memulai bisnis tanpa uang tunai

Ada beberapa langkah yang bisa diambil bila akan memulai bisnis tanpa uang tunai.

Pertama, menjadi ‘makelar’. Kerja makelar atau lebih tepatnya “perantara” adalah menjadi penghubung antara penjual dan pembeli. Contoh dari teknik ini adalah makelar motor, rumah atau lainnya. Syarat utama yang harus dimiliki adalah memahami barang yang menjadi objek jual beli tersebut.

Kedua, menggunakan sistem bagi hasil. Pada sistem ini kita mengandalkan kuatnya relasi dan kepercayaan. Biasanya, bisnis model ini diawali dari pertemanan atau hubungan baik. Berapa bagi hasil yang harus dilakukan tergantung pada kesepakatan. Biasanya fifty-fifty. Bentuk usaha bisa diwujudkan dalam berbagai hal, usaha warung makan, kios, photocopy, dan lain sebagainya.

Ketiga, meminjam dengan sistem menggaji. Model ini hampir mirip dengan model bisnis kedua. Lagi-lagi pertemanan dan hubungan baik memegang peran penting. Relasi meminjamkan modal dalam jumlah tertentu. Setiap bulan kita menggaji sesuai dengan kesepakatan. Biasanya, 7-8 % setiap bulan. Dan dalam tempo yang sudah ditentukan, modal yang dipinjamkan itu dikembalikan sepenuhnya pada relasi.

Keempat, pembayaran di muka. Kita bisa juga membuat usaha dengan cara konsumen melakukan pembayaran di muka. Dalam hal ini, kita bisa mencari bisnis dimana konsumen yang menjadi sasaran bisnis kita itu mau membayar atau mengeluarkan uang lebih dulu sebelum proses bisnis, baik jasa maupun produk, itu terjadi. Misalnya bisa dilakukan pada bisnis jasa, seperti industri jasa pendidikan. Di mana, siswa diwajibkan membayar dulu di depan sebelum proses pendidikan itu terjadi.

Kelima, sistem barter, contohnya, kita bisa melakukan dengan sistem barter dengan pemasok, dan kita pun jika memiliki keahlian tertentu, mengapa tidak saja menjadi seseorang konsultasi.

Keenam, mengambil produk dulu. Selain itu, bisa saja dengan cara kita mengambil dulu produk yang akan diperdagangkan lebih dulu, hanya untuk pembayarannya bisa kita lakukan setelah produk tersebut terjual pada konsumen. Tentu, masih banyak cara lain untuk kita memulai bisnis tanpa uang tunai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: