Rapat Tikus

Konon di suatu negara antah berantah seluruh tikus berkumpul untuk rapat membahas dan mencetuskan suatu strategi jitu agar mereka tidak dimangsa atau bebas dari intaian kucing. Selama ini populasi tikus sudah berkurang karena kebanyakan dari mereka dimangsa dan dimakan oleh kucing. Mereka membahas strategi dan jalan keluar. Seluruh anggota mengeluarkan usulan. Ada yang mengusulkan agar mereka selalu berkumpul di suatu tempat yang jauh dari jangkauan kucing, ada yang mengusulkan agar mereka saling memberi informasi dengan cepat satu sama lain. Pada akhir rapat diambil suatu kesimpulan atau strategi dalam rapat yaitu membuat suatu cara agar mereka dapat mengetahui informasi kucing sedini mungkin sehingga mereka dapat menghindar dan melarikan diri. Cara yang ditempuh dalam hal ini adalah memberi kalung khusus kepada setiap kucing, yang dapat menimbulkan bunyi apabila kucing tersebut bergerak/jalan. Kalungnya berisi metal yang bisa berdering (semacam mainan anak-anak). Peserta rapat sepakat untuk strategi tersebut. Setelah semuanya setuju, seekor tikus yang mencoba masuk ke tarap implementasi, bertanya, “Siapa yang akan mengalungkan benda tersebut kepada kucing..?” Semua peserta diam, dan rapat pun bubar.

Ada dua hal yang dapat disimpulkan dari cerita di atas, yaitu:

• Faktor pelaku merupakan hal yang penting dalam merumuskan/implementasi strategi. Jangan pakai asumsi dalam menentukan pelaku, karena kita bisa melihat, mendata, mengkomunikasikan dengan para pelaku tersebut.

• Penentuan strategi harus memperhitungkan kesanggupan personil dalam organisasi (maupun calon yang tersedia baik di dalam maupun di luar).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: