Lokasi Bagus, tetapi bisnis Tidak Laku

Nah, bagi yang punya tempat bisnis yang strategis, tetapi kurang laku, Anda perlu mengevaluasi dari sisi pelayanan maupun kualitas produk yang Anda jual. Kelemahan-kelemahan umum yang membuat pembeli tidak mau membeli lagi di antaranya sebagai berikut:

1. Pelayan sedang terkantuk-kantuk ketika pembeli datang. Bahkan, kadang-kadang saat pembeli datang, pelayan atau pemilik sedang kebelakang dan tidak ada penggantinya.

2. Pelayan melayani pembeli sambil makan. Biasanya ini terjadi pada jam makan siang. Siapa pun pasti tidak suka masuk ke toko yang pelayannya sedang makan siang, meskipun pelayan tersebut bilang “maaf ya saya sambil makan.”

3. Ketika pembeli ramai, pelayan tidak melayani pembeli sesuai urutam pembeli yang datang.

4. Pelayan tidak ramah. Di toko tradisional, beberapa kali saya ditemui seorang pelayan toko yang judes. Ketika barang yang ia jual saya tawar, ia bilang dengan nada tidak ramah,”tidak bisa pak, kalau tidak mau ya sudah.”

5. Pelayan tidak tahu harga. Setiap ada pertanyaan pembeli, pelayan bertanya dulu ke pimpinannya.

6. Pelayan juga tidak dapat memutuskan apa-apa jika ada pembeli menawar yang harga. Hampir setiap ada pertanyaan pembeli, langsung diteruskan ke pemilik

7. Lokasi strategis, tapi tidak ada tempat parkir.

8. Harga tidak bersaing, ini berlaku khususnya untuk produk-produk seperti sembako atau produk lain yang sasaran konsumennya sensitif terhadap perbedaan harga.

9. Tidak ada program promosi melalui bonus pembelian atau undian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: