BISNIS DAN ILMU ADMINISTRASI BISNIS

 Bisnis, Masyarakat dan alternative
Binis adalah pertukaraantara pembeli dan penjual. Seorang pembeli mempunyai kebutuhan terhadap barang atau jasa tertentu dan akan menukarkan uangnya kepadapenjual kepada produk yang dibutuhkan. Dipihaklain penjual berperan alam proses pertukaran dengan harapan memeperoleh keuntunga untuk menjaga kelangsungan usaha dan memperbaiki standar kehidupan.pembeli secara komersial maksudnya bahwa kegiatam memproduksi tsb untuk mendapat keuntunhgandalam arti luas, yaitu untuk menjaga kelangsungan perusahaan. Bisnis didefinisikan sebagai: usaha yang dijalanklan oleh individu atau organisasi secara teratur dan kontinun untuk memproduksi barang atau jasa sesuai dengan keinginan pelanggan dengan mempberikan kepuasan dan keuntungan kepada pihak berkepentingan.
Ditinjau dari aspek produsenatau pengusaha dan pemkai sebagai pelanggan maka bisnis adalah interaksi yang menciptkan komunkasi, pertukaran, dan proses sosialisasi yag saling menguntungkan. Sedagkanditinjau dari aspek sosia , ekonomi, budaya bisnis adalah sebuah system terbuka dari system social yang bertujuam untuk mengatasi masalah pokok perekonomian yaitu produksi, distribusi dan konsumsi.

 Tujuan dan Fungsi Bisnis

Bisnis sebagai sebuah kegiatan memiliki tujuan yang umum mudah dimngerti oleh semua pihak. Tan Tjoeng Sian menggambarkan secara luas tentang tujuan bisnis yang disebut perniagaanadalah untuk “ untuk” menambah keuntungan,menambah saham dalam pasaran, menambah penjualan, menambah produksi dst..
Bisnis merupakankegiatan yang kompleks,bisnis dimanapun menghadapi tantangan diantaranya:
1. Keterbatsan sumber day dalam produksi
2. persaingan yang menyebabkab sumberdaya dalam persaingan passer
3. keragaman latar belkang social ekonomi budaya, motivasi dan sumber daya manusia
4. perkembangan IPTEK yang mengharuskan bisnis terus beradaptasi dengan perubahan lingkungan.

 Bisnis, Politik dan Perekonomian

Bisnis dan politik
Politik adalah hal yang berkenaan denga masalah kenegaraan mencakup system pemerintah serta pengawasan. Pengertian polkitik dalam kaitannya dengan bisnis adalah bahwa politik suatu Negara berhubungan langsung dengan berbagai aktivitas yang menyangkut upaya kesejahteraan rakyat. Bisnis tidak dapat terlepas dari sistempolitik suatu Negara dan sebaliknya. Politik juga memerlukan pelaku bisnis sebagai mitra untuk mendukaung kesejahteraan. Setiap system perekonnomian yang dianut oleh suatu Negara harus dapat menjawab 3 pertanyaan pokok yaitu:
1. Barang ab jasa apa yanga harus diproduksi dab berapa banyak
2. bagaiman cara dan system barang tsb diproduksi
3. oleh dan untuk siapa barang tersebut diproduksi.
Kita mengenal 3 sistem ekonomi yaitu kapitalisme, komunisme dan sosialisme. Administrasi bisnis sangat dekat dan selalu dekat dengan masalah ekonnomi terutama dalam upaya memecahkan problem dasar masalah ekonomi. Politik, budaya, social maupun psikolog. Komprfesionlismeandalam kegiatan bisnis mmedapat tantangan yyang berat karena dilingkupi oleh banyak kepentingan

 Jenis – Jenis Kegiatan dan LIngkunga Bisnis

Kegiatan bisnis secara gari besar dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian: perindustrian dan jasa. Bidang yang termasuk dalam perindutrian adalah: perindutrian genetic, perindusrian genetic dan perindustrian pabrikal.
Sedangkan yang termasuk dalam bidang jasa adlah: trasportasi,asuransi, perdagangan umum, komunikasi, reparasi dan tempat hiburan.
Lingkungan Bisnis
Diartikan sebagai elemen yang berada diluar organisasi. Elemen-elemen lingkungan lannsung terdiri dari pihak berkepentingan individu maupun kelompok:
1. pelnggan
2. pemasok
3. kelompok khusus
4. setifikat pekerja
5. pesaing
6. karyawan
7. pemegang saham atau direksi
Elemen lingkungan tidak langsung
Elemen lingkungan tidak langsung meliputi:social budaya, ekonomi, politik, IPTEK, peran ganda.
Elemen-elen lingkungan merupakan keuntunganbagi organisasi karena semua merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam peruses kerja sama, dimana antara satu dengan yang lainnya mendapat 2kemungkinan mengganghu atau mendukung

 Paradigma Baru Administrasi Bisnis

Prjudi menjelaskan bahwa : “ ilmu administrasi niaga atau ilmu administrasi bisnis adalah cabang ilmu administrasi yang secara khas mempeljari illmu administrasi daripada dan terdapat dalam organisasi bisnis.terdapat 5 sumber daya utama yang harus dikelola dalam kegiatan bisnis yaitu:
1. informasi
2. capital
3. manusia
4. peraltan
5. IPTEK
Cara berpikir kritis menurut Boone dan Kurtz ,2000 adalah kemampuan untuk mengetahui danmmenilai informasi dalam rangka menetukan persoalan atau peluang. Pprose ini melibatka usaha melihat kebawah permukaan untuk menemukanmakna da hubungan lebih dalam yang akan mengidetifikasi slusi masalah yang menentukan. Tuntutan untuk menjaga keseimbangan menjadi pentingdan menjadi titik sentral perubahan organisasi dalam prses produksi sebab dinamika yang kebutuhan yang telah menjadi gaya hidup tidak mengenal waktu, ussia ,pendapatan dll. Krisis sumber-sumber ynag digunakan untuk produksi menuntut agar pelaku bisnis tidak hanya memikirkankeuntungan finasial semata, tetapi juag memikirkantentang apa yang akan terjadi dimasa depan yang akan berubah.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 52 other followers

%d bloggers like this: