
• Menciptakan lingkungan yang mendorong rentangan jangkauan atau sasaran atau stretch.
• Menunjukkan senantiasa dengan semangat demi pelanggan…integritas

Diposting oleh : Syafrizal Helmi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: