STRATEGI PEMASARAN PADA TAHAP SIKLUS KEHIDUPAN PRODUK

1. Tahap Perkenalan

Pertumbuhan penjualan ditandai hasil yang lambat dalam mencapai target pemasaran dan keuntungan. Pertumbuhan yang lambat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu :
A. kelambatan dalam perluasan kapasitas produksi.
B. Masalah teknis.
C. Kelambatan dalam penyediaan produk untuk konsumen terutama di bidang distribusi melalui pengecer.
D. Keengganan konsumen untuk mengubah pola kebiasaan.
Pada tahap ini perusahaan cenderung menjual barangnya lebih tinggi dan membatasi produk, alasannya ongkos produksi yang masih tinggi, masalah teknologi yang belum sepenuhnya dapat diatasi, dan biaya promosi tinggi.

2. Tahap Pertumbuhan
Pada tahap pertumbuhan setelah adanya perkenalan produk konsumen mulai merasakan kepuasan atas produk yang ditawarkan kemudian ia datang lagi untuk membelinya. Maka secara otomatis penjualan akan meningkat. Tahap pertumbuhan ditandai dengan :
a. Terdapat pesaing yang memasuki pasar.
b. Perusahaan mengadakan perbaikan terhadap produk yangtelah diluncurkan.
c. Harga produk cenderung tetap.
d. Penjualan meningkat secara cepat.

Langkah strategi yang diambil adalah bagaimana terus mempertahankan pertumbuhan selama mungkin. Cara-cara yang dapat dilakukan, antara lain:
a. Meningkatkan kualitas produk, menambah model, atau cirri-ciri produk yang lain.
b. Mencari segmen pasar lain.
c. Mencari saluran distribusi yang baru untuk memperbesar distribusi.
d. Periklanan sudah bukan untuk perkenalan tapi mengajak untuk meyakinkan

3. Tahap Kedewasaan

Perusahaan tidak lagi mengadakan perbaikan pada produknya atau usaha untuk meningkatkan penjualan, maka volme penjualan kadang cenderung tetap bisa juga turun.
Strategi yang dapat diambil :
a. Modifikasi Pasar
yaitu perusahaan berusaha menemukan pembeli-pembeli baru bagi produknya.
b. Modifikasi Produk
yaitu modifikasi dengan cara mengubah sifat-sifat produk yang dapat menarik pembeli baru. Cara yang biasa dilakukan antara lain : perbaikan kualitas produk, perbaikan cirri produk, perbaikan corak.
c. Modifikasi marketing mix
yaitu modifikasi yang dilakukan manajer, mempertimbangkan untuk mengubah elemen-elemen marketing mix untuk mendorong penjualan.

4. Tahap Kemunduran

Tahap kemunduran ini terjadi bila :
a. Perubahan selera konsumen
b. Perubahan kegiatan pesaing
c. Kebijaksanaan untuk meninggalkan produk oleh perusahaan

strategi yang dapat dilakukan :
a. Mencari produk yang lemah dipasaran kemudian kita ambil kekuatannya untuk dimodifikasi.
b. Membangkitkan lagi produk tersebut
c. Meninggalkan produk sampai tidak ada yang membeli atau menjualnya ke perusahaan lain dengan lisensi.

Posted by : Syafrizal Helmi

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 52 other followers

%d bloggers like this: