Dunia bisnis orang cina

Dunia bisnis orang cina

Jika ingin lebih berhasil dari orang lain,kita tidak punya pilihan,kecuali bekerja dengan lebih keras dan rajin.mereka yang sudah berhasil ternyata masih melaksaan kebiasaan kerja keras.mereka bangun dan mulai bekerja sepagi mungkin dan tidur tengah malam.jumlah jam kerja mereka melebihi jumlah jam kerja orang lain. Jika bekerja biasa bekerja 8 hingga 10 jam sehari,mereka bekerja selama 16 sampai 18 jam sehari.mereka bukan gila kerja melainkan mereka pekerja keras. Berdagang sama dengan belajar dan merupakan proses yang berkelanjutan.tidak ada istilah berhenti dan di hentikan.hanya sang pebisnis itu sendiri yang dapat membuat keputusan berkenaan dengan apa saja yang harus dilakukannya.

Kebanyakan pedagang cina berasal dari keluarga miskin dan tidak berpendidikan tinggi.diantara mereka merupakan imigran yang datang dari cina tanpa pengalaman bergadang sama sekali. Dunia orang cina adalah di bidang perdagangan.mereka suka dan tertarik untuk berdagang.orang cina juga percaya bahwa hanya dengan berdagang,mereka dapat menjadi kaya dan meningkatkan taraf hidupnya. Perspepsi orang cina pada perdagangan adalah positif dunia dagang adalah dunia yang menjanjikan kesenangan,kemewahan,dan kebahagiaan.
Orang cina dan perdagangan sudah bersatu padu serta sudah menjadi satu entitas yang tidak dapat dipisahkan. Mereka yang berdagang sama dengan bekerja untuk diri sendiri lebih baik kerja sendiri dari padabekerja dengan orang lain. Perspepsi orang cina pada perdagangan adalah positif.dunia dagang adalah dunia yang menjanjikan kesenangan,kemewahan,dan kebahagiaan.perdagangan smenjadi dasar kekeluargaan masyarakat orang cina.
Orang cina tidak suka pada batasan batasan dan hanya peganganlah yang dapat memberikan dunia tanpa batasan kepada mereka.dalam dunia perdagangan orang cina dapat bergerak dengan bebas mudah dan cepat.kebebasan jiwa raga dan juga kebebasan keuangan.

Falsafah bisnis Orang cina

Kecendrungan dan ketertiban orang cina dalam bidang perdagangan sulit ditandingi oleh bangsa bangsa lain. Mereka memilki keistimewaan dan keterampilan tersendiri sehingga menjadikan mereka golongan pedagang yang andal serta serta disegani oleh kawan dan lawan.
Ajaran konsianisme sudah ditafsir kembali dan diberi nafas baru sebagai pencetus semangat bagi orang cina agar melibatkan diri dalam perdagangan. Sejarah orang cina menunjukkan bahwa kebanyakan mereka terlibat pertanian.hanya segelintir orang yang melibatkan diri dalam perdagangan.
Berdagang dapat di jadikan sebagai hobi, tetapi bukan untuk mengisi waktu luang. Perdagangan adalah bidang yang serius menuntut perhatian penuh juga tenaga,komitmen,waktu dan pengorbanan yang tidak sedikit.
Dalam perdagangan tidak lah mudah bagi seseorang yang sudah jatuh untuk bangkit lagi. Pengenalan sedini mungkin dan dari bawah ini penting untuk memupuk sifat pedagang sejati. Keuntungan yang diperoleh sebaiknya tidak dibelanjakan.keuntungan tersebut harus digunakan untuk menambah modal kerja dan melakukan investasi.
Orang cina tidak suka berdagang dengan cara ingin gampangnya saja atanpa mengeluarkan usaha dan modal.itu bukan cara yang digemari orang cina karena perdagangan jenis ini tidak akan bertahan lama. Orang cina lebih suka perdagangan yang dapat memberi mereka keuntungan yang berkelanjutan dan untuk jangka waktu yang panjang.
Dalam falsafah dagang orang cina pedagang tidak boleh mengharapkan keuntungan pada saat baru memulai perdagangannya.mereka harus bersiap siap menghadapi semua kemungkinan seperti kerugian dan kegagalan pada masa awal. Untuk itu mereka haruis mempunyai modal yang kuat dan sumber keuangan yang dapat digunakan selama masa kritis itu. Keuntungan yang diperoleh sebaiknya tidak dibelanjakan.keuntungan harus di tambah untuk modal kerja dan melakukan investasi, keuntungan yang bakal diperoleh tergantung pada berapa banyak investasi yang sudah di lakukan.
Jadi sebenarnya setiap perdagangan perlu direncanakan dengan teliti,diurus dengan benar,dan diusahakan dengan penuh hati. Konsep perdagangan cina lebih berdsarkan pada prinsip simbiosis yaitu : setiap pedagang saling melengkapi.mengikuti konsep ini,jika ada pedagang yang menjual barang barang kecil,pedagang lain aka menjual pakaian da juga keperluan yang lain.

Prinsip bisnis Orang cina
Orang cina dapat berdagang di kampung melayu,tetapi orang melayu belum tentu bisa berdagang di kawasan orang cina. Orang cina cendrung menggeluti perdagangan karena hal itu adalah cara untuk meningkatkan setatus social dan kedudukannya dalam masyarakat. Pedagang harus mengetahui bagaimana caranya antara membedakan urusan pribadi dan kegiatan perdagangan keduanya tidak boleh diperdagangkan.
1. Agresif . Dalam kegiatan perdagangan tidak ada konsep kompromi dan bertanggung rasa terutama jika bersngkutan dengan barang untung dan rugi.orang cina menggunakan tawar menawar kepada pelanggan namun itu tidak boleh sampai membuat mereka rugi,pedagang harus bersikap tegas dalam mengurus keuangannya.
2. Jangan melepaskan peluang. Sekali terlepas sulit untuk merebutnya kembali.peluang hanya dating sekali.waktu adalah uang dan melepaskannya berarti membuang keuntungan serta menolak kekayaan.orang cina suka bekerja cepat mereka tidak suka membuang buang waktu.sebab itu lah orang cina maju dengan pesat,kerja cepat,dan kemampuan meningkat.
3. Berani mengambil resiko. Berani mengmbil resiko termasuk resiko gagal,rugi atau pun jatuhnya usaha dagangnya.berdagang adalah suatu kegiatan yang penuh resiko.tyidak ada jaminanbahwa kegiatan perdagangan pasti mendatangkan keuntungan.
4. Tahan banting. Berdagang menunutut pengorbanan yang banyak,seperti waktu,uang,dan sbb.berdagang memerlukan stamina yang kuat.bersusah susah dahulu,bersenang senang kemudian harus dijadikan dasar untuk menapak dengan kukuh untuk membangun perdagangan yang akan bertahan untuk jangka waktu yang lama.
5. Jangan menyerah pada nasib. Orang cina percaya hidup seumpama roda sebentar diatas dan ada kalanya dibawah.jatuh bangun dan untung rugi adalah hal yang biasa.setiap masalah ada jalan keluarnya dan yang harus dilakukan para pedagang adalah berpandang jauh. Dengan melihat jatuh kedepan dan melalui masalah yang di hadapi,seorang bisa memandang positif.
6. Semangat berjuang. Pedagang adalah petarungan dan punya cara untung bertahan hidup.pedagang harus memiliki cara dan motivasi yang tidak kunjung padam.mereka harus bersemangat dalam melakukanya. Ada pepatah cina mengatakan jika terlalu berhati hati akan mati.jika ingin berhasil kita harus berani mengambil resiko.hal ini tidak bisa diletakkan karena tidak ada seorang pun yang tau mengenai masa depannya.jadi setiap tindakan harus di hadapi dengan teliti,gaji semua aspek sebelum bertindak.setelah itu jangan berpaling ke belakang lagi trus maju bergerak dan berjuang hingga mencapai kemenangan.

Budaya bisnis Orang cina
Tidak ada alasan bagi seorang untuk tidak menjadi sukses Jika mereka tekun
Ketekunan merupakan salah satu factor keberhasilan orang cina dalam kegiatan berdagang.orang cina mampu menghadpi segala rintangan dan dan kesulitan untuk menyukseskan kegiatan perdagangan mereka.orang yang bekerja keras layak hidup senang.ketika orang sedang tidur di nina bobok kan mimpi indah,orang cina sudah keluar untuk bekerja dan mencari rezeki.jadi mereka memang layak mendapatkan ganjaran sebagai hasil dari apa yang sudah mereka usahakan.
Orang cina adalah bangsa yang suka berbicara.ketika berbicara mereka akan berbicara dengan suara yang keras.namun mereka selalu melakukan apa yang mereka katakan. Apabila orang cina mengatakan berdagang mereka biasanya tidakakn berfikir panjang untuk melakukannya.pengalaman dan kemahiran tidak penting karena hal itu dapat dp pelajari kemudian. Dengan berdagang seseorang dapat membina karir yang cemerlang semua ditentukan dengan usaha sendiri. Sejak kecil orang cina sudah di tanamkan pada pemikiran mereka agar tidak bergantung pada orang lain.
Dalam falsafah dagang cina tidak ada jalan dan cara yang mudah untuk menjadi kaya.jika ada yang bertanggapan demikian,sebaiknya berfikir kembali sebelum terlibat pada kegiatan perdagangan. Budaya niaga orang cina mengutamakan hal penting seperti siapa cepat dia dapat.orang akan kalah jika ia kalah dalam bertindak. Gabungan cepat pandai dan keteguhan hati adalah dasar falsafah budaya bagi pedagang yang sukses.

Sistem bisnis Orang cina
biar lambat asal selamat

untuk memulai kegiatan perdagangan,seorang tidak boleh menggunakan jalan pintas. Sistem yang digunakan orang cina adalah mengizinkan para pelanggannya membuat pilihan sendiri tanpa ada tekanan dari pemilik tempat. Sistem dagang orang cina agak berbeda dengan system yang digunakan oleh barat.orang cina lebih fokus kepada satu perdagangan saja sebelum mengnembangkannya pada kegiatan perdagangnan lain.
Keberhasilan orang jepang selalu dikaitkan dengan perdagangan yang berbasis budaya dan dan tradisinya.walaupun sebesar dan sehebat apapun perusahaan itu,tradisi mereka tetap terpelihara. Sistem ini juga dilaksanakan oleh perusahaan orang cina yang menganggap setiap pekerja adalah bagian dari entitas bisnis itu.jika perusahaan mengalami kerugian mereka akan menanggungnya bersama sama.

Seni bisnis Orang cina
Orang cina menganggap berdagang adalah seni.untuk dapat terampil menguasainya seorang harus sabar dalam mempelajari segala seluk beluk yang berkaitan dengan kegiatan perdagangan. Orang cina harus bersikap kritis pedagang yang melakukan manipulasi dan menggunakan tipu muslihat akan menerima akibatnya.begitu pula dengan pedagang yang angkuh,dan tidak bersahabat lambat laun akan kehilngan semua pelanggan. Cara yang mereka lakukan adalah memberikan kelebihan dari segala aspek,seperti membeli potongan harga menambah atas nilai barang yang di belinya.
Pedagang harus bersikap rajin bekerja ramah dan menjadikan pelanggan mereka sebagai saudara atau paling tidak sebagai sahabat dekat.setiap oranng sudah tentu akan merasa senang jika diberi pelayanan yang lebih dari pada pelanggan lain.hubungan persahabatan itu akan melahirkan kepercayaan dan keyakinan diantara pedagang dengan para pelanggannya. Biasanya kita tidak akan melakukan urusan dagang dengan pedagang yang kita ragukan.kita lebih suka dan mudah berurusan dengan pedagang yang sudah kita kenaldan dapat di percaya. Inilah bentuk seni dagang yang di lakukan oleh orang cina untuk menarik pelanggannya. Pedagang harus memiliki daya tahan mental dan jiwa yang kuat.

Cara bisnis Orang cina
Tanpa mengalami kerugian, keuntungan tidak mungkin datang
Meskipun orang cina mempunyai sifat fleksibel dalam kegiatan perdagangan pada dasarnya mereka cukup hati hati dan bersikap konservatif ketika menjalankan kegiatan dagang terutama yang berkaitan dengan aspek pengurusan keuangan. Pedagang cina lebih suka mempkerjakan sanak saudaranya sendiri untuk membantu kegiatan perdagangan mereka.menurut mereka lebih bail menggaji orang yang sudah dekat dengan mereka dan mempunyai pertallian saudara dari pada mempekerjakan orang lain. Bekerja dengan anggota keliarga tidak sama dengan bekerja dengan orang lain.perasaan sentiment juga berbeda. Orang cina akan merasa rendah diri jika mereka gagal hidup mandiri dan hanya mendapat gaji selama hidupnya.selagi seseorang itu bekerja mendapatkan gaji selama itulah ia tidak bisa menjadi kaya dan meningkatkan kedudukan sosialnya.

Etika bisnis Orang cina
Orang cina percaya,pedagang yang sukses harus memiliki daya kreativitas yang tinggi disamping kemampuan untuk merebut peluang yang ada. Pedagang cina mempunyai kode etik yang melarang penggunaan cara kotor.menjatuhkan perdagangan orang lain adalah perbuatan yang terkutuk. Persaingan yang sehat akan menguntungkan semua pihak.adapun persaingan yang tidak adil tidak akan membawa keuntungan apapun bagi pihak mana pun.
Dalam kegiatan perdagangan orang cina jarang sekali berkumpul di satu kawasan.berbeda dengan pedagang melayu yang terlalu suka berkumpul di suatu kawasan dan menjual barang yang sama. Akhirnya semua pedagang sama sama rugi dan gulung tikar.persaingan dalam perdagangan tidak berarti bahwa para pedagang tidak boleh bekerja sama dan saling mendukung satu sama lain.
Bagi masyarakat cina pedagang dilarang mengganggu dan menjelek jelekkan perdagangan orang lain.persaingan dibenarkan menurut nilai moral dan pertimbangan kemanusiaan. Namun dalam peraktik dagang cina mereka percaya bahwa kerugian jangka pendek adalah hal yang harus di lalui untuk mendapatkan adalah hal yang harus dilalui untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang. Cara ini tidak menggunakan muslihat tetapi kearifan untuk memikat hati pelanggan.

Rahasia bisnis Orang cina
Keberhasilan orang cina sering kali mengundang pertanyaan.banyak orang bertanya kenap orang cina berhasil dalam perdagangan dan ekonomi.padahal banyak di kalangan tauke, taiko, dan taikun cina berasal dari keluarga miskin.kebanyakan dari mereka hijrah dari Negara cina hanya membawa baju yang melekat di badan dan tidak mempunyai apa apa termasuk harta benda serta pendidikan.
Beberapa faktor yang mendorong keberhasilan orang cina adalah kemiskinan,perasaan kurang aman,dan ajaran falsafah yang di dapat sejak kecil. Orang cina mulai dari bawah dari yang tadinya tidak mempunyai apa apa akhirnya menjadi orang terkaya dan berhasil.orang cina berhasil bukan karena faktor keturunan,jika di katakana panndai bangsa lain juga pandai.
Dalam sistem sosial orang cina anak laki lakinya adalah ahli waris keturunan.salah satu cara menunjukkan penghormatan kepada kedua orang tua adalah mengangkat martabat cara menjadi kaya adalah melalui kegiatan perdagangan. Rahasia kesuksesan orang cina adalah uang tidak pernah di jadikan sebagai penghalang,asal ada kemauan di situ pasti ada jalan. Yang penting kita harus berusaha, tabah, dan sanggup menderita untuk hidup susah.

Petuah bisnis Orang cina
Petuah untuk berhasil dalam bidang perdagangan adalah menjadi pedagang yang dapat dipercaya, mudah kalau berurusan, dan tidak banyak bicara. Untuk menjadi pedagang yang berhasil, mereka harus dapat memberikan dan mendapatkan keyakinan dari para pelanggannya. Pedagang cina tidak takut dan tidak pelit untuk mengeluarkan sedikit biaya agar mereka dapat menangkap dan memikat hati pelanggannya.
Orang cina memegang teguh tingkat kepercayaan. Mereka berpegang teguh dengan janji yang telah dibuatnya. Setiap janji akan dipenuhi karena itu merupakan dasar sari suatu keberhasilan suatu urusan dagang.jika janji tidak di penuhi pedagang akan kehilangan integritas dan kredibilitas bukan saja di kalangan pelanggan melainkan juga pada masyarakat dagang.

Keberhasilan bisnis Orang cina
Kesabaran itu sangat pahit, tetapi buahnya sangat manis. Dengan adanya kegagalan sesorang dapat mempelajari segala kesalahan kekurangan dan kelemahan yang terjadi. Jika ketekunan di gabungkan dengan tekad yang kuat dan diperkukat dengan kesabaran niscaya akan menjadi asset yang cukup berharga bagi siapa saja yang ingin melibatkan dirinya dalam perdagangan. Yang terpenting adalah mereka dapat mencurahkan seluruh tenaga dan upaya untuk memajukan perdagangannya.keuntungan yang diperolehnya hasil dari keringat mereka sendiri.
Orang cina cendrung memilih berdagang karena bidang ini tidak di batasi oleh ruang,waktu,dan tempat. Selain bebas kegiatan perdagangan juga menyediakan ruang yang luas bagi seseorang untuk mengembangkan kemampuannya.kebanyakan usahwan cina yang sukses bekerja sekurang kurangnya 18 jam sehari.

Bakat bisnis Orang cina
Dimana ada air, disitu ada orang cina.orang cina bisa membuka restoran di Negara Kenya dan menjalankan perjalanan ritel di papua nugini yang sebagian besar penduduknya masih primitive. Beberapa ciri seseorang memiliki bakat berdagang mukanya bulat dan manis di pandang, badan berisi,dahi cerah, dan luas serta begitu bergairah terhadap uang.

Kepandaian bisnis Orang cina

Emas yang bersembunyi hanya dapat di keluarkan jika seseorang itu berusaha mencari dan menggalinya. Usahawan dan pedagang sejati tidak pernah menjadi tempat sebagai alasan untuk tidak berdagang. Dalam bidang perdagangan tidak ada istilah rasa sakit.yang ada adalah bangkit dan jangan takut pada sesuatu yang pahit rasanya.
Orang cina tidak suka mencari cari alasan. Mereka berusaha menghilangkan alasan apapun dan menjauhkan diri dari pendapat pendapat yang tidak membantu mereka. Pandai atau tidaknya seorang pedagang hanya dapat diketahui setelah ia berhasil mengatasi segala rintangan yang di hadapi dalam perdagangan yang beresiko tinggi.

Psikologi bisnis Orang cina
Sekali melangkah mereka akan terus melangkah.tidak ada kata kata mundur.. Orang cina percaya nasib buruk dapat diubah.sial dan malang dapat dibuang dan digantikan dengan nasib yang baik. Pemikiran dan pemahaman secara psikologi orang cina dipengaruhi oleh alam seketarnya.alam dapat dikatakan memegang perana yang penting dalam menentukan keberhasilan seseorang dalam perdagangan.

Pemikiran bisnis Orang cina

Masalah adalah batu loncatan dan bukan penghalang untuk sebuah keberhasilan. Pedagang tidak harus cerdik dan memiliki otak yang cerdas.yang diperlukan adalah keberanian untuk menghadapi tantangan apa pun yang akan dating,bagi pedagang untuk memiliki pemikiran yang dinamis karena dapat membantu mereka melihat dunia perdagangan secara menyeluruh dan tidak terbatas dalam lingkungan sekitar saja. Kedinamisan dalam masyarakat cina berkaitan erat dengan cara berpikir pedagang cina yang fleksibel.orang cina mudah beradaptasi menyesuaikan dengan perubahan iklim ekonomi dan perilaku pasar.
Adat kebiasaan bisnis Orang cina
Semakin besar angpau yang diberikan,semakin banyak keuntungan yang akan masuk. Pedagang cina biasanya tutup buku pada setiap akhir tahun. Suatu perdagangan di katakana berhasil jika pada akhir tahun itu mencatat keuntungan. Para pedagang cina akan menyelesaikan utang 3 hari menjelanng tahun baru.
Dimulainya kegiatan perdagangan adalah pada tahun baru selalu di mulai denngan membakar petasan.tujuannya adalah untuk mengusir nasib yang tidak baik dan semangat jahat. Pedagang tidak boleh mengatakan sesuatu yang tidak baik ketika memulai babak baru perdagangannya.

Pantangan bisnis Orang cina

Tarian singa atau barongsai dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan dan rezki yang berlimpah. Waktu yang paling baik untuk merayakan perayaan adalah tengah hari atau menjelang sore. Orang cina tidak dianjurkan mengadakan perayaan pada malam hari. Bunga yang putih tidak sesuai untuk perayaan karena dianggap sebagai pertanda perkabung. Orang cina mempunyai pantangan agar tidak memberikan hadiah berupa jam, gunting, dan benda yang tajam kepada pedagang.

Lokasi bisnis Orang cina
Untuk mendapatkan ikan yang besar,kita harus menyediakan umpan dan alat pancing yang baik. Warna memainkan peranan yang penting dan membantu memajukan perdagangan mereka. Sebab itu orang cina suka memillih warna terang dan cerah sebagai latar belakang tempat perdagangan mereka. Lokasi perdagangan yang dianggap baik adalah yang memiliki kemudahan memakirkan kendaraan,pemgangkutan umum,dan tidak jauh dari pusat administrasi pemerintahan.

Sumber : Ann wan seng, Rahasia Bisnis Cina, Penerbit : Hikmah,

About these ads

3 Responses to “Dunia bisnis orang cina”

  1. go to my website,free coupon…

    [...]Dunia bisnis orang cina « syafrizal Helmi[...]…

  2. bisnis ini bisa buka peluang berupa pinjaman modal untuk buka usaha..?

  3. andi ansyori Says:

    bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 52 other followers

%d bloggers like this: