Komik dan Budaya baca

Kita biasanya selalu mengangap bahwa baca komik tidaklah berguna, buang-buang waktu dan jauh dari kesan intelektual. Tidak salah sih jika dosis bacanya kelewatan, tapi dalam batas wajar, membaca komik banyak memberikan manfaat positif. Kok bisa ?

Saya jadi teringat waktu kecil, orang tua saya selalu membelikan majalah bobo dan beliau juga punya koleksi komik lagi seperti musang berjanggut, Spartan dan lainnya (semua masih ejaan lama). Koleksi ini saya temukan ketika mudik di kampung ( tersimpan rapi dalam kotak). Disinilah awal perkenalan saya dengan komik. Komik-komik yang ada saya baca seluruhnya. Saya mulai hobi membaca komik.

Sepulangnya dari kampung, saya sering dibelikan majalah komik seperti Bobo dan Deni manusia ikan. Kebetulan di dekat rumah saya ada tempay penyewaaan komik. Saya masih ingat waktu itu masih SMP, saya menjadi langganan tetapnya, banyak sekali serial yang saya sewa waktu itu seperti serial si buta dari gua hantu, jaka gledek, si tolol, pendekar ulat sutra, dan berbagai macam lainnya. Bagi yang pernah membaca judul yang saya baca ini adalah legenda komik indonesia. Tak terasa hampir semua judul sudah saya baca. Akhirnya jenis bacaaan saya bergeser dari komik bergambar ke komik tulisan. Waktu itu yang terkenal adalah pendekar 212 wiro sableng (sayangnya seri ini tidak selesai karena pengarangnya bastian tito meninggal), disamping itu banyak juga serial seperti pendekar naga putih, dewa mabuk, pendekar rajawali sakti, pendekar hina kelana dsb. Hampir semua judul yang ada disana telah saya baca.

Di SMA saya punya teman yang banyak mengoleksi serial ”kho ping ho”. Saya mulai berkenalan dengan serial ini. Ketika kuliah serial ini menjadi bacaan wajib saya. Hampir semua serial karangan khopingho ini saya baca. Efek baiknya Saya jadi punya hobi baca. Sewaktu masuk kuliah di ekonomi USU, energi membaca ini saya ganti dengan membaca buku teks kuliah. Awalnya berat sih, tapi dengan tekad yang kuat, perlahan-lahan ”hobi membaca” ini ternyata sangat menolong saya.

Komik dan pembentukan karakter.

Komik yang saya sebutkan diatas hampir semuanya tidak beredar lagi sekarang. Sekarang kalau anda jalan-jalan di toko buku yang banyak beredar adalah serial komik jepang terbitan group Gramedia. Saya juga tertarik membaca komik jenis ini. Hampir semua komik yang ada tema sentralnya selalu menarik dan memotivasi yakni mengajarkan ” sikap pantang menyerah”, kerja keras, persahabatan dan tidak sombong. Menolong yang lemah dan melawan kejahatan”.

Semua karakter ini kalau kita resapi akan membentuk karakter kita. Saya membayangkan apa sih hubungan jepang sebagai negara maju dan budaya membaca komik. Hampir komik yang beredar disini terbitan (alihbahasa) dari jepang.

Kalau punya waktu anda bisa melihat komik-komik yang beredar saat ini, ternyata para komikus ini memberikan pengajaran dan pembentukan karakter lewat komik (walaupun tidak semua). Misalnya serial ”kunimitsu” yang bercerita bagaimana seorang anak muda yang ingin mengubah politik jepang yang pejabatnya banyak korup dan menghamburkan uang rakyat ( ternyata gak di negara kiata aja ya), komik ini bisa jadi pembelajaran politik bagi anak muda yang mengajarkan tentang idealisme. atau serial ”god hand teru” yang bercerita tentang dokter dan rumah sakit yang idealis yang menolong pasien tanpa peduli statusnya. (apa ada ya ditempat kita?). ditengah komersialisasi kesehatan dan carut-marutnya politik,bacaan ini menjadi bacaan alternatif yang segar (bukan mau promosi). Mungkin banyak lagi serial komik yang sangat menarik seperti chin mi ”kungfu boy”. Wajar saja industri komik diJepang sangat maju.

Jadi jangan sia-sia kan kemampuan membaca anda. Ubah image negatif buruk membaca komik menjadi energi positip hoby membaca. bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: