SKB ( bagian 3) aspek Industri, Pasar dan Pemasaran

           Aspek Industri

Setiap perusahaan dipastikan berada dalam satu struktur industri persaingan yang memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan industri lainnya, terkecuali kalau perusahaan tersebut memang melakukan monopoli sehingga hanya ada satu perusahaan dalam satu industri.

Sebagai titik awal setelah penemuan akan ide, maka kita wajib menentukan visi dan misi dari produk atau perusahaan kita ini, karena hal ini yang nantinya membedakan usaha atau produk kita dengan kompetitor terdekat kita.

Penentuan visi dan misi yang jelas dan tepat, akan menentukan posisi kompetisi kita di industri persaingan dan membedakan barang atau jasa yang kita tawarkan dengan pesaing terdekat. Bila didalam barang dan jasa kita terdapat sebuah jiwa visi dan misi kita, maka setiap produk atau jasa kita akan dengan mudah dikenali dan dibeli oleh konsumen.

Penentuan stategi usaha dan bisnis model menjadi penting, karena hal ini akan menentukan semua aspek studi kelayakan usahan selanjutnya, jika salah penentuan maka kita akan tejebak dalam analisa yang keliru juga.

  1. Persaingan Industri

Agar tidak terjebak dalam kompetisi yang ada maka kita wajib untuk menentukan posisi pasar kita.

  1. Kekuatan dan Penawaran Pembeli

Setelah mengetahui mengenai struktur persaingan yang telah ada, maka tahapan berikutnya adalah mengganalisa bagaimana kekuatan dan penawaran pembeli. Jika pada industri, yang mana pembeli mempunyai kekuatan yang menentukan pilihan dan industri yang sanggat kompetitif dan efesien, dimana diperisisasi produk sanggat kecil perbedaanya dan pembeli dengan mudah menggantikan suplayer dari yang satu ke yang lainnya, maka perusahaan baru yang akan masuk perlu mempertimbangkan dengan sanggat matang. Sebaliknya untuk industri yang kekuatan pembeli masih lemah, maka secara tidak langsung kekuatan penjual masih kuat, dan memunggkinnkan keuntungan yang didapatkan lebih tinggi, sehingga industri ini memunggkinkan untuk dimasuki.

 

  1. Bentuk Barang Subsitusi

Di samping persainggan industri dan kekuatan pembeli, maka selanjutnya adalah barang subsitusi yang ada untuk produk yang akan ditawarkan, dan bagaimana stategi dan kompetisi dari barang subsitusi yang ada termasuk bauran pemasarannya. Kita menggenal adanya Ipot yang mana bentuknya jauh lebih kecil dan juga data pemuatan lagu yang banyak. Setelah munculnya Ipot maka banyak juga perusahaan pembuat alat telekomunikasi seperti Handphone juga memberikan vitur untuk memutar lagu.

Selain produk, penjualan jasa juga ada yang subsitusi, kita jika membeli voucer handphone prabayar kita bisanya bisa membeli di kios telekomunikasi atau wartel. Akan tetapi pada saat ini beberapa bank juga menawarkan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sebagai salah satu tempat pembelian voucer handphone.

  1. Kekuatan Suplayer

Selanjutnya bagaimana dengan kekuatan suplayer bahan baku, apakah ada perusahaan yang sebenarnya telah terjadi integrasi vertikal, sehingga perusahaan lain yang masuk sebenarnya sanggat tergantung pada suplayer yang monopoli atau oligopoli.

  1. Kemampuan Pesaing Baru Untuk Masuk

Selain keempat hal tersebut diatas, selanjutnya perlu dipertimbangkan akan hambatan dalam industri untuk jangka pendek, menenggah dan panjang. Jika dalam janggak pendek, industri ini sanggat tidak mudah dimasuki, maka kompetisi akan sedikit, sehingga profitabilitas akan mengguntungkan.

Sebelum kita memutuskan untuk masuk dalam industri seperti apa, maka kita perlu menentukan terlebih dahulu menggenai bisnis model atau model usaha yang akan dijalankan. Dalam hal ini termaksud penentuan misi dan visi dari usaha kita. Visi dan misi produk atau usaha, harus jelas dan harus bisa diturunkan kepada seluruh jajaran manajemen dan karyawan. Jika visi dan misi tidak jelas, maka perjalanan perusahaan akan menggalami kebinggunggan kompetisi dan posisi didalam industri, sehinggta kita akan kehilanggan arah persainggan dan mejadi tidak fokus pada produk apa yang sebenarnya kita jual

 

Aspek Pasar

  1. Penggertian Pasar

Pasar merupakan tempat berkumpul para penjual yang menawarkan barang ataupun jasa kepada para pembeli yang mempunyai keingginan dan kemampuan untuk memiliki barang atau jasa tersebut hingga terjadinnya kesepakatan transaksi atau transfer atas kepemilikan barang atau kenikmatan jasa.

 

  1. Permintaan dan Penawaran

Permintaan disini merupakan perkiraan akan kemunggkinan kebutuhan konsumen yang bisa kita penuhi dengan produk kita. Penawaran merupakan jumlah produk yang akan kita tawarkan kepada pasar berdasarkan kemampuan produk kita, perkiraan akan permintaan dan penawaran sanggat diperlukan terutama akurasinnya, jika permintaan melebi penawaran, maka konsumen aka kecewa dan berdampak jelek pada proses berikutnya. Sebaliknya juka penawaran melebihi permintaan, juga akan tidak baik, karena kerugiian financial akan muncul, karena barang akan menjadi bertumpuk dan tidak laku, akhirnya kiyta harus meberikan discount atau harus dibuang jika barangnnya telah kadarluasa.

Permintaan barang dan penawaran produk akan ditentukan oleh hal-hal sebagai berikut:

  1. Nilai produk yang diberikan kepada konsumen

Setiap produk harusnya memberikan satu nilai kepuasan kepada konsumen yang memakainnya atau menikmatinya.

  1. Harga yang dikenai kepada konsumen

Harga ini akan dihubungkan dengan nilai kepuasan yang dinikmati, semakin tinggi nilai kepuasan maka meninggkat pula kesedian konsumen untuk membelu dengan harga lebih.

  1. Harga produk sejenis maupun subsitusi

Sebuah produk bisa dihargai lebih kalau produk tersebut memberikan nilai lebih dibandingkan produk sejenis maupun produk subsitusinya.

  1. Kualitas produk yang ditawarkan

Kualitas produk yang ditawarkan akan mempernggaruhi juga hargannya dan permintaan. Harga rendah dengan kualitas rendah bisa laku diminati oleh konsumen yang memang memerlukan produk tersebut. Sebaliknya jika harga tinggi dan kualitas super maka permintaan akan juga meninggkat.

  1. Teknologi yang dipergunakan

Untuk beberapa jenis produk, teknologi memegang peranan penting, maka teknologi yang dipakai akan sanggat mempenggaruhi biaya produksi, dengan biaya produksi yang tinggi, amak harga penjualan akan tinggi. Akibatnya permintaan dan penawaran akan ikut terpenggaruhi juga.

 

  1. Bentuk Pasar

Untuk katagori pasar, bisa dibagi kedalam dua katagori yakni katagori pasar produsen dan pasar konsumen.

Pasar produsen dikatagorikan sebagai berikut:

  1. Pasar Persaingan Sempurna
  2. Pasar Monopoli
  3. Pasar Ogopoli
  4. Pasar Persaingan Monopolistik

Dari segi konsumen, maka pasdar bisa digolongkan ke dalam beberapa pasar konsumen sebagai berikut ini:

  1. Pasar Konsumen
  2. Pasar Industri
  3. Pasar Penjual Kembali
  4. Pasar Pemerintah

 

  1. Meramal Permintaan
    1. Mengukur permintaan dan penawaran pasar saat ini.

Sebelum melakukan suatu usaha, kita perlu mempelajari permintaan dan penawaran pasar saat ini. Bagaimana dengan kondisi pasar saat ini, apakah over supply atau under supply. Salah satu cara paling memudahkan melihat permintaan penawaran saat ini adalah melihat sales turnover daripada produknya.

  1. Meramal permintaan mendatang

Untuk memulai peramalan permintaan, kita perlu melakukan penelitian dengan

  1. Sumber dari internal
  2. Sumber dari eksternal
    1. Sumber konsumen sendiri

 

Aspek Pemasaran

  1. Proposisi Nilai Produk atau Jasa di Pasar

Kita perlu menentukan proposisi nilai (value proposition) produk atau jasa pesaing kita di pasar, melalui:

  1. Segmentasi

Kita perlu menentukan dengan jelas segmentasi dipasar, segmen seperti apa yang ada dan yang akan kita masuki. Beberapa jenis segmentasi, yaitu:

  1. Segmentasi geographis
  2. Segmentasi demographis
  3. Segmentasi psikotrapis
  4. Segmentasi perilaku
  5. Pasar Target

Pasar sasaran di kata gorikan dalam tiga kelompok, yakni:

  1. Pemasaran serba sama
  2. Pemasaran serba aneka
  3. Pemasaran terpadu
  4. Posisi Pasar

Dalam sebuah pasar, kita bisa memposisikan produk kita dan perusahaan kita, mau mencari posisi apa, apakah kita ingin menjadi market lider, atau follower ataupun juga hanya main di market niche. Semua posisi pasar tersebut akan menentukan stategi produk kita maupun bauran pemasaran yang akan kita lakukan. Guana menentukan posisi pasar, kita harus menggetahui juga menggenai kemampuan bersaingnya produk kita dibandingkan dengan pesaing.

 

  1. Sikap, Perilaku dan Kepuasan Konsumen

Selanjutnya kita akan menentukan bagaimana sikap konsumen, perilaku konsumen, kepuasan konsumen dalam pasar ini.

  1. Sikap konsumen

Sikap konsumen didasarkan pada hal-hal di bawah ini :

  1. Karakteristik sikap
  2. Sumber sikap
  3. Fungsi sikap
  4. Komponen sikap
  5. Perilaku konsumen

Perilaku konsumen merupakan suatu proses yang dinamis ditunjukan dalam bentuk peilaku yang diperlihatkan oleh konsumen baik perorangan maupun kelompok dalam mencari, mengevaluasi, membeli, menggunakan dan membuang suatu produk, jasa dan ide yang mereka harapkan akan memuasakan kebutuhan mereka. Adapun beberapa karakteristik yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah :

  1. Faktor budaya
  2. Faktor sub budaya
  3. Faktor sosial
  4. Faktor kepribadian
  5. Faktor psikologi
  6. Kepuasan konsumen

Kepuasan konsumen merupakan sebuah ukuran dari apa yang dirasakan oleh konsumen setelah menikmati atau menggunakan produk yang kita jual.

 

  1. Bauran pemasaran

Setelah jelas dengan segmentasi, target dan posisi pasar, maka selanjutnya adalah penentuan strategi pemasaran. Dalam hal ini kita perlu menentukan :

  1. harga

atas dasar struktur harga di pasar saat ini, dan kualitas yang ada, maka selanjutnya kita akan menentukan strategi harga untuk produk kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi posisi harga yakni :

  1. Tujuan dalam menentukan posisi pasar
  2. Tujuan memaksimalkan laba
  3. Tujuan merangsang permintaan barang
  4. Tujuan mempengaruhi persaingan
  5. Promosi

Kita juga harus menentukan mengenai promosi yang ada, bagaimana efesiensi dan efektifitas komunikasi yang ada sekarang, dan bagaimana dengan rencana komunikasi yang kita lakukan serta bagaimana penyampaiaan informasi sehingga bisa sampai ke konsumen dan menjadikan pembelian.

  1. Produk

Produk akan menjadi hal yang penting, karna produk akan dinikmati oleh para konsumen sehingga penentuaan kualitas dan kuantitas sangat prusial. Setiap produk memiliki siklus hidup produk (product life cycle) siklus hidup produk bisa dikatagorikan sebagai berikut ;

  1. Tahap pengenalan ( Introduction )
  2. Tahap pertumbuhan ( Growth )
  3. Tahap kedewasaan ( Maturity )
  4. Tahap menurun ( Decline )
  5. Pleace

Jalur distribusi produk dan jasa akan menentikan sukses tidaknya penyampaian samopai ke tangan konsumen. Kalau jalur distribusi terlalu jauh makan biaya akan menjadi mahal dan memerlukan waktu yang panjang. Berikut ini adalah beberapa contoh jalur distribusi :

  1. Produsen langsung ke konsumen
  2. Produsen – retailer – konsumen
  3. Produsen – distributor – retailer – konsumen

Untuk jasa, selain keempat bauran pemasaran tersebut di atas, kita juga mengenal adanya tambahan tiga bauran pemasaran lainnya yakni :

  1. People

Untuk jasa, halini menjadi penting untuk kita pelajari dalam studi kelayakan, bagaimana pasar yang ada dan bagaimana kemampuan orang dalam memproduksi jasa.

  1. Physical

Jasa biasanya akan mengundang kosumen untuk datang dan langsung meniknmati jasa di tempat, sehingga lokasi atau tempat terjadi transaksi menjadi sangat penting karna konsumen harus merasakan cukup nyaman saat terjadi transaksi.

 

 

 

  1. Process

Setelah orang dan physical, proses, mengingat jasa itu adalah senuah pengalaman dan kenikmatan langsung oleh konsumen, maka kita perlu siapkan sebuah proses yang nyaman buat konsumen.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 57 other followers

%d bloggers like this: