USAHA SAMPINGAN PALING MENGUNTUNGKAN

Pendapatan Tambahan Dengan Usaha Sampingan

Bekerja nine to five memang sudah menjadi satu kebiasaan tesendiri dan rutinitas bagi masyarakat urban seperti di kota besar. Bangun pagi, terjebak macet, berusaha tiba sampai tujuan (kantor) tepat waktu, dan pulag sesuai waktu yang sudah di tentukan. Belum lagi, mungkin anda tidak puas dengan penghasilan yang anda dapatkan. Atau mungkin anda masih punya waktu luang diuar pekerjaan utama anda. Bial anda merasakan hal itu, terpikirlah dibenak anda untuk membuka usaha sendiri diluar pekerjaan utama.
Memang ada beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya adalah membuka usaha sampinganlah yang merupakan cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apapun jenis usaha sampingan tersebut, pasti akan memberi banyak manfaat. Jika usaha ini makin lama makin berkembang pesat, anda bisa memilih untuk berkonsentrai di usaha anda sendiri untuk, sementara pemasukan terus berjalan. Dan jika usaha sampingan itu aanda jalankan dengan sungguh-sungguh, bisa jadi akan memberikan hasil yang sama bahkan mungkin lebih besar dibandingkan dengan anda be kerja dan mendapatkan gaji. Prinsipnya disini adalah apapun usahanya, kalau anda jalankan dengan serius, hasilnya pasti besar.

Yang harus anda perhatikan jika ingin membuka usaha sampingan yaitu :
1. Bidang Usaha
Tentukan lebih dulu, bidang usaha apa yang ingin anda jalankan. Aapkah kita akan menjalankan usaha yang masih jarang atau masih belum banyak dilakukan orang lain, atau usaha yang telah dilakukan orang lain. Tidak ada salahnya jika anda mencoba melakukan kreativitas yang tidak lazim dan unik, agar bisa dijadikan peluang usaha. Strategi yang harus dijalankan disini adalah memikirkan apa yang dapat menjadi kelebihan atau ciri khas produk anda, misalnya brownis kukus atau serabi. Ingat pelanggan cenderung bertambah percaya jika usaha tersebut disertai dengan pelayanan yang baik. Deangan begitu peluang untuk berhasil akan lebih terbuka meskipun banyak pesaing dari usaha sejenis. Adanya persaingan tidak berati anda harus memutuskan hubungan baik dengan para pesaing, justru persaingan adalah suatu fenomena yang sehat, karena nakan memacu pengusaha untuk berbuat yang lebih baik dalam melayani pelanggan dan mengelola usahanya. Persaingan adalah suatu keharusan dalam proses perencanaan.

2. Lokasi
Dalam beberapa jenis usaha, faktor lokasi yang strategi cukup menentukan keberhasilan. Prinsipnya, dimana ada kemungkinan calon pelanggan, disitu pulalah anda bisa membuka usaha. Sebetulnya, dimana pun lokasi usaha anda, jika anda sudah menetapkan poduk yang akan dijual maka anda haus bisa menentukan tiga hal utama pemasaran lainnya, yaitu harga, likasi, dan pomosi. Produk bermutu tanpa disertai promosi dan harga yang pas akan menyulitkan perkembangan usaha anda.
3. Pelanggan
Dari semua kegiatan promosi yang ada, terkadang promosi dari mulut ke mulut adalah yang bisa dikatakan paling efektif ,efesien dan tanpa biaya. Efek dari promosi masih jauh lebih ampuh, karena biasanya ditambahi dengan bumbu sana-sini. Tentu saja informasi usaha anda akan terus berkemban pesat. Disini promosi merupakn sarana untuk memperkenalkan produk usaha pada calon pelanggan. Setelah anda berhasil menggaet pembeli, jadilah pembeli tersebut menjadi pelanggan setia anda. Jangan kecewakan mereka yang sudah pernah membeli produk atau jasa anda. Tanyakan respon mereka tentang poduk anda. Dengan mendengar keluhan dan masukan dari mereka, andapun mendapat kesempatan untuk melakukan perbaikan
4. Gaya Berwira Usaha
Gaya berwira usaha yang tepat adalah “jujur kepada semua pihak yang berurusandengan bisnis yang kita jalani” dan “meraih keuntungan dengan kepuasan konsumen”. Selain itu perlakukanlah karyawan dengan baik, tapi apabila ternyata ada karyawan yang bertindak tidak jujur, maka andapun harus bertindak tegas.
5. Tenaga Kerja
Pada awal masa usaha sebaiknya jangan merekrut banyak tenaga kerja untuk menghindari biaya penggajiannya. Tapi jika usaha telah berkembang, sebaiknya merekarut tenaga kerja yang banyak sesuai dengan kebutuhan untuk melayani pelanggan.
6. Perencanaan Keuangan
Banyak usaha yang gagal karena tidak mampu memiliki kecukupan modal. Oleh sebab itu penting sekali bagi anda untuk memperhitungkan jumlah modal awal yang sebaiknya anda miliki untuk bisa menjalankan usaha anda. Selain modal awal, yang harus anda lakukan adalah membuat perkiraan arus kas selama 12 bulan ke depan. Perkiraan arus kas adalah perhitungan yang menggambakan berapa perkiraan arus keluar masuk uang tunai dalam usaha anda.
7. Kredit Bank
Kredit yang paling tepat untuk usaha adalah kredit usaha. Kredit usaha ini adalah kredit yang digunakan untuk membiayai perputaran usaha atau bisnis yang produktif. Yang paling penting di sini adalah jangan mencampurkan penggunaan kredit usaha dan untuk keperluan ikonsumsi keluarga. Selanjutnya kita perlu melakukan survey untuk membandingkan beberapa bank. Apa pun jenis usaha yang anda pilih nantinya ahrus berawal dari kemauan jika ntidak ada kemauan, anda pun harus rela menerima keadaan anda apa adanya. Sekarang mantapkan kemauan anda dan galilah peluang usaha yang sesuai dengan hobi, keterampilan atau keahlian anda.

1. USAHA KATERING

Menggeluti bisnis yang berhubungan dengan perut, boleh dibilang tidak akan pernah ada habisnya. Selama orang masih butuh makan, sayur, lauk pauk setiap hari, maka selam itu pula bisnis katering akan tetap hidup. Hal itu pun dibenarkan oleh para pakar marketing. Karenanya peluan g bisnis makanan menempati urutan pertama dari peluang bisnis lainnya. Sebagai tahap awalnya mungkin anda pun tidak perlu mengeluarkan modala yang besar karena anda bisa memanfaatkan dapur dan peralatan masak yang sudah ada. Bahkan dari urusan tenaga kerjanya pun anda bekerja sama dengan anggota kluarga yang lain. Di sini selain bisa menyalurkan hobi, sekaligus anda bisa mencari penghasilan tambahan keluarga.

Lokasi
Pemilihan lokasi di sini memang tidak harus yang srategis, karena pada umumnya usaha ini bisa anda kerjakan di mana saja, misalnya dengan memanfaatkan ruangan dari bagian rumah pribadi anda. Hanya saja yang perlu di perhatikan adalah jangan sampai mengganggu para tetangga dan lingkungan sekitar. Selain itu usahakan agar lokai dapur tetap terjaga kebersihannya sehingga masakan yang dihasilkannya pun dapat memenuhi standar kesehatan.

Pelanggan
Selanjutnya adalah bagaimana cara anda untuk menarik para pelanggan. Aapkah dengan mengirim contoh makananke gedung-gedung pernikahan. Biasanya jika cocok, mereka akan menjadi semacam agen sekaligus media promosi ketika akan ada yang menyewa gedung tersebut untuk pesta. Atau bisa juga dengan cara menawarkan masakan anda ke lingkungan perkantoran atau pabrik. Manfaatkan selalu peristiwa yang ada untuk terus melakukan promosi, seperti arisan, pengajian bahikan pada saat puasa sekalipaun.

Tenaga Kerja
Sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa usaha katering bekerja berdasarkan pesanan. Jadi kegiatan produksi dimulai jika pesanan telah diterima, agar menghemat biaya yang tidak perlu. Jika pesanaan dalm jumlah kecil dapat memanfaatkan umah tinggal. Mungkin anggota keluaga dapat diajak bekerja sama untuk membantu kegiatan katering, sehingga keuntungan yang didapat bisa berlipat kaena tenaga kerja tidak dibayar. Tapi jika pesanan mulai banyak, suadah saatnya menggunakan tempat yantg lebih luas dan modal kerja yang lebih banyak.

Modal Ker ja
Sebenarnya u ntuk urusan permodalan dalam usaha ini tidak terlalu berat. Cukup dengan hobi yang anda miliki, yang dalam hal ini adalah memasak. Inilah yang kemudian dijadikan sebagai modal utama. Jika anda mampu membangun hubungan antar relasi, kebutuhan modal kerja bisa jadi tidak terlalu menyerap dana secara keseluuhan. Kebutuhan pembelian bahan pokok misalnya, jika sudah mempunyai langganan dan pemasok tetap, bisa di harapkan dapat dirundingkan cara-cara pembayaran secara mundur. Untuk mengetahui kebutuhan dan kekurangan dana secara tepat, maka harus disusun aliran dana yang rapi dan rasional, bertolak pada harga pasar. Kekurangan dana yang perlu di sediakan itu, selain harus di usahakan dari modal sendiri juga dari mencari pinjaman dari bank. Hal penting lainnya yan g perlu anda riset adalah faktor haga kompetitor dan membandingkannya dengan strategi harga anda. Tapi ada baiknya juga jika anda melakukan riset kecil-kecilan untuk menentukan konsep pemasaran sehingga anda pun siap bersaing dengan para kompetitor.

Faktor Resiko
Ada pun resiko yang di hadapi dalam berbisnis katering ini adalah misalnya stok makanan yang disajikan telah habis sebelum waktu pesta berakhir. Hal ini bisa berdampak negatif yang dapat menjatuhkan kredibilitas para pelaku usaha katering. Biasanya masalah ini timbul karena jumlah porsi makanan yang di pesan tidak sesuai dengan jumlah undangan. Maaka untuk menghindai hal yang seperti itu sebaiknya diperlukan keterbukaan dai konsumen, sehingga kejadian yang merugikan antar kedua belah pihak bisa diatasi. Resiko lainnya adalah masalah ketepatan waktu. Dalam hal ini anda harus dapat mengatur waktu sejak awal, seperti kapan saat belanja kebutuhan pokok, menimbang dan meracik bahan, menyimpannya sebelum diolah bahkan sampai pada saat mengolah dan mengantarkannya. Kepuasaan hati pelanggan adalah nomor satu.
Tips bagi pelaku usaha katering :
• Jangan sayang bumbu untuk menjamin makanan tetap enak
• Menjaga ketepatan waktu pembayaran
• Menjaga makanan agar tetap segar dan tidak kadaluarsa
• Jumlah pesanan harus sesuai kalau bisa dilebihkan
• Buatlah sample setiap kali pengiriman
• Rajin mengikuti kursus memasak, guna nmeningkatkan pengetahuan
• Harga jangan terlalu mahal
• Pintar mengatu belanja bahan baku untuk menekan biaya
• Memiliki spesialisasi menu dan segmen pasar menekan biaya
• Jujur

2. USAHA WARUNG MAKAN

Bisa dikatakan jika usaha warung makan termasuk salah satu peluang usaha dengan pasar yang tidak terbatas. Konsumennya bisa mulai dari mahasiswa, pekerja dan lainnya. Warung makan juga tidak terbatas di daerah kampus, tapi bisa juga di ndekat kawasan perkantoran atau industri di kota anda. Alasan lain kenapa seseorang lebih tertarik dengan membuka usaha warung makanadalah karena warung makan tidak memiliki cash flow harian, sehingga modal yang diputar adalah tidak terlau besar, tetapi berpeluang menghasilkan keuntungan sebesar 90 % hingga 100 % per posinya. Asal dikelola dengan baik, usaha yang tadinya hanya sekedar mencari penghasilan tambahan inbi, justru suatu hari nanti malah bisa menjadi usaha utama anda.
Jika anda tertarik untuk memulai usaha warung makan ini, ada beberapa hal berikut yang perlu di persiapkan.

Lokasi
Pertimbangan lokasi juga berpengaruh pada prospek usaha ini. Warung makan yang memiliki lokasi strategis di pinggir jalan yang ramai tentu akan berbeda jika berada dilokasi yang tidak tepat, waalupun keduanya adalah bisnis warumg. Tapi jika ada di sekitar rumah tinggal anda terdapat umah kos, perkantoran atau kampus, ini malah bisa menjadi ladang emas anda. Anda bisa memanfaatkan teras atau garasi rumah sebagai usahya warung makan. Fasilitas yang sudah ada juga perlu di pertimbangkan, apakiah ada sumber air, tempat cuci piring, tempat masak, dan lainnya.

Pelanggan
Sarana pomosi disini wajib hukumnya. Jangan bosan-bosan untuk menyebar brosur produk atau katalog menu masakan, memasang spanduk di tempat-tempat yang strategis, sampai bagi-bagi voucher gratis di bulan-bulan tertentu. Urusan menu juga perlu di perhatikan, Seamakin beragam jenis menu yang anda tawakan maka semakin orang berminat untuk datang kewarumg anda. Deanag menyediakan menu beragam, setiap orang bisa berganti menu dan setiap hari bisa menjadi pelanggan. Jika memungkinkan, usaha warung anda melayani tidak hanya rasa yang enak tapi juga harga yang terjangkau oleh semua kalangan. Hal ini lah yang merupakan kunci sukses usaha warung makan.

Tenaga Kerja
Tenaga kerja yang memegang peranan utama di sini adalah koki atau tukang masak. Ciri khas rasa pada warung makan anda nantinya ada di tangan koki tersebut. Jadi carilah koki yang memiliki cita raa tinggi. Sesuaikan dengan menu yang akan anda jual. Jumlah karyawan disini tidak harus langsung banyak, bisa bertahap sesuai dengan perkembangan warung anda, misalnya 2-3 orang sudah cukup, nanti jika sudah ramai di kunjungi orang dan anda mulai kewalahan melayani pelanggan, barulah anda menambah karyawan lagi. Yang penting karyawan hendaknya orang yang dapat di percaya, apalag dengan bisnis makanan.

Usaha Modal
Mencari supplier murah tentu menjadi penting. Dengan supply barang murah, anda akan mampu menekan harga jual atau mrndapatkan keuntungan lebih. Jangan pernah membeli barang murah dengan kualitas jelek. Pilih lah kualitas bagus dengan harga lebih murah. Pencarian bisa dilakukan di pasar, di toko grosir terdekat atau pedagang keliling. Keuntungan pedagang keliling adalah barang diantar ke rumah dan bisa mendapatkan pembayaran tunda. Tapi fasilitas ini pun bisa didapat di pasar atau pedagang grosir untuk jarak yang tidak terlalu jauh.

Faktor Risiko
Apa pun jemis usaha anda, pasti memiliki risiko. Begitu juga dengan usaha warung makan ini, yang berisiko tidak laku sehingga membuat makanan menjadi basi. Untuk menghindari risiko tersebut, sebagai pengelola warung tentunya perlu tahu kapan ramai dan sepinya warung. Jangan pernah khawatir dengan segala risiko yang ada, karena jika tim anda kreatif maka sebenarnya risikotersebut bisa di manage dan diminimalkan.
Tips memulai usaha warunag makan :
 Carilah lokasi yang strategis, yang banyak orang berlalu lalang atau di pinggir jalan raya. Mengenai design lay-out dan interiornya, sebaiknya harus bisa menonjolkan ciri khas warung makan anda.
 Usaha ini sangat sensitif terhadap rasa, karena itu penting sekali ada tukang masakan yang betul-betulahli di bidangnya. Juallah masakan yang terbaik dan bermutu tinggi.
 Sebaiknya anda juga mengurus izin usahanya.
 Mengenai pemilihan nama, sebaiknya bukan hanya mudah di kenal, tapijuga akrab dan juga sesuai. Nama juga jangan terlalu panjang dan harus mudah diingat. Perhatikanlah nama yang sudah ada, lalau bikin yang berbeda.

3. USAHA WARUNG MIE INSTAN

Di beberapa perumahan atau perkampungan kita banayak melihat warung yang menjual mie instant dan bubur kacang hijau ditambah ketan hitam. Jika dalam sehari saja dagangan mereka terjual sekitar 100 porsi, dan misalnya 1 porsi seharga Rp. 4000, maka dalam sehari mereka akan bisa mendapat Rp. 400 ribu, jadi dalam sebulan merekabisa berpenghasikan bersih sekitar Rp. 2 juta s/d Rp. 3,5 juta.
Mari kita lihat sejauh mana peluamgusaha ini.

Lokasi
Jika memang lokasi di daerah tempat tinggal anda memungkinkan, anda bisa saja membuka warung di teras rumah. Dengan begitu pun anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat. Tapi jika anda lebih ingin serius menjalankan usaha ini, anda bisa menyewa yang tempatnya strategis, misalnya di dekat pasar, pos onda terminal, sekolahan, atau di pinggiran jalan. Di mana pun tempat usaha anda nantinya, usakan yang banyak di lalui orang.

Pelanggan
Untuk pelanggan rumahan atau kantoran, sediakan juga jasa layanan antar sehingga pelanggan merasa di mudahkan. Selain itu kebersihan dan keramahan dengan pembeli juga berperan penting dalam kelangsungan usaha ini. Samakin anda dan pekerja aramah kepada mereka, biasanya merekapun akan nselalu rindu untuk mampir kewarung anda yang terjaga kebersihannya.
Soal pomosi, sebenarnya tidak perlu terlalau gencar, kaena usaha ini sudah banyak orang yang tahu asalkan memang lokasinya cukup strategis. Anda tinggal memaang spanduk di depan warung dengan mencantumkan menu apa saja yang anda sediakan, di tambah menu tambahan menu lainnya plus mencantumkan harga. Denagn demikian di harapkan akan lebih menarik minat pelanggan.

Tenaga Kerja
Sebaiknya pekerjakan orang-orang yang sangat anda percayai, misalnya anggota keluarga atau teman dekat. Deanagan mereka anda bisa menggunakan sistem komisi dari hasil penjualan hari itu.

Modal Usaha
Modal awal untuk memulai usaha ini, sebenarnya tidak terlalu besar, cukup hanya sekitar Rp. 500 ribu (tentu biaya ini di luar biaya sewa tempat). Ada pun biaya tersebut untuk membeli bahan baku, seperti mie instant, ketan hitam, kelapa, kacang hijau,telur, kornet, sayuran, telur dan bahan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan. Bagi anda yang menyewa tempat, biasanya biaya tergantung dari seberapastrategis lokasi yang di pilih, perhitungkan juga biaya penunjang lainnya, seperti listik, air, minyak tanah atau gas, mangkok, sendok, gelas dan sebagainya.
Keuntungan dari usaha ini bisa mencapai 100 % bahkan lebih dari harga pokok. Bayangkan jika anda bisa menjual dengan jumlah yang lumayan banyak daalm sehari. Mungkin tidak lama lagi anda akan membuka cabang di bebe rapa tempat. Bisa jadi pendapatan utam anda berasal dari usaha waung mie instant yang sederhana ini.

4. USAHA MAKANAN KECIL / KUE

Usaha kue atau yang bisa di sebut makanan kecil ini, biasanya orang menyajikan kue sebagai hidangan peneman the atau kopi, acara ulang tahun, arisan, pengajian, dan lain sebagainya. Jadi jika dilihat dari kenyataan ini, ternyata makanan kecil ini sangat populer. Maka, bisa jadi disinilah awal peluang usaha anda.
Selain materi keuntungan lain dari usaha ini adalah banyak teman, tambah pengetahuan, di hargai oleh orang lain, serta mempunyai kebanggaan tersendiri karena bisa mencetak uang tanpa terikat pada peratiuran kerja lembaga lain.

Lokasi
Keuntungan lain usaha ini adalah anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat. Karena anda bisa mengerjakannya di rumah dengan memakai peralatan dapur yang sudah ada. Anda bisa saja menitip jualkan pada toko kue atau warung yang sudah ada. Jadi anda tidak usah dipusingkan dengan urusan lokasi. Tapi jika anda berniat membuka toko kue dengan menyewa tempat, sebaiknya pilihlah lokasi yang strategis. Biaya sewa tempat ini bisa mencapai Rp. 1 juta, tergantung dari seberapa strategis lokasi yang anda pilih nantinya.

Pemasaran
Promosi sangat di perlukan dalam setiap usaha, khususnya usaha seperti ini. Anda bisa membuat produk secara exklusive dengan memberikan merek dan kemasan yang menarik. Pada kemasan atau pembungkus tersebut bisa juga anda mencantumkan alamat dan nomor telepon sehingga memudahkan calon pelanggan untuk memesan produk anda. Alangkah lebih baik lagi, jika anda menyediakan juga jasa layanan antar sebagai layanan tambahan. Selain itu ketepatan waktu, menjaga kebersihan dan membina hubungan baik denagn para pelanggan, merupakan modal keberhailan pemasaran usaha anda. Satu lagi yang harus anda lakukan, yaitu jangan pernah malu bertanya pada para pelanggan tentang rasa dari poduk anda . Justru dari jawaban mereka yang jujur inilah bisa di jadikan evaluasi untuk menambah kualitas rasa maupaun kemasan produk.
Modal Usaha
Selain modal untuk memulai usaha ini, sebaiknya nansda mempunyai keterampilan, pengetahuan tentang produk, keberanian untuk menjual, pengetahuan dimana tempat membeli bahan baku ang baik dan murah, memasang target penjualan, berani berkreasi setiap waktu agar produk tetap selau up to date. Setelah anda mempunyai pengetahuan yang cukup, selanjutnya tinggal menyiapkan peralatan untuk memproduksi, seperti oven, mixer, aneka cetakan,loyang dan peralatan tambahan lainnya. Adapun biaya pengeluaran untuk peralatan tersebut bisa bekisar antara Rp. 1 juta – Rp. 2 juta, tergantunga dari kebutuhan anda. Sedangkan untuk bahan bakunya anda tinggal menyiapkan tepung, gula, telur, dan aneka bahan lainnya yang di butuhkan.
Biasanya kue-kue atau makanan kecil itu di jual mulai dari harga Rp. 500 s/d Rp. 5.000. Dari harga itu anda bisa memp[eroleh keuntungan sekitar 50 % – 200 %. Bahkan jika usaha anda makin di kenal dan anda sudah punya toko kue sendiri, maka keuntungan pun bisa makin berlipat-lipat. Tinggal bagaimana anda ingin membesarkan usaha ini. Dengan keuletan niscaya usaha ini cukup berpotensi.
Tips berbisnis makanan :
• Pengenalan dan Penjajakan
Lakukan pengenalan dan penjajakan di lingkungan sekitar.
• Harus Enak
Setelah mengetahui selera pasar, langkah berikutnya kualitas rasa.
• Tampilan Menarik
Ternyata tidak hanya rasa yang enak dan lezat saja yang di perhitungkan oleh pembeli, tampilan sangat berpengaruh disini.
• Pelayanan
Berikan pelayanan terbaik yang anda miliki, seperti kualitas rasa, kebersihan, deliveri tepat waktu, sapaan ramah dan senyum tulus.
• Lakukan Promosi
Mulai dari menyebarkan brosur, kartu nama, memberikan contoh gratis untuk dicoba hingga promosi yang paling efektif dari mulut ke mulut.

• Mengatur Keuangan
Pemasukan dan pengeluaran dalam mengelola usaha makanan atau kue ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari cara yang paling konvensinonal yan itu di catat di buku maupaun dengan pembukuan dengan cara mutakhir yaitu sistem komputer.

5. USAHA JAHITAN

Khusus untuk usaha jahit- menjahit ini, sangat di butuhkan kreativitas yang tinggi. Karena pakaian meskipun bukan barang basi jika tidak terjual, tapi tetap saja memiliki masa ekonomis yang produksi. Artinya anda harus terus meneus mengebah mode pakaian aga tidak ketinggalan trend yang sedang berkembang.

Lokasi
Sebagai tahap awal, anda bisa memanfaatkan ruangan dalam ruangan anda, Tapi kalau memang dananya ada, di sarankan untuk memilih tempat yang strategis. Hal ini sekaligus bisa di manfaatkan sebagai sarana promosi, misalnya dengan memajang karya terbaik anda di etalase atau jika perlu dengan memasang plakat di depan toko.

Pelanggan
Semakin anda punya banyak kenalan dan aktiv di berbagai kegiatan, seperti arisan atau pengajian bisa menjadi lahan yang cukup menguntungkan.
Untuk menarik pelanggan buatlah brosur tentang aneka produk anda dan tawarkan diskon yang berlaku dalam waktu tertentu. Dan jangan lupa untuk selau berkomunikasi dengan pelanggan mengenai kualitas jahitan atau model yang mereka kehendaki.

Tenaga Kerja
Kalau memang anda tidak bisa menjahit, anda bisa merekrut karyawan, sedangkan anda yang bertugas memasarkan hasilnya. Untuk menghemat biaya, karyawan tersebut bisa anda gaji bedasarkan komisi. Dengan perekrutan karyawan ini, anda akan mempunyai sedikit risiko karena adanya perbedaan budaya dan aktivitas serta karakter sehari-hari.
Untuk itu, alangkah baiknya jika kayawan itu hasil didikan anda sendiikarena diharapkan mereka akan mengenal cara kerja dan model yang biasa di buat serta keinginan pelanggan.

Modal Usaha
Yang pertama kali di pesiapkan adalah mesin jahit dan peralatannya yang di sesuaikan denagn kebutuhan. Untuk pakaian dan celana yang modelnya cukup sederhana, anda bisa memasang tarif sekitar Rp. 40 ribu s/d 100 ribu. Sedangkan untuk kebaya, anda bisa mematok harga mulai Rp. 100 ribu s/d 200 ribu bahkan bisa jadi lebih mahal, tergantung seberapa rumit detail dan kainnya.
Penambahan modal berupa mesi dan tenaga kerja, bisa dilakukan jika selama ini anda sudah kewalahan menerima pesanan yang masuk.
Anda bisa membagi biaya-biaya tersebut menjadi 2 bagian, yaitu :
• Biaya tetap ( biaya operasional)
Yang termasuk kedalam biaya ini adalah gaji, uang makan untuk pekerja yang bisa dihitung dengan pasti.
• Biaya variabel ( biaya produksi per unit poduk)
Yang termasuk dalam biaya ini adalah upah pekerja per poting baju, bahan baju, benang, kertas pola, dan lain-lain.
Pada dasarnya keberlangsungan usaha ini tergantung pada banyaknya pelanggan dan ketekunan anda. Layanan yan g sangat baik serta memahami apa yang diinginkan pelanggan merupakan faktor yang penting dalam usaha ini.

6. TOKO KELONTONG

Di toko kelontong anda bisa menjual barang-barang kebutuhan sehari –hari yang harganya terjangkau. Untuk membuka usaha ini pun bisa anda lakukan di rumah denganmodal relatif kecil dan tidak membutuhkan keahlian khusus.
Untuk sukses menghadapi persaingan, anda perlu memiliki nilai lebih yang tidak dimiliki oleh pesaing anda. Dan jika perlu menyatakan nilai lebih itu kepada para pelanggan anda agar mereka merasakan dan membuktikannya.Anda bisa menjual barang-barang yang tidak ada di toko pesaing tersebut sebagai produk andalan anda tersebut dengan menyediakan layanan jasa pengantaran.
Banyak juga yang menjadi penyebab usaha kelontong ini gagal, diantaranya adalah karena pemiliknya sering kali mencampur adukkan keuangan toko dengan keuangan pribadi. Dari pada anda mencampur adukkan kebutuhan pribadi dengan uang kas toko, alangkah baiknya jika anda menggaji diri sendiri atas pengelolaan toko tersebut.

Lokasi
Lokasi adalah salah satu faktor penting yang perlu di perhatikan dalam membuka usaha. Membuka toko kelontong mungkin akan lebih cocok untuk daerah pemukiman. Karenanya lakukanlah survei untuk mencari tempat yang sesuai dengan usaha anda.
Untuk mencoba usaha ini sebaiknya di pilih lokai yang padat pendudyk dan tidak ada tokosejenis dalam radius 50 meter. Jika dananya memungkinkan, anda bisa mencari lokasi strategis lainnya.

Pelanggan
Jadi dalam hal ini alangkah baiknya jika anda melakukan identifikasi, fakto apa swaja yang mempengaruhi keputusan membeli dari calon konsumen. Tapi jika ternyata calon konsumen menginginkan kenyamanan dalam berbelanja, maka anda harus mempertimbangkan ruang toko dengan fasilitas misalnya AC. Perhatikan masalah harga agar minimal sama, usahakan tidak lebih mahal dari pesaing. Tapi jangan juga terlalu murah agar tidak mematikan usaha pesaing.
Perlu juga melakukan observasi kepada calon pelanggan agar tanggap dan cepat menyesuaikan diri dengan selera pelanggan. Bisa juga menambah layanan siap saji dan siap antar ,atau menerima pesanan via telepon.

Tenaga kerja
Mungkin tidak terlalu bermasalah jika anda sendiri yang mengelola usaha ini, Tapi lain ceritanya jika anda ingin mempekerjakan karyawan. Sebelum anda mempekerjakan mereka sebaiknya terlebih dahulu anda mempehatikan masalah kepribadian dan kemampuannya. Sebaiknya mempekerjakan orang-orang di sekitar anda yang dapat di percaya, seperti saudara dari pasangan.
Modal Usaha
Modal awal untuk merintis usaha ini di perkirakan sekitar Rp. 4 juta s/d 5 juta. Perinciannya adalah Rp. 4 juta untuk stok barang (modal kerja), Rp.1 juta untuk etalase, dan sisanya untuk biaya operasional lainnya.

Mencari Pemasok
• Mencari toko-toko yang berfungsi sebagai distributor atau agen bagi produk yang anda ingin jual di toko anda.
• Membuka toko terlebih dulu, dengan begitu distributor ataau salesman dari beberapa produk akan datang ke toko anda untuk menawarkan produknya.
• Mencarinya di buku yellow pages atau iklan-iklan koran atau majalah.

7. USAHA SANGGAR SENAM

Jika anda hobi olahraga, khususnya senam, ini bisa di kembangkan menjadi peluang usaha yang cukup potensial. Bahkan dengan modal dan keahlian yang anda miliki anda pun bisa membuka sanggar senam sendiri. Anda juga harus disiplin seperti menjaga makan dan waktu istirahatotomatis dapat menjaga fisik tetap proposional. Menjaga kondisi tubuh adalah mo9dal yang sangat penting. Deangan menjaga kondisi tubuh yang ideal, akan menciptakan kepercayaan masyarakat untuk ikut dalam suatu kelas senam.
Dengan usaha ini, selain dengan membuat tubuh anda sendiri menjadi bugar dan sehat, bisa mendatangkan keuntungan.

Lokasi
Anda bisa memanfaatkan sebagian ruangan atau gaasi yang bisa menampung sekitar 10 orang. Dan jika ruangan sudah mencukupi maka anda pun tidak perlu repot-repot lagi menyewa tempat.Apalagi jika lingkungan di sekitar rumah anda belum ada usaha sejenis, maka inilah peluang emas anda.

Pelanggan
Pelanggan atau membernya kebanyakan memang ibu-ibu rumah tangga dan wanita pekerja. Sebelum membuka kelas latihan, ada baiknya juga anda melakukan riset kecil untuk mengetahui jam-jamsibukcalon member. Harapannya agar kelas yang nantinya akan anda buka tidak sepi peminat. Misalnya dengan membuka kelas pagi untuk ibu rumah tangga, sore hari untuk para wanita pekerja dan malam bagi mereka yang seharian penuh bekerja atau hanya mereka yang mempunyai waktu luang di malam hari.
Sedangkan untuk membuat betah para member usahakan tidak mengizinkan kaum laki-laki masuk saat latihan. Jika perlu buat paket murah dan sekali- kali datangkanlah instruktur senam yang sudah terkenal untuk lebih menarik minat calon member.

Tenaga Kerja
Di sini anda bisa mempekejakan instruktur senam part time atau paruh waktu, dengan tarif sekitar Rp. 50 ribu s/d 100 ribu per jam. Semakin tinggi pengalaman atau jam tebang si instruktur, maka tentu makin tinggi pula bayaran yang anda keluarkan. Sebaiknya carilah in struktu senam yang pandai berinovasi menciptakan gerakan yang tidak membosankan tapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Modal Usaha
Jika memanfaatkan sebagian ruangan, dalam rumah tentu saja anda tidak perlu mengeluarkan biya sewa. Tapi jika anda menyewa tempat, biayanya tergantung seberapa strategis lokasi tesebut. Semakin strategis maka semakin tinggi pula harga sewanya. Selanjutnya yang anda perlukan adalah kaca di ruangan latihan, kaset atau CD dan sound system. Sebagai pelaku usaha anda harus mengantisipasi bahwa usaha ini juga mempunyai resiko, yaitu sepinya pelanggan dalam tiga sampai enam bulan pertama. Untuk itu anda harus benar-benar bisa memperhitungkan promosi denagn sebaik-baiknya.

8. USAHA MERANGKAI BUNGA

Bunga tidak ada habis-habisnya di eksplorasi. Di jadikan hadiah untuik yang tersayang, atau di taruh sebagai pajangan di sudut ruangan. Dewasa ini banyak kita jumpai kios-kios penjual rangkaian bunga. Dan tampaknya usaha merangkai bunga ini merupakan salah satu jenis peluang usaha yang bisa di kerjakan oleh siapa saja. Tidak di butuhkan kemampuan yang cukup rumit untuk memulai usaha ini. Hanya ketelatenan dan keuletan untuk memasarkan bunga-bunag karya anda. Jadi, peluang usaha ini sangat terbuka lebar, tinggal bagaiman anda membuat rangkaian bunga yang menarik bagi konsumen. Ada pun bunga-bunga tersebut bisa anda peroleh dari pemasok yang sebagian besa berasal dari Malang, Sukabumi, Bandung, bahkan dari luar negri seperti China.
Jika anda tertaik pada usaha ini, ada beberapa hal yang perlu anda pelajari.

Lokasi
Sebaiknya anda memulai usaha ini dengan menempati lokasi yang strategis. Tapi, sebagai pemula, di sarankan menyewa tempat yang memang khusus menjual rangkaian bunga. Dengan membuka usaha di lokasi yang memang sudah banyak pesaingnya, anda mempunyai keuntungan lainnya, sepwerti anda tidak perlu lagi repot-repot lagi mencari stok bunga segar untuk usaha ini. Karena petani bunga atau pemasok akan mendatangi anda untuk menawarkan produknya (bunga).

Pelanggan
Biasanya pelanggan untuk usaha ini sifatnya musima, misalnya menjelang hari kasih sayang, lebaran, dan lain-lain. Pada saat itulah pelanggan akan ramai mendatangi toko bunag yang mampu menarik selera dengan harga yang terjangkau tentunya. Untuik lebih meningkatkan jumlah pelanggan, sebaiknya sebarkan brosur di perkantoran, hotel, café, rumah sakit. Selain itu buatlah katalog yang memuat foto hasil bunga karya anda dan jangan lupa mengunjungi situs-situs di internet untuk mempromosikan usaha anda ini.

Tenaga kerja
Karena usaha ini butuh keuletan dan kreativitas, maka pilihlah pekerja yang paham betul karya seni atau teknik merangkai bunga. Biasanya gaji untuk pekerja ahli tersebut sekitar Rp. 1 juta. Kalau memang dana anda terbatas, anda bisa menerapikan sistim bagi hasil atau komisi sesuai dangan rangkain bunag yang terjual.

Modal Usaha
Modal yang harus di siapkan adalah biaya sewa tempat usaha. Biasanya biaya tersebut berkisar Rp. 5juta s/d 10 juta per tahun, tergantung dari seberapa strategis lokasi yang anda pilih. Persiapan lain yang di butuhkan untuk memulai usaha ini adalah penyediaan bahan untuk merangkai bunga, seperti pot, keranjang, papan gabus, plastik dan kertas hias, plester, bambu penyangga papan, dan aneka bahan lainnya di samping bunag segar sebagai produk utamanya.
Tips merangkai bunga :
• Melakukan perawatan secara rutin setiap hari
• Untuk vas, gunakan vas kaca bening agar bunga dapat terjaga kelembabannya, mudah terkena cahaya dan suhu pada bunga tetap stabil.
• 2 hari sebelum bunga menjadi layu, sebaiknya segera lakukan pengeringan.
• Agar kesuburan bunga bisa di pertahankan dan memperpanjang umu bunga, sebaiknya membubuhkan garam dalam air rendaman.
• Khusus untuk bunga potong yang mengeluarkan getah dari lukapotongannya, tangkainya di masukkan sejenak dalam air –panas sebelum di rendam dalam air dingin atau dengan mengoleskan api lilin.

9. USAHA SOUVENIR

Jika kita sedikit jeli, sebenarnya banyak sekali hal baru yang bisa di kreasikan dari barang atau benda disekitar kita, seperti kain perca, kardus atau kertas bekas, serbuk gergaji dan masih banyak lagi. Bahkan benda atau barang yang tadinya sudah tidak bermanfaat sekali pun ternyata bisa di jadikan sesuatu yang bernilai. Dan di sinilah tugas anda untuk menggali seberapa besar peluang usaha dari pemanfaatan barang atau benda-benda tadi. Tentu saja jika anda serius dalam memulai usaha ini, ada beberapa hal yang juga penting di perhatikan.

Lokasi
Anda bisa memulainya di rumah. Jika usaha ini berkembang sebaiknya anda mencari lokasi di keramaian, atau bisa juga dengan membuka layanan pesan antar pesanan. Sedangkan untuk produk hasil kerajinan, anda bisa menitipkannya si toko-toko sekitar lokasi objek wisata.

Pelanggan
Jika menyewa toko di pusat keramaian, maka otomatis calon konsumen akan mendatangi anda. Mereka tinggal memilih souvenir yang di inginkan sesuai denga kebutuhan. Sebaiknya anda menawarkan produk-produ kreasi anda ini pada perusahaan, penyelenggara pesta pernikahan, ulang tahun, atau acara-acara lain sehingga memungkinkan para tamu untuk di beri souvenir sebagai kenang- kenangan. Disinilah promosi yang paling efektif adalah dari pertemanan danb dari mulut ke mulut. Atau jika anda ingin lebih memperluas pemasaran usaha anda bisa juga dengan membuka toko online di internet.

Tenaga Kerja
Anda bisa bekerja sama dengan keluarga atau tetangga terdekat. Siapapun patner kerja anda itu harus memilki kreativitas yang tinggi dan mampu berkreasi. Tapi jika nanti usaha ini mulai berkembang, dan anda sudah mulai kewalahan mengerjakan pesanan, maka anda pun haus mempertimbangkan merekrut karyawan. Untuk gaji sebaiknya di tentukan terlebih dahulu standart yang anda cari.

Modal Usaha
Soal modal tergantung dari skala besar kecilnya usaha anda, bisa berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Sedangkan untuk teknis operasionalnya bisa anda tawarkan ke orang lain atau jiika punya dana lebih, anda bisa membeli sendiri peralatannya, tinggal di cari sesuai kebutuhan dari mulai model rumahan hingga yang full otomatis.
Produk yang nantinya akan anda tawarkan pun bisa beraneka ragam, seperti gantungan kunci, alat pembuka botol, cermin mini, kipas, tempat lilin, jepit rambut dan lain-lain dengan harga mulai dari Rp. 500 ribu s/d Rp. 4000.

10. USAHA LAUNDRY

Usaha laundry ini jika anda garap dengan serius, bisa menjadi suatu usaha yang menjanjikan. Jadi disini anda harus bisa memp[erhitungkan kebutuhan pelanggan. Dengan memberikan harga yang murah, pelayanan yang cepat dan bersih adalah kiat untuk mencari pelanggan. Kalau perlu lakukan survei ke beberapa tampat usaha cuci rumahan atau meminta brosur agar tahu harga pasarannya. Jika anda berniat untuk memperlua usaha, anda juga bisa mulai menerapkan sistem sewa, termasuk mencuci, mengeringkan, dan setrika. Tujuannya agar pelanggan merasa berada di rumah sendiri dan bisa mengontrol hasil cuciannya masing-masing. Disini anda bisa mematok harga sewa sebesar Rp.5000 per jam, luar detergen dan pengharum pakaian yang bisa mereka bawa sendiri, arau pun membeli di tempat anda.
Meskipun usaha ini mudah di lakukan, beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Lokasi
Untuk memulai usaha ini pemilihan lokasi tidak begitu penting dan anda bisa melakukannya di rumah sehi ngga tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat. Yang penting anda harus gencar berpromosi sehingga orang akan tahu di mana kita membuka usaha tersebut.
Pelanggan
Pengguna jasa dari usaha ini tidak ha nya datang dari kalangan menengah ke atas. Justru kebanyakan dari lingkungan mahasiswa, perumahan, atau pun tempat kos karyawan kantoran. Mungkin sebagai tahap awal, anda bisa mencari pesanan dari teman dekat atau lingkungan sekitar. Agar efektif sebarkan brosur berisi daftar harga cucian ke lingkungan sekitar. Untuk menjaring pelanggan dalam jumlah besar, anda bisa melakukan pendekatan ke hotel atau losmen terdekat. Jika mereka merasa puas, tentu anda juga yang memeti hasilnya.

Tenaga Kerja
Agar usaha anda ini berjalan maksimal, ada baiknya jika anda merekrut satu atau dua karyawan. Hal ini tergantung dari perkembangan usaha anda nantinya. Jika perlu anda bisa memberlakukan sistim kerja bergiliran, misalnya pagi dan siang. Anda bisa menggaji mereka dengan sistem bagi hasil, misalnya gaji bulanan di berikan sekitar Rp. 500 ribu kemudian anda memberikan bonus dari seberapa banyak cucian yang di tanganinya.

Modal Usaha
Untuk mendirikan usaha laundry kecil-kecilan seperti ini modal yang di butuhkan tidak banyak. Di sini anda hanya butuh investasi sekitar Rp. 1,5 juta s/d Rp. 4 juta. Modal itu nantinya untuk membeli mesi cuci dan mesin pengering pakaian yang jumlahnya tergantung dari besarnya usaha. Usaha ini juga membutuhkan alat setrika listrik. Ada pun harga setrika itu sekitar Rp. 200 ribu s/d Rp. 400 ribu per buah. Peralatan penunjang lainnya adalah rak untuk penempatan pakaian yang sudah siap dikirim ke pelanggan. Untuk harga rak di taksir sekitar Rp. 500 ribu s/d Rp. 1 juta.
Perlu juga di perhitungkan biaya-biaya operasional lainnya seperti listik, air, sabun atau detergen pencuci, pewangi atau pelembutan pakaian, hanger, dan plastik untuk menjaga kebersihan hasil cucian. Bgi anda yang ingin membuka jasa laundry kiloan, wajib menyediakan timbangan.

Faktor Risiko
Beberapa resiko dari usaha ini yang perlu di antisipasi sebelumnya adalah sepewrti air atau listrik mati, menghilangnya pakaian, kurang bersihnya hasil cucian, dan masih banyak lagi. Kalau anda sebagai penyedia layanan jasa mampu meminimalisasikan semua risiko yang ada, maka sudah waktunya anda di sebut sebagai pengusaha kecil yang sukses.

Tips sukses usaha laundry :
• Carilah lokasi yang strategis, seperti di lingkungan kampus, perkantoran, pasar, kos-kosan atau tempat keramaian lainnya.
• Mempunyai formula khusus untuk menghilangkan noda pada kain atau pakaian.
• Mengerjakan dengan tepat waktu sesuai dengan pesanan pelanggan.
• Memperlakukan karyawan sebagai mitra kerja.
• Harus bisa mengatur keuangan dengan sungguh-sungguh.
• Agar usahatetap berkembang, pembagian presentase antar karyawan harus wajar
• Mempunyai perjanjian untuk menyelesaikan masalah jika ada pakaian pelangganyang bermasalah, seperti rusak atau hilang.
• Membuat pembukuan yang rapi dan jelas.
• Membuat rekapitulasi dari setiap pemasukan per hari sesuai dengan jenis cucian apa saja yang banyak di cuci.
• Lakukan promosi yang kreatif di mana pun anda berada.

11. JASA KURIR

Dalam dunia yang di warnai dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat serta persaingan global yang semakin sengit, peran jasa kurir semakin penting untuk menunjang, mendoong bahkan mengerakkan berbagai sektor kehidupan. Saat ini banyak sekali perusahaan yang menggunakan jasa kurir untuk mengantarkan berbagai dokumen atau barang.
Kira-kira yang perlu di perhatikan jika ingin menyediakan jasa kurir.

Lokasi
Tidak di perlukan lokasi yang strategis, rumah anda pun bisa di gunakan untuk mengawali usaha ini. Karena yang sangat di perlukan dalam usaha ini adalah kepercayaan dari pelanggan anda.

Pelanggan
Pelanggan utama dari jenis usaha ini adalah kantor atau perusahaan yang banyak melakukan pengiriman dokumen dalam satu periode waktu tertentu. Jika hanya mengejar perorangan atau yang mengirim satuan, biasanya tidak ada jaminan untuk memberikan pekerjaan yang banyak pada kurir dalam waktu satu bulan tersebut. Lakukanlah promosi secara efektif dan aktiv untuk mengenalakan usaha jasa ini pada calon pelanggan.

Tenaga Kerja
Dalam mengelola bisnis ini seringkali yang menjadi masalah utama adalah mengatur para kurir yang kita sewa. Berikut ini ada berbagai pertimbangan dalam memilih kurir yang di angkat sebagai karyawan lepas atau tetap.
 Karyawan lepas
Tidak perlu membayar gaji tetap, artinya modal usaha tidak terlalu besar, ada proyek baru di bayar. Selain itu anda juga tidak perlu membayar uang kesehatan, THR, lembur serta tunjangan-tunjangan lainnya, yang bahkan mungkin bebas dari PPH.
 Karyawan tetap
Anda harus menyiapkan modal untuk membayar mereka, serta membayar THR atau pun tunjangan lainnya. Tapi disini mereka lebih dapat di percaya, kaena anda dapat memberikan aturan, jika terjadi satu kesalahan saja maka hukumannya adalah di pecat.

Modal Kerja
Untuk tahap awal yang di butuhkan adalah sepeda motor, tapi jika anda sudah memilikinya, maka hal ini bisa menekan biaya. Setelah itu penting bagi anda untuk memperhitungkan biaya bahan bakarnya. Pada umumnya jasa pengantaran dalam kota di kenakan biaya mulai dari Rp. 5 ribu s/d Rp. 10 ribu per dokumen.

Faktor Risiko
Jasa antar surat, barang atau dokumen ini sangat mungkin di hadapkan pada banyak masalah, sepwerti alamat pengiriman yang kurang atau tidak jelas. Kadang pengirim tidak mau tahu padahal kurir sudah berulang kali mencari almat tersebut tapi salah alamat atau misalnya bisa jadi rumah kosong.
Anda juga harus berhati-hati, dan lebih selektif dalam operasionalisasinya agar tidak di manfaatkan untuk kejahatan oleh orang lain, misalnya mengantarkan barang yang di larang seperti narkoba, senjata api, dan lain sebagainya.

12. USAHA WARNET

Kebutuhan akan internet ini sudah di perhatikan sejak lama oleh kalangan bisnis atau wirausaha. Tan pa di komando pun mereka mulai berlomba-lomba membuka fasilitas yang membeikan pelayanan jasa internet yang dalm bahasa gaulnya disebut warung internet alias Warnet.
Maraknya jumlah warnet di bebagai sudut kota di tanah air membuat persaingan bisnis ini semakin sangat ketat. Berbagai strategi di terapkan untuk menarik konsumen mulai dari discount harga, kecepatan akses hingga pelayanan tambahan lain yang di tawarkan pemilik warnet.
Sebagai langkah awal hal-hal yang perlu di perhatikan.

Lokasi
Jika memang memungkinkan rumah anda pun bisa di jadikan tempat usaha. Apa lagi jika di daerah tersebut sudah ada masuk TV Cable, sehingga anda bisa berlangganan dan memasang internet. Tapi jika anda ingin menyewa tempat, sebaiknya di gabung dengan bisnis lain seperti warung makan dan minuman. Sehingga biaya sewa pun akan lebih ringan karena anda bisa patungan dengan para pedagang makanan tersebut. Semakin strategis lokasi yang anda sewa maka semakin tinggi pula harga sewanya.

Pelanggan
Biasanya pelanggan yang datang ke warnet ini adalah mereka yang bosan menggunakan dari rumah atau mereka yang tidak memilki provider di rumah. Pelanggan dari usaha ini sebagian besar para pelajar dan mahasiswa.

Tenaga Kerja
Untuk menjalankan dan mengawasi usaha ini, anda bisa di bantu oleh satu oang pekerja yang memahami penggunaan komputer sekaligus merangkap sebagai kasir. Ada baiknya jika anda mempekerjakan saudara dari pasangan atau seseorang yang benar-benar bisa di percaya.

Modal Usaha
Harga sewa internet untuk satu jam berkisar antara Rp.2000 s/d Rp. 5000. Disini anda juga bisa menghasilkan pendapatan tambahan jika warnet anda sekaligus menyediakan makanan dan minuman ringan ynag bisanya sangat di butuhkan pelanggan.
Omset warnet ini juga tergantung dari lamanya pelanggan berinternet dan jumlah komputer yang di gunakan. Jika kedua hal tersebut tidak di perhatikan dan di kendalikan, bisa jadi omzet tidak memenuhi sehingga investasi akan mengalami kerugian.
Tips agar warnet laku :
• Melengkapi fasilitas warnet dengan menyediakan printer digital, scanner, bluetooth, infra merah, dan kabel data supaya bisa juga mencetak foto dari camera digital atau HP.
• Menyediakan jasa print dan scan, karena akan memudahkan pelanggan untuk mengerjakan tugas-tugas mereka (khususnya pelajar dan mahasiswa) sehingga mereka pun makin betah di warnet anda.
• Memilki konsistensi dalam hal pelayanan.
• Perangkat komputer harus terus di pelihara, di perbaiki, atau jika perlu di ganti.
• Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi komputer, maka usahakan untuk selalu up to date per 3 bulan sekali.
• Mengantisipasi pelanggan yan g usil untuk tidak merusak hardware atau software PC.
• Mempekerjakan karyawan atau operator yang jujur, ramah dan mampu mengjari atau membantu dengan sabar para pelanggan baru.
• Untuk menarik pelangganm isal pada jam-jam tertentu adakan penawaran diskon atau mungkin sekedar memberikan minuman ringan gratis.
• Memberikan harga sewa yang relatif terjangkau bagi pelanggan.

13. USAHA WARTEL

Tidak banyak orang tahu, jika ternyata usaha watel bisa di jadikan peluang usaha yang lumayan menguntungkan. Sebagian besar masyarakat Indonesia yang belum mempunyai fasilitas layannan telepon tersebut merupakan pasar potensialyang terbuka luas bagi perkembangan usaha wartel. Jadi untuk sakarang ini usaha wartel lebih banyak besifat bertahan. Karena hampir setiap orang punya HP sehinggamengurangi konsumen. Tapi usaha wartel relatif aman dan mudah di kontrol. Akan lebih menguntungkan lagi jika anda menggabungkannya dengan jasa photo copy, pengiriman barang dan sebagainya. Selain itu juga akan lebih efesien dari segi tenaga kerja, tempat, dan waktu.
Maka perlu mengetahui apa saja yang harus di perhatikan.

Lokasi
Usahakan lokasi wartel berada dekat kampus, perkantoran, pasar, terminal, stasiun, perumahaan, sekolah, dan masih banyak lagi. Atau anda bisa juga memanfaatkan sebagian ruangan rumah sebagai tempat usaha, jika memang daerah tempat tinggal anda cukup bepeluang. Disini anda bisa membidika target pasar sasaran anak muda dan PRT.

Tenaga Keja
Dalam menjalankan usaha, anda perlu di bantu minimal satu oarng pekeja untuk mengawasi usaha, mengoperasikan komputer dan menerima pembayaran atas jasa menelepon yang di gunakan pelanggan. Untuk lebih menekan biaya penggajian, anda bisa mempekerjakan anggota keluarga, yang bergantian tugas dengan anda pada saat kantor libur atau sepulang jam kerja.

Modal Usaha
Modal untuk memulai usaha ini sekitar Rp. 4 juta per 1 KBU ( kamar bicara umum). Perhitungkan juga biaya perijinan, meja kursi, listrik, sewa tempat usaha, papan nama dan sebagainya. Selain itu biaya pemasaran juga wajib di perhitungkan, seperti menyebarkan bosur atau membuat spanduk.
Pendapatan usaha wartel ini dari lamanya pelanggan menggunakan telpon. Pihak telkom sendiri memberi kebijakan bahwa pembagian pendapatan adalah 60 % untuk Telkom dan sisanya 40 % untuk pengusaha wartel.

14. USAHA RUMAH KOS

Usaha sewa kamar atau lebih di kenal dengan istilah rumah kost ini, sekarang merebak hampir di setiap rumah, baik yang berbentuk asrama ( putra atau putri) maupaun berbentuk kost yang menyatu denagn rumah induknya.
Dan jika di lihat dari segi manajemen, hampir semua usaha kost ini bersifat informal, artinay idak ada standar harga yang seragam. Harga rumah kost cenderung di pengaruhi oleh lokasi terhadap pusat-pusat pertumbuhan, seperti dekat sekolah, kampus, areal pertokoan, pabrik dan lain-lain.
Jika anda tertarik, sebenarnya apa saja yang kira-kira dibutuhkan dan perlu di pertimbangkan dalam menyiapkan usaha sewa-menyewakan rumah kost ini, Meskipun usaha ini terlihat mudah, tapi jika tidak di kelola dengan baik tentu saja anda bisa merugi.
Ada beberapa yang pelu di perhatikan untuk mengelola usaha ini.
Lokasi
Anda bisa membeli atau membangun rumah kost di daerah dekat kampus. Tentu denagn harapan agar kelak para mahasiswa akan memerlukan rumah kost anda untuk di sewa.
Biasanya harga sewanya adalah antara Rp. 200 ribu s/d 500 ribu, tergantung dari seberapa lengkap fasilitas yang di sediakan (TV, AC, kulkas, dan komputer).

Pembayaran Sewa
Sistem pembayaran rumah kost ini berbeda dengan rumah kontrak biasa. Di sini pada umumnya si penyewa rumah kost tidak menggunakan kontrak sewa. Si penyewa harus membayar di muka terlebih dahulu untuk tiga bulan pertama, selanjutnya pembayaran per bulan seperti biasa. Hal ini juga di gunakan sebagai bentuk antisipasi dalam hal penagihan uang sewa. Karena adapun risiko bagi si pemilik rumah adalah adanya kemunginan penghuni yang bandel dan mangkir membayar kewajibannya.
Apa pun bentuknya peraturan yang akan anda buat itu hendaknya di sesuaikan dengan lingkungan dan tujuan awal anda. Sehingga semua pihak yang terkait dalam hal ini tidak merasa ada yang di rugikan.

15. USAHA DI GITAL PRINTING

Dengan semakin majunya perkembangan tekhnologi, sekarang ini untuk mencetak apa pun mulai dari yang di atas kaos, mug, payung, hingga ke bebagai media lain pun dapat dengan mudah di lakukan. Hal ini berkat adanya digital printing yang bisa di jadikan salah satu alternatif pilihan peluang usaha anda. Usaha berbasis sentuhan di gital ini selain memudahkan mencetak secara terbatas pada benda-benda kenangan juga tidak mengeluarkan biya yang cukup mahal.
Jika anda tertarik pada usaha ini sebaiknya mesti tahu apa saja yang mesti dipenuhi.

Lokasi
Penentuan lokasi sangat penting untuk menjalankan usaha ini. Biaya sewa tempat tergantung pada lokasi. Pemilihan lokasi bisa juga di cari yang dekat dengan kampus atau pun perkantoran. Akan lebih baik lagi jika lokasi berada di dalam pusat perbelanjaan atau mall. Jika belum punya cukup modal, anda bisa saja mencari rekan bisnis ynag dapat di percaya.

Pelanggan
Tentukan target konsumen, apakah orang-orang perkantoran,a nak sekoilahan, atau mahasiswa. Untuk itu promosikanlah usaha anda sebaik-baiknya sehingga bisa masuk tepat pada sasaran, Antara lain dengan memajang hasil produk cetakan digital anda di suatu tempat yang biasa di lewati banyak orang.
Semakin menarik dan kreatif membuat desain contoh produk, biasanya akan membuat orang tertarik mempercayakan kreasi digitalnya pada usaha anda.

Tenaga Kerja
Anda hanya perlu seorang asisten yang paham mengoperasikan alat-alat cetak digital. Jika usaha ini nantinya berkembang maka anda pun perlu mempertimbangkan pekerja yang ahli dalam hal mendesain, sehingga produk yang di hasilkan terlihat lebih up to date.
Tapi untuk menekan biaya, sebaiknya anda bekerja sama dengan teman yang paham tentang desain.

Modal Usaha
Di sini modal usaha yang yang harus di milki jelas adalah peralatan cetak digital, seperti 1 buah PC yang harganya sekitar Rp. 4 jutaan, 1 buah printer laser untuk membuat film sablon denagn harga sekitar Rp. 1 juta, 1 buah scanner Rp. 500 ribu, 1 buah printer inkjet Rp. 500 ribu. Pengluaran lain yang di butuhkan adalah biaya listrik, biaya sewa tempat yang strategis serta biaya operasional untuk menggaji karyawan.

16. EVENT ORGANIZER (EO)

Sepertinay bisnis event organizer memang tidak akan pernah mati. Semakin hari semakin banyak bermunculan perusahaan yang bergerak di bidang ini.
EO ini adalah sebuah jasa yang bertujuan untuk mempermudahkan orang menyelenggarakan kejadian atau acara, seperti pamean, seminar, ulang tahun, atau pun pernikahan. Kalau anda memang berminat terjun di bidang ini, sangat di sarankan memiliki kemamapuan berkomunikasi yang baik ( lisan dan administrasi), banyak relasi dan jam kerja yang fleksibel.
Ada baiknya juga jika EO anda mengkhususkan diri di bidangnya karena sasaran atau target pasarnya jelas, sepwerti khusus EO untuk acara perkawinan atau pameran.
Beberapa hal yang harus di perhatikan dalam mengelola bisnis ini.

Lokasi
Pilihlah lokasi yang strategis sehingga usaha anda bisa di pandang lebih bonafide. Siapkan pula kartu nama atau brosur yang memuat tentang kemampuan dan jasa apa saja yang bisa anda tangani untuk membantu pelaksanaan suatu acara.

Pelanggan
Tentu saja pelanggan atau klien dari bisnis ini tergantung dari spesialisasi yang di ambil oleh EO ynag bersangkutan. Misalnya jika anda tertarik menangani pameran buku, maka klien anda adalah seluruh penerbit buku di Indonesia.
Mungkin sebagai langkah awal anda bisa muali mengenalkan jasa ini pada lingkungan sekitar anda, seperti tetangga sebelah rumah yang akan mengadakan hajatan pernikahan, ulang tahun, atau pun khitanan anaknya. Jika sudah punay beberapa portofolio acara, anda pun bisa mengikuti tender untuk beberapa proyek di acara yang akan di selenggarakan di berbagai perusahaan.

Tenaga Kerja
Orang-orang yang terlibat di dalam EO ini harus mnemilki kreativitas yang tinggi, banyak koneksi dan memilki reputasi yang baik. Maka dari itu, untuk terjun dalam bisnis ini anda bisa bekerja sama dengan orang yang sudah di kenal dengan baik. Karena di situ ada aspek penting yaitu kepercayaan.
Pada pelaksanaannya, kerja EO itu tergantung pada event yang di tangani. Arinya tidak setiap bulan ada, jadi sebaiknya anda mempekerjakan karyawan dengan sistem pembayaran per acara yang di selenggarakan. Meka ini di sebut sebagai karyawan part time, ada acara mereka di bayar dan tidak ada acara mereka bebas.

Modal Kerja
Modal dasar dari profesi ini adalah kemampuan dalam mendesain sebuah acara sesuai dengan keinginan dan anggaran klien. Memilki reputasi kualitas yang baik adalah modal dasar untuk menyelenggarakan bisnis ini dan bisa di katakan sudah hampir tidak bisa terkalahkan lagi karena mereka sudah di kenal baik, tidak hanya sekedar terkenal.
Ada pun sistem pembayaran biasanya terbagi dalam beberapa tahap, misalnya pembayaran I 30 %, pada hari H 30 %, dan sisanya setelah acara selesai. Anda juga harus memilki bebeapa set property untuk mendukung pelaksanaan sebuah event. Biayanyan memang cukup mahal bahkan bisa berkisar sampai ratusan juta. Tapi sebagai pemula, anda bisa saja bekerja sama dengan EO lain yang sudah cukup berpengalaman.

Faktor Risiko
Gagalnya suatu EO bisa di lihat dari kemampuan mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi. Misalnya transportasi, hotel peserta bahkan kekurangan dari tempat makan yang sebelumnya tidak di pikirkan. Bisa jadi sarana lainnya sudah baik, tapi masalah konsumsi yang kurang sehingga peserta harus merogoh kantongnya sendiri untuk membeli makanan di luar. Hal-hal seperti ini lah yang seharusnya sudah mendapat perhatian dari tim kerja EO.

17. JASA VIDEO SHOOTING – EDITING – TRANSFER VCD / DVD

Bagi sebagian orang mereka ingin memiliki kenangan yang bisa di jadikan media sebagai pengingat kejadian moment-moment tersebut. Disinilah peluang emas anda untuk memulai bisnis dengan memberikan jasa muali dari video shooting, edit video, hingga transver video ke VCD atau DVD.
Untuk jasa ini yang sangat di perluakan adalah ketelitian dalam mengambil gambar serta memotong film sesuai keinginan pelanggan. Jika perlu anda pun bisa memberikan arahan untuk mendapatkan gambar yang terbaik. Saekarang tingal bagaimana anda memulainya.

Lokasi
Anda bisa melakukannya di rumah atau bahain di kantor pada saat jam-jam kosong. Tapi jika semakin berkembang alangkah baiknya jika anda memulai menyewa temapt yang cukup strategis agar usaha anda semakin terlihat bonafide.

Pelanggan
Anda bisa menyebarkan brosur aatau kartu nama untuk lebih memudahkan dalam penjualan jasa anda. Jaringan terdekat sebagai pengguna jasa anda ini seperti pengusaha katering, event organizer, kerabat terdekat, dan masih banyak lagi.

Tenaga Kerja
Jika anda ahli dalam bidang usaha yang anda geluti ini, maka anda tidak membutuhkan karyawan. Tapi jika suatu saat nanti anda sudah merasa kewalahan maka tidak ada salahnya jika anda mulai memperkirakan karyawan yang benar-benar memahami seluk beluk editing film hingga memprosesnya dalam komputer.
Modal Usaha
Kalau modal tidak begitu besar, anda bisa mencoba membeli komputer kondisi second dengan harga sekitar Rp.2 juta s/d 3 juta. Jika baru harga komputer itu bisa berkisar Rp. 5 juta s/d p. 10 juta ( sudah lengkiap dengan fasilitas video edit / transfer), camcorder ( untuk shootingnya), camera digital atau analog.
Harga tarif dari jasa ini sangat bervariasi, untuk video shooting berkisar antara Rp. 150 ribu s/d Rp. 250 ribu. Untuk tansfer ke VCD Rp. 25 ribu s/d Rp. 50 ribu, sedangkan untuk transfer ke DVD harganya bisa jauh lebih mahal.

18. PENULIS

Menulis adalah salah satu kegiatan yang dapat di lakukan di rumah dan bisa menghasilkan pendapatan tambahan. Bahkan bisa ndi bilang suatu kegiatan yang sangat menguntungkan dan bisa di andalkan, tapi ini berlaku jika anda benar- benar produktif dalam menulis.
Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam usaha ini.

Lokasi
Untuk menjadi penulis, pemilihan lokasi tidak penting, karena kegiatan tulis-menulis ini bisa di lakukan di manapun anda berada, tidak harus di rumah. Apalagi sekarang sudah ada laptop yang bisa di bawa-bawa. Sedangkan bagi anda yang belum memilki komputer juga tidak perlu khawatir karena anda pun tinggal pergi ke rental dengan biaya per jam sekitar Rp. 3000 s/s Rp. 5000. Begitu juga jika berhubungan dengan penerbit, anda tidak perlu repot-repot mendatanginya, cukup mengirimkan naskah anda baik melalui email maupaun pos.

Pelanggan
Pelanggan di sini artinya para pembaca baik itu tua, muda, laki-laki dan perempuan. Ada pun usaha untuk menarik para calon pembaca yaitu bagaimana anda sebagai penulis mampu menuangkan ide tulisan semenarik mungkin. Setelah buku atau tulisan siap di edarkan ke pasaran biasanya ini sudah menjadi tugas si penerbit, mulai dari memasarkan hingga mempomosikannya. Kegiatan promosi ini di harapkan dapat meningkatkan nilai jual hasil tulisan ataupun buku anda.

Tenaga Kerja
Tidak di butuhkan tenaga kerja di sini, karena yang bekerja anda sendiri. Kecuali jika tulisan anda membutuhkan ilustrasi gambar, maka anda pun perlu mencari ilustrator yang berkompeten. Biasanya yang banyak membutuhkan ilustasi tersebut adalah jika anda menulis buku untuk anak-anak. Sedangkan untuk urusan keredaksian lainnya itu menjadi tanggung jawabsi penerbit yang bersangkutan.

Modal Kerja
Modal utama seorang penulis adalah ide tulisan baik fiksi maupun non fiksi. Setelah semuanya siap anda tinggal memerlukan komputer untuk menuangkan tulisan tersebut. Bagi anda yang belum memiliki komputer juga tidak perlu khawatir, karena anda pun tinggal pergi ke rental denagn biaya per jam sekitar Rp. 4000 s/d Rp.5000. Begitu juga ketiak berhubungan denagn penerbit anda tidak perlu repot-repot mendatanginya, cukup mengirimkan naskah anda melalui email maupun pos.
Di dalam penerbitan buku, honor atau penghasilan yang kita terima dari penerbit biasanya di sebut royalti, Sebelumnya perlu di ketahui jika buku anda akan di terbitkan oleh sebuah penerbit, maka anda tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun. Kecuali tentu saja biaya ngeprint naskah dari komputer, biaya pengiriman naskah ke penerbit, dan biaya-biaya lainnya.

Tips memilih penerbit :
• Punya jaringan pemasaran yang luas
• Memilki track record pembayaran royalti yang baik
• Memilki dana promosi yang cukup untuk mempromosikan setiap judul buku yang di terbitkannya
• Memilki hubungan yang baik dengan toko buku yang menjadi relasinya
• Redaksinya mampu bekerja sama denagn baik dengan para penulis
• Jujur dalam membuat laporan penjualan

Tips Menulis :
• Tetapkan jenis tulisan, apakah fiksi atau non fiksi
• Tetapkan tujuan akhir dari tulisan anda untuk lebih mengarahkan tulisan anda
• Kumpulkan data dan mencari contoh-contoh tulisan sejenis
• Pesiapkan out line atau kerangka pikiran
• Jangan langsung berpuas diri ketika tulisan selesai di buat
• Jangan pernah berhenti mencoba jika ternyata tulisan anda di tolak oleh penerbit.

19. JASA PENTERJEMAH

Jika kebetulan dalam hal ini anda memiliki kemampuan berbahasa asing seperti Inggris, Prancis, Mandarin, Korea, Jepang, Portugis, Jerman, dan lain-lain, nmaka anda pun bisa menjadi penerjemah atau translator. Bahkan jenis usaha ini pun tidak memerlukan biaya operasional dan anda bisa menjalankannya denga sistem paruh waktu.

Langkah selanjutnya, anda tinggal membuat promosi sebagai penjual jasa, dengan cara menyebarkan brosur, membagikan kartu nama, atau bisa juga model promosi dari mulut ke mulut. Jika usaha ini sudah semakin berkualitas, berikutnya yang bisa anda adalah denagn mengembangkan target pasar misalnya denagn mencoba menawarkan ke kantor-kantor yang memang membutuhkan jasa anda. Biasanya jasa seperti ini di hitung berdasarkan jumlah halaman terjemahan dari Rp. 1500 s/d Rp. 10.000.

Sebaiknya isi dari proposal anda menyebutkan keunggulan buku tersebut agar penerbit yang bersangkutan tertarik menebitkannya. Jika ternyata penerbit tertarik, merekalah yang akan menguruskan hak cipta terjemahan kepada si penulis atau penerbit asli. Setelah penerbit mendapatkan hak ciptanya, barulah mereka akan memproses naskah tersebut untuk di terbitkan, termasuk meminta anda untuk menerjemahkan buku tersebut secara lengkap.

Sangat jarang di temui penerjemah di bayar dengan sistem royalti. Biasanya penerjemah yang di bayar dengan sistem royalti adalah penejemah ahli. Misalnya seorang ahli hadist yan g menerjemahkan buku fikih, maka dia bisa menyumbangkan pengetahuannya untuk memperkaya terjemahannya.

Tips untuk jasa penterjemah :
• Karena termasuk usaha jenis jasa, maka utamakanlah kepuasan pelanggan.
• Pahami dengan jelas apa yang sebenarnya di kehendaki oleh pelanggan.
• Usahakan penyelesaian order tepat waktu sesuai dengan kesepakatan.
• Buatlah kebijakan penetapan harga yang kompetitif, dapat bersaing dengan kompetitor sejenis.
• Setiap kali selesai menterjemahkan naskah, sebaiknya di baca dan di periksa lagi apakah ada kekeliruan seperti salah ketik, salah ejaan, dan sebagainya.

20. USAHA PENERBITAN BUKU

Akhir-akhir ini dunia perbukuan kita sedang naik daun. Penerbit-penerbit buku tumbuh subur bak jamur di musim hujan. Berbagai jenis buku beredar deras di pasar. Beragam buku dapat kita jumpai di toko-toko buku, muali dari novel hingga buku-buku penunjang pelajaran. Sepertinya usaha penerbitan ini sudah menjadi peluang tersendiri bagi sebagian orang. Untuk memulainya anda tidak perlu di pusingkan oleh model. Karena modal buku sebenarnya bukanlah uang melainkan jaringan. Anda harus berteman dengan banyak orang, mulai dari penulis yang menjadi kunci awal penerbitan, berlanjut dengan orang-orang lain dari percetakan, separasi, toko kertas, juga toko buku.

Untuk menjalankan usaha penerbitan memang membutuhkan proses hingga buku sampai ke tangan pembaca. Secara singkat proses itu dapat anda lalui sebagai berikut :
• Sebelum menulis, pilihlah topik buku yang akan di terbitkan. Pemilihan topik harus menarik, tidak melanggar etika dalam masyarakat.
• Proses berikut, mengedit naskah yang sudah jadi.
• Setelah itu membuat tata letak ( lay out) termasuk sampulnya.
• Sebelum naik cetak, anda harus mengurus International Standart Book Number (ISBN) atau Nomor Buku Standar Internasional ke Perpustakaan Nasional.
• Poses berikut pencetakan.
• Setelah buku jadi, langkah selanjutnya adalah mendistribusikan buku tersebut ke toko buku agar sampai ke tangan pembaca.
• Penentuan harga jual di perhitungkan dengan pembagian keuntungan bersama distributor buku.
• Margin toko buku paling sedikit 30 % dari harga buku, pjak buku sebesar 10 % dan royalti kepada penulis sebesar 10 % dari harga buku.
Faktor Risiko
Anda juga haus memperhatikan risiko yang akan terjadi, sepewrti terhambatnya cash flow akibat dana yang tertanam pada buku. Selain itu anda juga haus menyiapkan biaya operasional minimal untuk 3 bulan kedepan. Hal ini untuk mengantisipasi jika buku yang sudah terbit ternyata tidak laku di pasaran, sehingga di retu oleh toko buku. Dengan mempunyai cadangan keungan, maka anda akan tehindar dari tidak beroperasinya produksi selanjutnya.

Sistem pembayaran naskah pada penulis
Dilihat dari sistem pembayarannya, ada dua jenis royalti yang biasanya di gunakan oleh penerbit, yaitu :
1. Sistem beli putus
Jika penulis setuju dengan sistem ini, maka anda hanya perlu membayar kepadanya sekali seumur hidup. Biasanya akan terjadi negosiasi yang cukup alot, tergantung dari seberapa menjualnya naskah yang di tawarkan si penulis.
2. Sistem royalti berkala
Anda bisa memberikan roylati kepada penulis sebesar 10 % di kalikan dengan oplah buku yang terjual. Biasanya pembayaran di lakukan per enam bulan atau tergantung dari kebijaksanaan anda sebagai penerbit.

Sebagai penerbit, tentu saja anda beharap agar produk anda dapat di kenal oleh pembaca. Untuk itu anda perlu berpromosi. Ada beberapa cara berpomosi yang dapat anda lakukan, misalnya anda bisa membuat situs di beberapa lokasi yang dapat memberikan fasilitas gratis atau masuk di milis-milis komunitas, seperti pasar buku. Di harapkan anda dapat lebih menjaring banyak pembaca minimal orang akan tahu produk yang anda tawarkan.

JUDUL : 20 USAHA SAMPINGAN PALING MENGUNTUNGKAN
PENGARANG : AJEN DIANAWATI
PENERBIT : VISI MEDIA

About these ads

32 Responses to “USAHA SAMPINGAN PALING MENGUNTUNGKAN”

  1. Syamsudin Says:

    Dear Sobat…
    Apapun usahanya yang penting fokus,tekun dan sabar, temukan potensi atau bakat yang paling dominan pada diri kita. Sebaiknya mulai dan buka usaha skala kecil terlebih dahulu, evaluasi setiap 3 bulan kemudian tentukan keputusan untuk menambah skala, dokumentasikan semuanya, anda akan melihat hasil menakjubkan dalam 2 tahun atau 8 kali evaluasi. Yang terpenting adalah selalu menjaga kondisi cash flow harus tetap sehat. Selalu melakukan pengukuran dan selalu meminta nasehat kepada yang sudah sukses dan lakukan inovasi kreatif merupakan hal yang penting untuk dilakukan…. sekeras apapun usaha yang kita lakukan ingatlah …Tuhan yang menentukan jadi banyak banyak berdo’a dan meminta kepada Tuhan, siapkan waktu yang cukup untuk curhat kepada Tuhan. Type usaha life style, kebutuhan pokok, agribisnis, sewa tempat tinggal atau property semua berpotensi untuk meningkatkan kekuatan ekonomi kita….semoga bermanfaat…selamat memulai usaha… motonya : seorang manusia hanya dapat berjalan sempurna dengan 2 kakinya setelah melalui proses jatuh berkali kali (tidak dapat dihitung) pada waktu mulai belajar berjalan…. jadi setidaknya ada 1 kali kegagalan lagi sebelum usaha kita menjadi suksess……hanya dengan action kecil setiap hari maka mimpi kita akan terwujud… demikian opini saya…mohon maaf..jika berkenan silahkan bales ke e-mail saya, wasalamu’alaikum

    • Terima Kasih tulisannya mas, sangat cocok bagi orang2 yg ingin memulai usaha, apalagi yg belum berpengalaman, jadi tulisan ini bisa menjadi input buat kami.

    • terimakasih sobat, saran ini akan sangat berarti bagi ku, semoga aku dapat memutuskan usaha yang akan di buka secepatnya.

  2. Bagus sekali artikel

  3. jual kaos,desain kaos, kaos murah,kaos bola…

    [...]USAHA SAMPINGAN PALING MENGUNTUNGKAN « syafrizal Helmi[...]…

  4. Yth.

    Mohon maaf mas, mengganggu. Saya imnida, pemilik blog http://www.radjapizza.com, saya melihat mas punya blog tentang usaha. Apakah boleh memasang blogroll di blog ini mas ?

    Trima kasih seblumnya

    Salam hormat

    imnida

  5. catering…

    [...]USAHA SAMPINGAN PALING MENGUNTUNGKAN « syafrizal Helmi[...]…

  6. asia forex|askapedia|askap news|belajar trading|bisnis investasi online|blackberry trader|broker forex|commodity news|consulting|forex indonesia|futures|harga emas|investasi emas|komoditi|market outlook|mobile trader|online trading|pialang berjangka|…

    [...]USAHA SAMPINGAN PALING MENGUNTUNGKAN « syafrizal Helmi[...]…

  7. untuk usaha kos kosan terlalu mahal pak…hehehe
    namun usaha toko kelontongnya bagus juga tu

  8. terimakasih buat pemikiran & artikel sampean yg luar biasa bagus..

  9. masukan sob,
    bisnis online utk pemula
    rahasia disayang suami

  10. sorry sob, ada yg ketinggalan
    bisnis online utk pemula http://e0e4cba9.qqc.co
    rahasia disayang suami http://f7e78639.qqc.co

  11. Muantap mas bro….terima kasih atas artikelnya..dimana sekarang sy ingin membuka usha kecil

  12. Artikelnya bermanfaat sekali.. terima kasih..

  13. misi gan…
    jual formula:untuk memaximalkan kembali tenaga accu/aki basah yang belum atau baru mulai melemah.
    membuat starter makin tokcer dan oke.belum sempat diberi merek.kesempatan emas untuk agen yang serius buat merek sendiri dan untuk dijual lagi.jangan lupa pesan ke teman-teman untuk kenalkan ke teman lainnya.
    minat sms ke 085217279716

  14. trims…aku jd smgt usha warung nich…do’anya z,mga b’hsil,amin…

  15. sya remaja berusaha utk berinovasi tpi bingun harus mulai dari mna dlu klw kita menyukai bidang sosial masyarakat

  16. wew ini info bagus

  17. Semoga isteriku mampu menjalankan usaha boutiquenya…amiiin.

  18. bleh nieh tu jdi bhan referensi yg lgie nyari usaha smpingan, seperti saya. thanks

  19. bagus gan

  20. thanks..
    tambahin lagi rincian tentang usaha cuci motor y..

  21. luar biasa bro info,m kasih banyak,,,

  22. pusing saya bacanya tp ok jg

  23. vincentius Says:

    saya mau buka usaha jasa kurir delivery, apa ada konsultan yg bisa saya rekrut?

  24. semoga di tahun 2013 ini peluang usaha kecil makin besar sehingga akan tercipta lapangan kerja baru. Memang, jiwa kewirausahaan perlu terus didorong agar para sarjana tidak hanya mencari lowongan kerja tetapi menciptakan lapangan kerja.

  25. mujiyanti Says:

    sya seorang sarjana pendidikan B.inggris sush skali cri kerja zamn skrng smua prlu dwit,, dan ahirnya sya bkrja d sbh prusahaan swasta. dr dlu sya brkeinginan mmbuka usaha tp bngung usaha yg pas,, pngennya mnyalurkan hobi mmasak tp msh bngung mw mmulai dr mna dan apa yg hrus sya lkukan agar keinginan sya ini trwujud. mhon saran lbih detail untuk usaha mkanan. terima kasih.

  26. zain muhammad Says:

    terimakasih atas info peluang usahanya.itu semua sangat menarik menurut saya.saya beberapa kali membuka usaha,tp ya ko selalu gagal.kelemahan saya selalu saja kalah bersaing dengan usaha yang sama dengan saya.makanya saya pingin mencari usaha yang masih belum banyak digeluti orang.klu ada yg punya ide tolong diberitahu saya.trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 52 other followers

%d bloggers like this: