Strategic Entrepreneurship

Saat ini perubahan dalam dunia bisnis terjadi begitu cepat, hal ini dipicu oleh ledakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Produsen terus berlomba-lomba untuk menyenangkan konsumennya melalui terobosan baru, inovasi-inovasi, dan berbagai kemudahan lainnya, pendeknya consumen is not the king , but beyond the king. Akibatnya siklus umur produk juga semakin pendek bahkan tak jarang produsen melakukan  pembunuhan terhadap produk sendiri (product obscelence) yang penting usahanya /bisnisnya tetap menjadi leader bagi produk sejenis. Kondisi ini menyebabkan tingkat persaingan menjadi semakin ketat. Tiap perusahaan ingin tetap hidup (survive), berkembang dan mencapai tujuannya. Untuk dapat maju dan tumbuh tiap  perusahaan harus mampu bersaing. Oleh karena itu perusahaan mesti mempunyai strategi bersaing.  Persaingan tidak dapat dihindari, oleh karena itu mesti dihadapi. Di samping harus bersaing dengan perusahaan sejenis dan pemain lama, perusahaan juga harus menghadapi para pemain dan pendatang baru (new entrant), serta serbuan barang substitusi. Masih segar dibenak sebelum tahun 1998, pasar industri sepeda motor dikuasai oleh beberapa pemain saja, seperti Honda, Yamaha, Suzuki , Kawasaki dan Vespa. Namun sekarang ini, dengan masuknya pendatang baru dari Korea maupun Cina, maka jumlah merk sepeda motor menjadi sulit untuk dihapal, karena saking banyaknya. Demikian pula halnya dengan bisnis minuman dalam kemasan, Aqua menjadi merk generic, disusul dengan munculnya banyak merk lain yang mirip dengan Aqua.          Salah cara untuk mengantisipasi hal tersebut adalah dengan melakukan perencanaan stratejik yang matang, yakni melakukan  aktivitas formulasi rencana jangka panjang bagi efektivitas pengelolaan peluang (opportunity) dan  tantangan lingkungan bisnis  sesuai dengan kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) , pendeknya adalah bagaimana suatu perusahaan mampu memprediksi,  mengantisipasi dan memanage masa depan yang turbulence and uncertainty.            Setidaknya ada 4 langkah  agar proses perencanaan stratejik yang dilakukan bisa berhasil.1.       Diagnosing the  organization. Pepatah Suntzu mengatakan bila kita dapat mengenali kekuatan dan kelemahan lawan niscaya peperangan akan kita menangkan.  Melakukan analisis SWOT berarti kita  bisa menentukan posisi perusahan,  apakah posisi bisnis kita leader atau follower.  2.       Analysing the industri.  menganalisa dampak industri terhadap pengembangan usaha . Porter mencatat banyak entrepreneur yang mengangap bahwa industri yang menarik adalah yang berkembang pesat atau menggunakan teknologi baru. Hal ini tentu saja keliru,  sesuai dengan hukum ekonomi semakin banyak pesaing tentu saja kemungkinan profit akan semakin kecil.3.       Creating a Vision. cara pandang jauh ke depan kemana perusahaan  harus dibawa agar dapat eksis, antisipatif, dan inovatif. Visi yang baik setidaknya memenuhi tiga syarat utama yang tidak boleh tertinggal satupun. Pertama, harus berorientasi pada kegiatan. Kedua, harus terukur (measurable). Dan ketiga, harus mampu mengubah basis kompetisi. 4.       Developing strategies. memformulasikan strategi perusahan baik jangka panjang dan jangka pendek (tujuan, sasaran , kebijakan dan prioritas program). Menurut Higgins and Vinece  dalam setiap perusahaan ada tiga tingkatan strategi yakni Coorporate strategy, Business strategy, and Financial strategy”.  Entrepreneur dan inovasi           Schumpeter melihat entrepreneur adalah sebuah proses “destruktif yang kreatif” , dimana produk-produk  atau metode produksi yang sudah ada dihancurkan dan diganti dengan yang baru. Oleh karena itu entrepreneuship berkaitan dengan penemuan, pendayagunaan peluang-peluang yang menguntungkan. Dengan kata lain fungsi spesifik dari entreprenur adalah inovasi. Inovasi berarti penciptaan nilai sebagai sumber keunggulan kompetitif. Tanpa inovasi cara/metode baru tidak akan pernah ditemukan.  Melalui inovasi, para entrepreneur akan terus melakukan ekspansi  memperluas daerah pemasaran, menambah jumlah pelanggan meningkatkan penjualan dan laba . Dalam perspektif strategic management , research and development (R&D) adalah bentuk lain dari inovasi.  Kenyataan ini diterima secara luas oleh perusahaan di Jepang, walaupun perekonomian menurun namun divisi R&D tidak akan pernah berhenti. Hal inilah yang menyebabkan Jepang menjadi salah satu pemain kunci dalam bidang pengembangan produk yang berbasiskan teknology.  Perusahaan –perusahaan terbaik di dunia saat ini seperti, Samsung Electronic , Sony, Xerox, Hewlet Packard, General Electric adalah perusahaan yang terus-menerus berkomitmen untuk memberikan solusi inovatif  bagi masalah-masalah pelanggan. Hal inilah yang menjadikan mereka terus mengembangkan riset demi keunggulan kompetitifnya Strategic entrepreneurship Sayangnya masih banyak yang menganggap bahwa perencanaan strategis hanya bisa dilakukan oleh perusahaan besar. Sebenarnya ini tidak terlalu benar, sebab perusahaan kecil juga dapat melakukan perencanaan strategic. karena kunci sukses suatu perusahaan tergantung pada kemampuan entrepreneur mengadakan adaptasi yang tepat terhadap lingkungan yang kompleks dan selalu berubah-ubah sehingga diperlukan suatu kerangka pengembangan strategi. Dalam pengembangan strategi ini setiap entrepreneur perlu menganalisis faktor- faktor apa saja yang berpengaruh terhadap kinerjanya agar dapat digunakan sebagai pedoman strategi pengembangan industri. Porter menyatakan ada lima hal yang harus dikenali dan diperhitungkan dalam menentukan intensitas persaingan dan kemampulabaan dalam industri. yaitu : (1) ancaman dari para pendatang baru, (2) faktor pemasok, (3) faktor pembeli, (4) faktor produk substitusi, dan (5) faktor persaingan. Kekuatan yang paling besar akan menentukan dan menjadi sangat penting dari sudut pandang perumusan strategi          Oleh karena itu, seorang entrepreneur harus bisa menunjukkan atau menggali keunggulan-keunggulan strategis yang dimilikinya agar mempunyai inovasi untuk menghadapai persaingan sehingga keberhasilan yang menjadi tujuan perusahaan                                                               

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: