The world is Flat

T

he World is Flat, Dunia ini Datar ujar Thomas L Friedman peraih tiga kali penghargaan Pulitzer Prize. Apa yang mendasari Friedman mengatakan dunia ini datar? Menurutnya ada tiga tanda utama yang menggerakkan tujuh tanda lainnya sehingga terobosan yang membuat dunia menjadi sangat datar.  Pertama, keruntuhan Tembok Berlin pada 9 November 1989 yang juga simbol keruntuhan sebuah ketertutupan manusia untuk berhubungan dengan sesamanya sehinggal transformasi dunia yang terbuka lebar tanpa batasan.  Kedua, keruntuhan tembok informasi berkat hadirnya Netscape sebagai perusahaan publik pada 9 Agustus 1995. Netscape membobol tembok informasi, yang bak senjata ampuh, menjadikan informasi bagi semua. Internet menjadi kebutuhan dan informasi menjadi sebuah keharusan bagai udara yang tidak perlu membayar. Ketiga, hadirnya konsep workflow yang mampu membuat orang bekerja sama tanpa dibatasi jarak dan waktu . Ketiga flattener ini, menjadi dasar tujuh  flattener lain,  seperti open-sourcing, outsourcing, offshoring, supply-chaining, insourcing, in-forming, dan the steroids, membentuk sebuah dunia yang benar-benar sangat flat, di mana hierarki dan birokrasi menjadi sangat sempit.

Selain itu ia membagi globalisasi dalam 3 tahapan yakni globalisasi 1.0 yang mengandalkan daya saing negara. Globalisasi 2.0 yang mengunggulkan daya saing perusahaan dan globalisasi 3.0 yang sangat menekankan daya saing individu untuk muncul sebagai pemenang dalam persaingan di dunia yang datar. Segitiga keunggulan daya saing negara, perusahaan, dan individu, kini mengerucut pada titik pokok kemampuan unggul individu.

Dalam dunia yang serba cepat dan penuh kompetisi dibutuhkan perusahaan yang mampu menampung dan menyaring informasi sebanyak mungkin. Kekuatan bisnis saat ini sangat bergantung pada informasi yang dapat diolah menjadi keunggulan kompetitif bagi dirinya.Artinya Sistem informasi dan teknologi telah menjadi komponen yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis dan organisasi. Teknologi informasi dapat membantu segala jenis bisnis dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis, pengambilan keputusan manajerial dan kerjasama kelompok kerja hingga menjadi keunggulan kompetitif dalam pasar yang terus berubah.  silahkan lihat file presentasi buku ini the-world-is-flat2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: