PELUANG USAHA UNTUK PENSIUNAN

Antara Keyakinan dan Risiko
Bagaimana bisa sebuah keyakinan bisa menjadi solusi? Karena menurut beberapa penelitian, salah satu hal yang menghambat seseorang bisa maju sebenarnya adalah keyakinan yang salah dan sikap negati. Satu contoh paling sederhana, jika anda pernah berpuasa, coba bandingkan rasanya ketika siang hari saat niat dan yakin mau puasa dan jika tidak berpuasa. Pasti jika sedang tidak niat puasa rasa laparnya lebih terasa dibandingkan jika sedang benar-benar niat berpuasa. Kenapa hal itu bisa terjadi? Tak lain karena memang saat ada keyakinan dan niat untuk puasa sehari penuh, otak akan merespons dengan meminimalisir rasa lapar saat siang hari.
Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuka usaha :
1. Kenalilah kebutuhan pasar yang akan digarap, bagaimana tingkat kompetisinya, sumber daya yang diperlukan, tingkat keunikan ide yang bisa menarik pelanggan, serta pang paling penting sebenarnya mencari tahu sebesar apa kebutuhan pasar akan usaha uang akan anda terjuni itu.
2. Lakukan sejumlah perencanaan yang matang.
3. Jangan lupakan untuk mencari dukungan dan bantuan informasi dari sekeliling anda.
4. Jangan lupakan juga dukungan keluarga dalam usaha menjalankan bisnis.

USAHA PENSIUNAN UNTUK MEMANFAATKAN RUMAH

Semua orang butuh komunikasi. Untuk itu, usaha yang berhubungan dengan dunia komunikasi ini akan tetap dibutuhkan. Salah satu yang paling dibutuhkan saat ini adalah telepon dan teknologi informasi berupa internet. Karenanya kebutuhan usaha warung telekomunikasi (wartel) dan warung internet (warnet) masih relevan dijalani.
Anda yang mempunyai keuangan cukup dari pesangon anda, usaha seperti ini layak sekali. Dari segi biaya, beberapa mengatakan cukup besar. Tapi, dengan perkembangan teknologi, sebenarnya faktor biaya ini bisa lebih ditekan.
Yang perlu anda dipersiapkan adalah :
1. Menyiapkan tempat.
2. Untuk wartel dan warnet, anda bisa membuat bilik kayu sederhana denga biaya sekitar Rp. 500 ribuan per bilik.
3. Keperluan lain adalah peralatan.
Salah satu yang masih cukup relevan saat ini adalah usaha di bidang kos-kosan atau pemondokan bagi mahasiswa atau karyawan. Dengan biaya bulanan, anda seolah-olah punya uang gaji bulanan seperti saat anda masih bekerja.
Untuk memulai usaha ini anda perlu melakukan :
• Untuk membuka kos-kosan anda bisa mengatur kamar nganggur yang barangkali sudah ditinggalkan anak anda yang sudah dewasa.
• Untuk menghemat pengeluaran, perabot penunjang tidak multak diperlukan.
• Untuk menentukan harga sewa, anda bisa melihat pasar kos-kosan di sekeliling anda.
Salah satu usaha lain di bidang properti yang juga masih menguntungkan saat ini adalah mengontrakkan rumah. Apalagi, semasa anda masih bekerja dulu sudah berinvestasi dengan membeli beberapa rumah, sudah tentu ini akan menjadi aset yang produktif di masa tua.
Dan yang perlu anda lakukan adalah :
• Untuk mulai menjalankan usaha ini, anda perlu merenovasi rumah yang ada dulu.
• Renovasi rumah yang diperlukan biasanya per meter perseginya membutuhkan biaya sekitar Rp. 1 jutaan.
• Anda harus menggunakan perjanjian yang tegas saat ada kesepakatan kontrak.
• Untuk biaya operasional, anda sebenarnya tidak perlu terlalu banyak memikirkan.
• Untuk biaya sewa, anda bisa melihat pasar di sekeliling anda.
• Kalau perlu pasang iklan baris di media lokal.

USAHA PENSIUNAN BERDASAR HOBI

Jika, bagi anda sebagai seorang pensiunan, usaha seperti ini layak dicoba. Apalagi jika anda memang hobi bergelut dengan urusan tanaman, pasti akan menyenangkan mengurus tanaman sambil sekaligus berbisnis.
Cara memulainya adalah :
• Cari lokasi yang menarik dan strategis.

USAHA MAKANAN UNTUK PENSIUNAN

Jika anda menginginkan perputaran uang yang cenderung lebih cepat dan aman, usaha makanan ini termasuk bidang yang paling saya rekomendasikan. Sekali lagi, bukannya tanpa risiko. Tapi, usaha inilah yang cenderung paling mudah dijalankan dan paling tahan banting. Gampangnya, kalau dari beberapa pengusaha makanan yang saya hubungi, mereka mengatakan, “Kalau nggak bisa, ya kan bisa dimakan sendiri. Kan enak.”
Untuk mengawali usaha makanan, berikut tip yang perlu anda perhatikan :
• Biasanya ada beberapa jenis makanan yang dalam sehari tidak habis terjual.
• Saya sangat menganjurkan agar anda, sebagai pengusaha, selalu membuat hitung-hitungan pembukuan usaha yang teratur.
• Buatlah menu unggulan warung anda.
• Kunci pentiing lain dari kesuksesan usaha makanan adalah keramahan.

Usaha mie dan bubur kacang hijau
• Kebutuhan dasar adalah peralatan pembuatan beserta bahan baku seperti kacang hijau.
• Untuk mienya, hanya cukup menambah telor, sayuran dan sedikit bumbu tambahan agar rasanya makin enak.
• Jika anda membukan usaha di rumah, anda bisa memanfaatkan teras rumah.
• Karyawan yang diperlukan disini bukan anda yang turun langsung bisa orang lain yang sebelumnya diajari cara meraciknya.
• Sebaiknya anda membuka lokasi yang cukup strategis.
Usaha mie dan nasi goreng
• Kebutuhan dasar usaha ini adalah peralatan pembuatan beserta bahan bak seperti beras, mie, daging ayam, serta aneka bahan penunjang lainnya.
• Untuk memasak mie sudah dibasahi dan nasi yang sudah ditanak.
• Jika anda membukan usaha di rumah, anda bisa memanfaatkan teras rumah.
• Sangat disarankan awalnya anda sendiri yang turun tangan langsung menangani kegiatan operasionalnya.
• Untuk membesarkan usaha, saya sarankan janga berpikiran dulu untuk mencari BEP. Tapi, gunakan keuntungan yang didapat untuk menambah modal untuk mempercepat laju usaha.

Usaha gorengan
• Kebutuhan dasar adalah peralatan pembuatan beserta bahan baku seperti tepung, gula, garam, pisang, ketela, tempe, tahu, dan lainnya.
• Jika anda membukan usaha di rumah, anda bisa memanfaatkan teras rumah.
• Sebaiknya anda membuka lokasi yang cukup strategis.
• Alat utamanya adalah kompor dan penggorengan.
• Sangat disarankan awalnya anda sendiri yang turun tangan langsung menangani kegiatan operasionalnya.
Usaha bakso
• Sebaiknya anda membuka lokasi yang cukup strategis.
• Kebutuhan dasar adalah peralatan pembuatan beserta bahan baku seperti daging sapi, mie, tahu, serta aneka bahan lainnya yang sesuai.
• Sangat disarankan awalnya anda sendiri yang turun tangan langsung menangani kegiatan operasionalnya.
• Untuk usaha bakso ini orang saling merekomendasikan saat menjumpai bakso yang enak.
• Untuk variasi kadang perlu anda buat bakso dengan berbagai pilihan ukuran, misalnya kecil, sedang, dan besar yang memakai telur.

WAKTUNYA TAKE ACTION!

Rasa takut, cemas, tak ingin gagal, serta aneka perasaan lain kadang memang menjadi penghalang bagi kita untuk berani maju. Padahal, ibarat orang sedang mau ujian, makin sulit dan makin susah kita mengerjakan ujian itu, kelasnya makin tinggi bukan?
Sebelum menentukan harga jual produk anda, banyak pertimbanan dan teori-teori tentang penentuan harga. Saya tidak akan mendasarkan pada aneka teori itu. Saya hanya mencoba menawarkan cara alternatif untuk menentukan harga yang tepat.
Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah mengenai masalah kualitas produk yang anda jual. Kadang, orang sangat memilih kualitas barang sebelum melakukan transaksi. Untuk itu, saran saya, perbaiki kualitas barang, termasuk masalah kebersihan, kemasan, dan aneka hal lain yang bisa berpengaruh pada pandangan orang tentang kualitas barang.
Lokasi adalah salah satu hal paling penting, meski tidak mutlak dalam penentuan kesuksesan berusaha. Nah, untuk itu perlu dipertimbangkan untuk mencari lokasi-lokasi yang berdekatan dengan aneka fasilitas umum yang bisa memberi kenyamanan dan kemudahan bagi calon-calon pelanggan anda.
Layani pembeli sesuai dengan karakter pembeli. Misalnya, anda membidik pasar anak muda, kalau perlu pelayanan khs anak muda. Begitu juga kalau yang dihadapi pembeli usia dewasa, lakukan yang mereka lakukan dengan pelayanan yang penuh rasa hormat, penuh senyum, dan sapaan yang bersahabat.
Untuk meningkatkan kualitas pelayaan, jangan segan melatih kemampuan pegawai anda. Misalnya, beri pengetahuan tentang produk yang dijual. Contoh, untuk berjualan voucher, kalau bisa beri pelayanan tambahan untuk mengisikan langsung di tempat. Selain itu, ajari juga agar selalu tulus dan penuh senyum saat melayani pelanggan. Ucapan terima kasih dan penuh senyum saat melayani pelanggan. Ucapan terima kasih adalah satu kata yang mudah diucapkan tapi bisa memberi banyak arti.
Kalau kita mendapat perlakuan istimewa dari seseorang, pasti kita akan merasa senang bukan? Inilah yang perlu anda lakukan untuk memanjakan dan memelihara pelanggan anda, yakni memberikan sesuatu melebihi apa yang mereka harapkan.
Buatlah tempat usaha yang menarik dan nyaman. Kalau hanya sekelas warung tenda, buat senyaman mungkin dengan memberi penerangan yang cukup, dan tempat duduk yang nyaman dan bersih.
Kadang pembeli di waruung pinggir jalan merasa risih dengan pengamen. Untuk itu, kalau perlu, ajak pengamen pentas dengan panggung kecil sepanjang hari. Tentu, cari pengamen yang benar-benar enak didengar. Hal ini akan mencegah pengamen-pengamen liar yang kadang sangat mengganggu.
Buatlhah tata ruang yang memungkinkan orang bebas bergerak. Dengan begitu, kondisinya bisa benar-benar nyaman, baik untuk memanfaatkan jasa yang ada atau saat memilih-milih barang.
Dalam teori pemasaran, ada satu unsur penting yang cukup krusial untuk dijalankan, yakni promosi. Unsur ini mutlak perlu dijalankan agar barang atau jasa yang kita jual bisa diketahui orang. Caranya sangat beraneka. Namun, yang paling efektif hingga sekarang adalah promosi dari mulut ke mulut.
Yang paling mudah adalah dengan memberi nilai tambah pada produk anda. Apa nilai tambahnya? Menurut survey sebuah lembaga independen, cara yang paling ampuh untuk mengundang orang membicarakan produk anda adalah dengan tiga hal ini. Yakni :
1. Memberi diskon
2. Menawarkan bonus,
3. Memberikan hadiah langsung
Terakhir, jangan pernah terlena oleh kesuksesan yang terjadi. Sebab, kadang, jika sudah mendapatkan apa yang diinginkan, kita sering terlena. Lupa berinovasi, lupa menggencarkan promosi, dan lupa yang lain. Parahnya, kadang kita perlu baru teringat saat baru mengalami masalah.
Untuk itu tetaplah untuk selalu melihat kiri kanan anda, lihat pesaing anda, sadari tren apa yang berubah, cari informasi sebanyak-banyaknya tentang berbagai perkembangan yang terjadi. Dengan begitu, konsentrasi anda untuk mengembangkan produk usaha anda akan terus terjaga.

Sumber: Agoeng Widyatmoko, Peluang Usaha Untuk Pensiunan
Posted by : Syafrizal Helmi

About these ads

One Response to “PELUANG USAHA UNTUK PENSIUNAN”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 55 other followers

%d bloggers like this: