Jenis- Jenis Kecerdasan

Dunia pendidkan formal sangat cocok bagi mereka yang ber-IQ tinggi. Jadi, menurut paradigma lama, mereka yang prestasinya buruk disekolah pasti akan hidup miskin kelak setelah keluar dari bangku pendidikan. Padahal, cukup banyak bukti bahwa mereka yang meraih prestasi sekoalh bagus, belum tentu kaya dan sukses. Begitu juga sebaliknya, yang prestasi nsekolahnya buruk belum tentu bermasa depannya seperti nilai rapornya.
Untungnya, seorang psikolog jempolan bernama Howard Gardner pada tahun 1983 menerbitkan buku yang menarik yang berjudul Frames of Mind. Didalamnya, ia menjelaskan bahwa IQ seseorang dapat berubah setiap saat. Jadi, IQ bukan sesuatu yang statis. Yang lebih menarik, Howard Gardner juga berpendapat bahwa sesungguhnya ada 7 jenis kecerdasan manusia yang sama pentingnya, yaitu:
1. Kecerdasan verbal-linguistik
Yaitu berkaitan dengan kepan daian membaca, menulis, bahasa, dan berbicra. Jenis kecerdasan ini dibuthkan dalam nyaris semua bidang dalam pendidikan formal.
2. Kecerdasan numerik
Merupakan kecerrdasan dalam menagkap serta mengolah data dan angka. Orang-orang dengan kecerdasan numeric, mampu membaca angka-angka sama jelasnya dengan membaca huruf. Mereka pun mampu berpikir logis dengan angka-angka. Jenis kecerdasan numerik ini sangat diperlukan sebagai pilar kecerdasan financial. Selaain itu, juga diperlukan kecerdasan berpikir logis. Dalam ilmu menjadi kaya, ketajaman mencerna logika sebab-akibat sangatlah penting. Orang-orang terkaya didunia adalah orang-orang paling imajinatif, karna mereka mampu membayangkan sesuatu yang tidak terbayangkan oleh jutaan orang lainnya.
3. Kecerdasan uang
Jenis kecerdasan ini menyangkut kemampuan untuk menangkap bentuk, pola, ruang, dan desain. Kecerdasan visual termasuk didalamnya. Orang-orang yang memiliki kelebihan dibidang ini, biasanya memiliki kepekaan untuk menangkap desain, bentuk, dan warna. Mereka juga mempunyai instink mengenai apa yang akan menjadi tren dimasa depan.
4. Kecerdasan musical
Yaitu kederdasan yang menyangkut suara, nada, ritme, atau suara. Mereka yang dikaruniai talenta dibidang ini, biasanya sangat peka terhadap nada suara yang indah. Mereka cepat menangkap keindahan dibalik nada dan suara. Yang lebih penting bagi karir mereka nanti, mereka juga bisa tahu secara public. Biasanya, mereka akan meraih sukses besar kalau berkecimpung dibidang music atau seni suara.
5. Kecerdasan fisik
Yaitu kepandaian untuk mengolah tubuh dengan baik, reflek tubuh, dan kelenturan. Proposi antara talenta yang terberi dan latihan keras adalah sama besar. Biasanya mereka berprestasi kalau berkarir dibidang olahraga atau aktivitas yang mengandalkan fisik.
6. Kecerdasan interpersonal
Yaitu menyangkut kemampuan atau cara seseorang bergaul dengan orang lain, atau disebut juga dengan kecerdasan mengenai orang. Mereka sangat memahami orang lain, atau disebut juga kecerdasan mengenai orang. Mereka sangat memahami orang lain: interes-nya
7. Kecerdasan intrapersonal
Menyangkut kepandaian mengelola diri sendiri, atau disebut juga kecerdasan emosional. Mereka sangat pandai mengendalikan diri sendiri, karena mereka sangat mengenali diri mereka sendiri. Mereka yang memiliki kecerdasan intrapersonal, biasanya memiliki perkembangan karir yang melesat cepat, sebab cepat tanggap dan menyesuaikan diri terhadap perkembangaan yang ada.
Apa yang diungkapkan gardner dalam bukunya merupakan jawaban tentang pertanyaan kenapa orang-orang yang gagal dalam system pendidika formal, ternyata justru sangat berhasil didalam karir dan keuangan. Contoh yang paling klasik adaalah Bill Gates, yang drop out dari bangku kuliah, tetapi justru berhasil menjadi orang terkaya didunia. Keberhasilan Bill Gates bukan karena ia mampu mengikuti cara berpikir orang, melainkan karena berhasil memaksa orang mengikuti cara berpikirnya.

About these ads

One Response to “Jenis- Jenis Kecerdasan”

  1. Any Al-Qarni Says:

    baguusss bgett..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 55 other followers

%d bloggers like this: